Atasi Batuk Berdahak Pada Anak. Susah Ga?

Post On: 28 June 2017
July 16, 2017

Atasi Batuk Berdahak – Cuaca di Indonesia beberapa tahun ini sudah tidak teratur. Pada waktu jaman sekolah dulu, saya tahunya musim kemarau adalah dari bulan April hingga September. Sedangkan musim penghujan dimulai dari bulan Septermber hingga April. Namun apa yang terjadi belakangan ini? Di musim kemarau pun bisa tiap hari hujan. Benar-benar anomali cuaca yang aneh sekali.

Dengan cuaca yang tidak teratur seperti ini, tubuh manusia kadang kala kesulitan untuk beradaptasi dengan suhu udara yang ada. Saat suhu udara sedang panas, lalu tiba-tiba menjadi dingin dalam beberapa jam membuat tubuh kita kebingungan. Pertahanan tubuh terhadap penyakit menjadi berkurang. Karena kurangnya pertahanan ini maka kita dengan mudah dapat terserang penyakit di saat cuaca seperti itu.

Tubuh manusia dewasa lebih kuat dibandingkan dengan tubuh anak-anak. Oleh sebab itu penting sekali bagi orang tua untuk selalu mengawasi kondisi tubuh buah hatinya di saat seperti itu. Imun Anak-anak lebih mudah terserang penyakit dibandingkan dengan orang dewasa. Penyakit yang paling cepat datang saat imun kita sedang menurun adalah batuk.

Batuk yang timbul bisa bermacam-macam. Dari batuk kering hingga batuk berdahak. Pada umumnya batuk kering akan menyerang terlebih dahulu, setelah itu akan menjadi batuk berdahak lalu berangsur-angsur akan sembuh. Batuk mudah sekali menular. Apalagi bagi anak-anak. Jadi lebih baik jauhkan anak kita dari orang yang sedang batuk, karena batuk mudah sekali menular melalui udara. Selain udara batuk juga bisa menular melalui percikan bersin ataupun ingus.

Batuk dan juga pilek pada umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus influenza. Batuk merupakan reaksi dari sistem refleks tubuh untuk membersihkan saluran nafas yang terserang dengan penyakit. Produksi lendir akan menjadi berlebihan sehingga menimbulkan dahak. Dengan batuk, saluran nafas akan lapang dan bebas dari lendir.

Apabila anak terserang batuk, kita akan merasa sedih. Segala aktivitas anak akan berkurang dengan drastis. Mulai dari susah makan, rewel hingga susah tidur di malam hari. Apabila mengalami hal ini, orang tua tidak perlu panik, karena hal ini adalah hal yang biasa terjadi apabila sedang batuk.

Batuk dapat diatasi dengan cara minum obat yang sesuai dengan jenis batuknya. Apakah batuk yang dialami adalah batuk kering atau batuk berdahak. Namun pada umumnya obat batuk yang beredar sekarang sudah mencakup semuanya. Dan lagipula seperti yang sudah diinformasikan di atas, batuk kering akan berubah menjadi batuk berdahak apabila mulai mendekati titik pemulihan.

Kali ini kami akan mencoba memberikan informasi tentang bagaimana atasi batuk berdahak pada anak dengan cara tradisional. Cara tradisional disini dimaksudkan adalah menyembuhkan batuk dengan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di alam, bukan menyembuhkan batuk dengan membeli obat batuk di apotik terdekat. Kenapa kita sebagai orang tua perlu mengetahui hal ini? Karena batuk bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Belum tentu kita sudah siap sedia dengan obat batuk.

Atasi Batuk Berdahak

Atasi Batuk Berdahak Pada Anak Dengan Cara Tradisional

Untuk atasi batuk berdahak pada anak, kita tidak boleh sembarangan memberikan obat batuk. Ada berbagai macam obat batuk untuk anak. Untuk bayi biasa menggunakan sistem drop atau tetesan. Untuk anak biasa dengan takaran antara 0.75 ml hingga 2 ml, tergantung dari usia sang anak dan berat badannya.

Apabila kita berada dalam posisi tidak siap untuk memberikan obat batuk, maka beberapa ramuan tradisional ini bisa dicoba sebagai tindakan awal untuk mengatasi munculnya batuk. Ramuan tradisional untuk mengatasi batuk ini semua terdapat di alam dan mudah sekali mendapatkannya di dapur. Adapun ramuan tradisional itu adalah sebagai berikut :

  1. Air Minum
  2. Jeruk Nipis
  3. Akar Teh Licorice
  4. Larutan Garam
  5. Lada Hitam
  6. Jahe dan Kencur
  7. Daun Sirih
  8. Belimbing Wuluh

Air Minum

Biasakan anak minum air 8 gelas sehari. Selain ini untuk mencegah dehidrasi namun bisa juga untuk mengurangi dahak di tenggorokan pada saat batuk. Usahakan juga memberikan air yang hangat pada pagi dan sore atau malam sebelum tidur. Gunanya adalah sebagai pengencer dahak di tenggorokan. Apabila saat Anda memberikan minum, tiba-tiba anak muntah maka itu tandanya perlu memberikan jeda untuk memberikan minum pada anak dan biarkan anak mengeluarkan muntahan air tadi beserta dahaknya.

BACA  Obat Batuk Tradisional Atasi Batuk Pada Anak

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa dipadukan dengan menggunakan kecap atau madu. Terserah mana yang anak anda sukai. Apabila bunda ingin memadukannya dengan kecap, maka jeruk nipis itu diperas kemudian diberikan beberapa tetes kecap dan diminumkan pada anak kita yang batuk. Ramuan ini bisa mengatasi tenggorokan yang kering, juga bisa mengatasi gatal di tenggorokan dan atasi batuk berdahak sekaligus juga. Bila menggunakan madu, maka siapkan satu sendok madu murni kemudian dicampur dengan air perasan jeruk nipis lalu diminumkan pada anak sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari.

Akar Teh Licorice

Cukup dengan merebus akar teh licorice dengan air secukupnya lalu tunggu hingga mendidih. Dinginkan. Lalu ditambahkan sedikit madu murni dan diminumkan kepada si anak yang batuk tersebut. Akar teh licorice adalah sejenis tumbuhan yang biasanya digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan sehingga dapat juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk.

Larutan Garam

Larutan air garam biasanya dipergunakan untuk mengatasi panas dalam. Kalau anda biasa makan durian, pasti orang tua selalu menyarankan untuk minum larutan air garam guna mencegah panas dalam. Namun selain untuk mencegah panas dalam, larutan air garam juga bisa digunakan untuk atasi batuk berdahak serta sakit tenggorokan. Kumurlah dengan menggunakan larutan air garam setiap hari sebanyak 2 kali untuk membunuh bakteri dan juga virus dan dapat juga membantu mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan anak.

Lada Hitam

Sama halnya dengan penggunaan jeruk nipis, lada hitam ini juga sebaiknya dicampurkan dengan madu. Tambahkan air hangat secukupnya dan minum 2 kali sehari secara teratur sehingga batuk bisa segera reda dan anak anda bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Jahe dan Kencur

Jahe merupakan salah satu ramuan herbal yang paling mujarab. Biasanya larutan jahe hangat diminum untuk memberikan rasa hangat pada tubuh. Namun kadangkala jahe juga bisa untuk menyembuhkan batuk terlebih lagi dicampur dengan kencur. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan parutan jahe dan kencur, kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula merah apabila diperlukan, Lalu diminum selagi hangat.

Daun Sirih

Untuk membuat ramuan daun sirih tidaklah susah. Ambil satu helai daun sirih. Cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam panci beserta dengan beberapa potongan jahe serta air putih. Rebus hingga mendidih lalu diminumkan kepada anak setelah beberapa saat.

Belimbing Wuluh

Membuat ramuan belimbing wuluh ini tidaklah sulit. Anda cukup parut belimbing wuluh kemudian tambah segelas air dan tambahkan sedikit garam lalu rebus hingga mendidih. Kemudian diberikan pada anak.

Kami ingatkan lagi beberapa hal. Faktor cuaca bukan menjadi satu-satunya penyebab anak menjadi batuk. Batuk pada anak juga bisa dikarenakan oleh polusi, asap rokok, asap kendaraan dan juga debu. Satu hal termudah untuk pencegahan terhadap batuk adalah memakaikan masker kepada anak kita saat berada di luar ruangan.

Itulah tadi beberapa ramuan herbal yang sekiranya dapat dicoba diberikan apabila bunda mengalami kesulitan untuk mendapatkan obat batuk dalam atasi batuk berdahak pada anak. Apabila dalam kurang lebih dua hari batuk anak anda belum juga berkurang, maka segera periksa ke dokter anak langganan bunda. Harap jangan main-main dengan batuk ini. Batuk yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi batuk yang lebih parah lagi, yaitu batuk bronkitis.

Tags: , ,

Related to Atasi Batuk Berdahak Pada Anak. Susah Ga?