8 Macam Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman

Post On: 7 January 2017
January 7, 2017

8 Macam Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman – Sikap hati-hati dalam menjalani aktivitas selama kehamilan memang harus dilakukan, namun terkadang beberapa ibu hamil justru takut berolahraga yang bsia membahayakan kehamilan, padahal olahraga itu juga penting dilakukan selama kehamilan. Ibu hamil justru lebih sering tidur dan makan dalam porsi banyak sehingga memicu terkena diabetes gestasional.

Inilah 8 Macam Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman

Untuk menjaga tubuh tetap bugar maka dianjurkan berolahraga selama hamil. Setiap aktivitas yang membuat tubuh ibu hamil menjadi bugar membuat energi bertambah sehingga siap menjalani persalinan. Berikut ini beberapa jenis olah raga dan aktivitas yang aman untuk ibu yang sedang hamil muda:

1. Jalan santai

Cobalah berjalan di pagi hari namun harus perhatikan langkah Anda, hindari langkah cepat. Jalan santai di pagi hari dapat menghilangkan stress dan membuat ibu hamil rileks dengan suasana yang masih sejuk.

2. Berenang

Cobalah untuk berenang agar mengurangi tekanan pada punggung dan kaki yang membuat ibu merasa cepat lelah. Dengan berenang maka ibu hamil terhindar dari mudah lelah.

3. Yoga

Gerakan yoga memang tidak semua aman dilakukan oleh ibu hamil. Untuk itu pastikan gerakkan yoga untuk kehamilan, cobalah beryoga dengan instruktur dan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengikuti kelas yoga.

4. Olahraga Statis

Jika bersepeda di luar rumah takut akan terjadi kecelakaan, maka bersepedalah dengan sepeda statis dalam rumah dengan gerakkan santai dan hindari kecepatan berlebih.

5. Relaksasi menggunakan Aroma-Terapi

Cobalah lakukan relaksasi dengan menempatkan aromaterapi untuk menangani emosi yang tidak stabil, stres, pegal, mual, nyeri punggung, bahkan dapat memperlancar persalinan. Namun pastikan penggunaan aromaterapi bermanfaat dan aman.

6. Berbelanja

Cobalah pergi berbelanja dengan membeli kebutuhan bayi agar ibu dapat refreshing, menghilangkan penat, meredakan stres, dan menjaga kebugaran. Berbelanja juga membuat Anda melakukan aktivitas jalan santai, namun berisitirahatlah jika lelah.

BACA  Yuk, Cari Tahu Penyebab Ibu Hamil Diare

7. Melakukan Pekerjaan Rumah

Saat melakukan mengepel, mencuci atau memasak muncul rasa khawatir akan berpengaruh pada kehamilannya. Namun ibu hamil boleh-boleh saja melakukan itu semua asal tidak membuat kelelahan berlebih dan tidak memunculkan tekanan. Minta bantuan dari orang lain untuk meringankan pekerjaan Anda.

8. Membaca

Ibu hamil memang terkadang sulit beradaptasi pada perubahan yang terjadi. Cobalah untuk mulai membaca seputar kehamilan, agar Anda dapat menambah wawasan dan menghilangkan rasa bosan.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Ibu hamil juga harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat sedang hamil agar ibu hamil untuk menghindari rasa cemas di sepanjang kehamilannya. Berikut ini larangan-larangan untuk ibu hamil:

  • Kurangi konsumsi makanan berkadar garam tinggi dan mengkonsumsi makanan setengah matang.
  • Hindari konsumsi alkohol, kafein atau merokok, karena dapat menyebabkan efek buruk pada janin.
  • Hindari pemakaian kosmetik dan pewarna rambut, karena mengandung bahan kimia yang cukup beresiko bagi janinnya.
  • Hindari mengendarai alat trasportasi dalam jarak tempuh yang jauh sehingga membuat ibu kelelahan.
  • Perhatikan bila terjadi perubahan abnormal, tangani sedini mungkin dengan berkonsultasi dan memeriksakan diri saat ibu hamil merasakan kondisi tubuh yang berbeda.
  • Hindari aktivitas yang berat, karena ibu hamil akan merasa cepat lelah disebabkan perubahan hormonal. Untuk itu jangan melakukan aktivitas yang berat, cobalah beradaptasi dengan kondisi Anda saat ini dengan melakukan aktivitas yang ringan dan terjadwal agar tidak memaksakan diri Anda melakukan aktivitas yang berat.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai 8 Macam Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman untuk anda lakukan. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat!

Tags: , ,

Related to 8 Macam Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman