10 Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Post On: 14 October 2016
September 17, 2016

10 Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil – Pada proses kehamilan semua wanita pasti akan sangat selektif memilih asupan makanan yang dikonsumsinya. Karena pemilihan asupan makanan yang baik dengan kandungan nutrisi yang cukup diperlukan oleh tubuh akan sangat mempengaruhi kesehatan Ibu dan janinnya. Kita ketahui bersama bahwa manusia haruslah makan makanan 4 sehat 5 sempurna, yang dimulai dari nasi, lauk, pauk, sayur, buah, yang kaya akan vitamin dan mineral.

10 Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Berikut ini ada 10 nutrisi yang baik bagi ibu hamil yang perlu Anda ketahui, yakni:

  1. Kandungan B1
    Kandungan B1 atau thiamin ini dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi daging, telur, legum, atau kacang-kacangan yang bermanfaat untuk optimalisasi sistem kerja syaraf pada wanita.
  2. Kandungan Vitamin A
    Pertumbuhan tulang dan gigi tak lepas dari kandungan vitamin A dan betakaroten yang dapat diperoleh di telur, bayam, brokoli, labu, hati ayam, atau kentang.
  3. Kandungan Vitamin B6
    Vitamin B6 atau pyridoxine merupakan kandungan yang didapat dari telur, brokoli, ayam, wortel, kubis, pisang, ikan, atau kacang-kacangan yang bermanfaat untuk membentuk sel darah merah agar terhindar dari morning sickness dan mual selama kehamilan.
  4. Folat
    Pencegahan cacat tulang belakang pada janin bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi buah bit, kacang-kacangan, strawberi, jeruk, dan sayur mayur yang memiliki warna hijau.
  5. Zat Besi
    Kandungan zat besi yang ada pada oat, daging sapi, dan sayuran hijau dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil dan mencegah bayi terlahir prematur.
  6. Protein
    Protein bermanfaat untuk mengoptimalkan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Untuk itu konsumsilah daging, ikan, dan telur yang memiliki kandungan protein yang tinggi.
  7. Kalsium
    Kesehatan gigi, tulang, dan pencegahan pembekuan pada Ibu hamil dapat ditaggulangi dengan nutrisi dari kalsium yang dapat diperoleh dari susu, ikan sarden, dan sayuran hijau.
  8. Vitamin C
    Vitamin C berada dalam strawberry, paprika, brokoli, dan kentang yang dapat menambah sistem imunitas dan membantu proses penyerapan zat besi.
  9. Vitamin E
    Pembentukan sel darah dan jaringan otot bisa berjalan dnegan baik berkat vitamin E yang didapat dengan mengkonsumsi minyak sayur, bayam, dan kacang-kacangan.
  10. Vitamin D
    Vitamin D yang terkandung dalam susu dan ikan dapat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, selain itu juga dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi berkat kandungan fosfor.
BACA  Cara Membersihkan Tubuh Bayi Yang Baru Lahir

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai 10 nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat agar senantiasa sehat dalam menjalani proses kehamilan anda.

Tags: , ,

Related to 10 Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil