Amankah Naik Pesawat Untuk Ibu Hamil?

Post On: 24 September 2016
September 17, 2016

Amankah Naik Pesawat Untuk Ibu Hamil? – Kunjungan dinas atau rencana liburan yang lokasinya cukup jauh tentu akan lebih mudah dijangkau dengan menggunakan pesawat. Namun bagaimana bila ibu hamil yang melakukannya? Anda tidak perlu khawatir dahulu, sebenarnya tidak ada larangan untuk ibu hamil naik pesawat. Namun ada beberapa hal harus tetap diperhatikan ibu hamil karena selama kehamilan sering menimbulkan berbagai keluhan.
Kebijakan menurut American Collage of obstetrician and Gynecologist (ACOG) sebagai organisasi kebidanan dan kandungan Amerika Serikat menyatakan bahwa, perjalanan menggunakan pesawat bagi ibu hamil bisa dikategorikan aman namun bila tidak sering dilakukan selama kehamilan, juga dengan pertimbangan usia kandungannya harus masih di bawah 36 minggu dan tidak mempunyai komplikasi saat hamil.

Amankah Naik Pesawat Untuk Ibu Hamil

Selanjutnya kebijakan yang diberikan oleh International Air Transports Association (IATA) sebagai suatu organisasi perdagangan internasional yang meliputi maskapai penerbangan dunia menyatakan bahwa, ibu hamil bisa menggunakan pesawat selama mempertimbangkan riwayat kesehatan dan kehamilan sebelumnya, serta usia kehamilannya. Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk ibu hamil ketahui bahwa kehamilan bayi kembar memiliki risiko tinggi bila menggunakan pesawat. Dengan kata lain, menggunakan pesawat diperbolehkan bagi ibu hamil tanpa komplikasi, kehamilan tunggal (bukan kembar), serta usia kandungan 36-38 minggu dengan syarat waktu terbangnya tidak melebihi 4 jam.

Pertimbangan dari kebijakan diatas juga didukung dengan keterangan yang diberikan bidan atau dokter kandungan saat ibu hamil akan check in. Pihak dari maskapai akan meminta surat keterangan dari bidan atau dokter kandungan yang bisa mewakili kondisi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia memberikan kebijakan yang berbeda-beda dalam ketentuan usia kehamilan yang diperbolehkan menggunakan pesawat khusus bagi ibu yang sedang hamil. Walaupun demikian tetapi semua maskapai penerbangan mempunyai kebijakan yang sama untuk Anda yang sedang hamil sebelum melakukan perjalanan, yaitu dalam hal harus mengisi formulir khusus ibu hamil.

Amankah Naik Pesawat Untuk Ibu Hamil

Meskipun beberapa kebijakan telah maskapai berikan khusus untuk ibu hamil, akan tetapi kondisi kesehatan setiap perempuan yang hamil berbeda-beda. Oleh karena itu, bagi ibu hamil yang akan melakukan perjalanan tetap menggunakan pesawat, pastikan usia kandungan Anda tanpa keluhan. Ibu hamil yang telah memasuki trimester pertama kehamilan dinyatakan aman untuk menggunakan pesawat, namun bila Anda tidak mengalami mual dan muntah yang berlebihan atau morning sickness juga kelelahan. Misalkan ibu hamil masih memiliki keluhan yang sering dialami pada trimester awal, sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter sehingga akan diberikan obat yang aman untuk dikonsumsi dalam mengatasi mual dan muntah.

BACA  Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bayi dan Ibu Hamil

Pada trimester kedua seringnya ibu hamil dinyatakan aman untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Hal ini dikarenakan janin telah kuat menempel di rahim dan berkurangnya keluhan mual juga muntah. Pada trimester kedua ini, risiko ibu hamil mengalami keluhan selama perjalanan menggunakan pesawat akan lebih kecil dibandingkan kehamilan di trimester pertama. Selanjutnya memasuki trimester ketiga, mengenai usia kandungan ibu hamil yang diterapkan beberapa maskapai penerbangan di Indonesia memiliki ketentuan yang berbeda.

Tips Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang

Umumnya kebijakan dari maskapai penerbangan di Indonesia memperbolehkan ibu hamil dengan usia kandungannya sekitar 27 hingga 35 minggu dalam perjalanan menggunakan pesawat. Hal yang harus ibu hamil perhatikan dalam menggunakan pesawat bukan karena adanya risiko radiasi dari mesin x ray, namun kemungkinan beberapa kondisi kesehatan yang akan terjadi selama perjalanan. Oleh karena itu, ibu hamil harus memperhatikan sekaligus mempersiapkan beberapa hal tertentu untuk kesehatan dan keamanan selama perjananan. Beberapa tips berikut bisa ibu hamil pertimbangkan sebagai persiapan sebelum melakukan perjananan dengan naik pesawat, diantaranya yaitu :
• Memesan tempat duduk di lorong, sehingga akan lebih mudah pergi ke toilet. Hal ini untuk memudahkan ibu hamil saat mengalami keluhan kehamilan seperti mual, muntah dan buang air kecil yang sering terjadi di pesawat.
• Gunakanlah stocking. Saran dari beberapa bidan dan dokter kandungan, ibu hamil sebaiknya mengenakan stocking sebagai pencegahan terjadinya pembekuan darah.
• Minumlah air putih untuk menghindari dehidrasi.
• Hindarilah duduk terlalu lama. Anda bisa sesekali berjalan di lorong dalam pesawat untuk sekadar pergi ke toilet.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai amankah naik pesawat untuk ibu hamil?. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Tags: , , ,

Related to Amankah Naik Pesawat Untuk Ibu Hamil?