8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran

Post On: 10 November 2016
November 2, 2016

8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran – Hal yang sangat membahagiakan mulai menyelimuti keluarga Anda. Buah hati yang ditunggu-tunggu akhirnya sudah hadir di tengah-tengah keluarga. Sayangnya hal ini tak serta merta membuat ibu akan lebih menikmati kehidupannya kali ini, karena di masa-masa ini ibu akan mengalami kesulitan tidur. Bila kondisi ini diabaikan maka akan berdampak pada gangguan kesehatan. Kesulitan tidur yang dialami ibu disebabkan dari rasa tidak nyaman setelah persalinan seperti gangguan pencernaan atau sembelit pasca bersalin. Ibu akan sulit buang air besar setelah melahirkan sehingga menjadi penyebab sulit tidur. Selain itu juga karena mengalami restless leg syndrome merupakan kondisi kaki yang tak dapat diam meski belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya, namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat dan minta tambahan suplemen zat besi.

8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran

Gangguan tidur pasca bersalin juga karena mendengkur disebabkan berat badan yang meningkat pasca persalinan. Ibu akan kerap mengeluhkan kaki yang kram sehingga tidur terganggu. Selain itu ibu tak bisa tidur karena tangisan bayi di malam hari yang lapar atau karena mengompol. Tidur merupakan kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, sehingga bila tidur terganggu maka kesehatan pun terganggu. Kehilangan konsentrasi merupakan gangguan kesehatan dari kurang tidur. Suatu penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa kualitas tidur yang rendah menyebabkan cedera sampai kecelakaan karena seseorang kehilangan konsentrasinya.

8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran

Kurang tidur memperburuk kondisi kesehatan dengan mengalami hipertensi, penyakit jantung, berpeluang besar terkena stroke. Kesulita tidur yang baru dialami ibu terkadang meningkatkan stress, mudha marah, dan depresi pasca bersalin. Bila kondisi ini diabaikan maka beresiko obesitas karena saat tak bisa tidur malam meningkatkan rasa lapar sehingga Anda akan makan apapun itu. Sangat penting perhatikan waktu tidur di sela-sela waktu mengurus bayi, bila Anda baru mengalami gangguan tidur maka coba terapkan 8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran berikut ini:

1. Kenali Penyebab Gangguan Tidur anda

Pasca bersalin kesulitan tidur diatasi dengan perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi pada sayur dan buah, tak hanya itu lakukan olahraga ringan. Sembelit yang kerap dikeluhkan ibu pasca bersalin tak bisa dihindari, ibu juga bisa mengkonsumsi tambahan suplemen zat besi dari dokter untuk mengatasi restless leg syndrome. Kaki kram juga mengganggu kualitas tidur Anda pasca persalinan, jadi lakukan peregangan untuk merilekskan otot, luruskan kaki sebelum tidur, atau berjalan sebentar.

2. Berbaringlah, bahkan jika Anda tidak bisa tidur

Saat bersantai di sofa, maka turunkan kaki, hindari benda yang mengganggu tidur Anda seperti handphone. Hindari stress, berbaringlah dengan posisi nyaman dan rileks, atau bisa mendengarkan musik klasik sehingga Anda merasa tenang dan mudah tidur.

3. Mintalah bantuan untuk mengurus bayi di malam hari

Berbagi peranlah dengan suami, sediakan ASI perah bila bayi lapar di malam hari jadi bayi tak akan kekurangan asupan ASI. Penelitian di Australisa dalam Journal of Sleep Research tahun 2002 mengungkapkan bila ibu menyusui lebih banyak tidur nyenyak membuat pemulihan otot dan tubuh mengingat hormon prolaktin meningkat saat menyusui.

BACA  Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bayi dan Ibu Hamil

4. Hindari televisi dan computer

Bila sulit tidur maka mungkin Anda akan menonton tv atau menyalakan komputer. Namun sebenarnya cahaya dari tv atau komputer justru membuat Anda sulit tidur, jadi bila Anda mengantuk namun mata belum terpejam, sebaiknya Anda mendengarkan musik klasik atau menyalakan radio yang memutar musik untuk membuat Anda rileks.

5. Mengatur Waktu berkunjung tamu

Kehadiran tamu memang tak bisa dihindari untuk menengok Anda dan bayi Anda atau sekedar mengucapkan selamat kepada Anda. Kondisi ini yang membuat ibu menjadi lebih lelah, memang sebagai tuan rumah kita harus menyambut kedatangan tamu dengan baik melalui jamuan dan menemani mengobrol. Jadi cobalah untuk mengatur kunjungan tamu agar tenaga Anda tak terkuras habis untuk menemui mereka dan waktu istirahat Anda tak terbuang.

6. Hindari Konsumsi Kopi

Bagi ibu yang terbiasa minum kopi saat sarapan maka kurangi kebiasaan ini karena akan mengganggu waktu tidur Anda. kopi mengandung kafein yang akan membuat Anda sulit tidur. American Academy of Pediatrics menganjurkan pada ibu menyusui untuk mengurangi konsumsi kafein setiap harinya.

8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran

7. Kurangi Mengajak Bayi Bermain di malam hari

Coba biasakan tidur dengan emngikuti pola bayi, bayi akan sering terbangun di malam hari. Ada beberapa ibu yang mau menemaninya bahkan mengajaknya bermain sehingga waktu tidur Anda berkurang. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) berpendapat bayi sehat memiliki rutinitas tidur malam hari sekitar 5 jam atau elbih selama 2-3 bulan. Sebagian besar bayi harus bisa tidur malam penuh di usia 6 bulan, namun AAP berpendapat bila ada perbedaan signifikan antara statistik dan yang terjadi pada masing-masing keluarga.

8. Kesegaran Suasana Kamar

Buatlah kamar bersih dan rapi. Bila kamar penuh dengan tumpukkan baju, peralatan bayi, sehingga membuat kamar berantakan maka Anda akan kesulitan tidur karena merasa tidak nyaman. sehingga buatlah kamar senyaman mungkin dengan merapikan dan membersihkan kamar. Anda akan merasa tenang bila kamar dalam keadaan rapi dan bersih. Kesegaran udara dalam kamar juga harus diperhatikan untuk membantu waktu Anda tertidur. Buka jendela kamar berkala untuk melancarkan sirkulasi udara di kamar. Gunakan aromaterapi untuk merileksasi Anda dan mengurangi stress pasca persalinan.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai 8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, dan semoga anda yang sedang dalam proses kehamilan diberikan kesehatan selalu. Salam sehat!

Tags: , ,

Related to 8 Tips Mengatasi Sulit Tidur Setelah Lahiran