Batuk Pada Bayi Apa Penyebabnya?

Post On: 25 March 2017
March 25, 2017

Mam, bagaimana perasaan Anda ketika tiba–tiba saja bayi tersayang Anda mengalami batuk? Pastinya bunda akan langsung kebingungan dan berusaha mencari solusinya. Dan perasaan ini memang wajar terjadi pada seorang ibu karena dimanapun dan dalam kondisi apapun seorang ibu tak akan pernah rela terjadi sesuatu pada bayinya termasuk batuk. Ketika Anda mengalami situasi batuk pada bayi Anda, tentu yang perlu pertama kali Anda lakukan seharusnya adalah mencari tahu penyebabnya karena kalau Anda tahu penyebabnya pasti akan mudah bagi Anda mencari solusinya.

Batuk Pada Bayi

Mungkin bunda mau tahu apa saja sih sebenarnya penyebab bayi mengalami kondisi batuk? Berikut kami ulas secara detail penyebab – penyebab bayi Anda batuk yang sangat memungkinkan. Cek dulu informasinya berikut ini bunda.

Penyebab Batuk Pada Bayi

Batuk pada bayi biasanya dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Bayi mudah batuk karena sebenarnya sistem imun bayi sendiri masih belum kuat beradaptasi menghadapi serangan virus dan kuman yang bertebaran dimana–mana. Beberapa faktor penyebab batuk pada bayi diantaranya :

Infeksi virus

Infeksi virus memang menjadi salah satu penyebab utama batuk terjadi pada bayi. Seperti flu, pilek, bronchiolitis, croup, respiratory syncytial virus juga dapat menjadi salah satu penyebab dari infeksi virus yang membuat batuk pada bayi Anda. Bahkan infeksi bakteri seperti pneumonia, infeksi sinus dan batuk rejan akan mengakibatkan kondisi batuk serius pada bayi.

Asma

Anda tentu sudah tahu bahwa penyakit asma ini adalah penyakit genetik dan bayi dari keluarga yang menderita asma juga beresiko terserang asma. Ada baiknya coba Anda kontrol kesehatan bayi dan jika memang batuk segera bawa ke dokter karena juga dapat menjadi salah satu tanda asma bayi akan kambuh.

BACA  Gejala Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak

Alergi

Ada banyak alergen yang dapat menciptakan kondisi batuk pada bayi. Misalkan debu, angin dan sejenisnya juga dapat menjadi alergen yang ampuh menjadikan flu dan berujung pada batuk pada bayi Anda. Upayakan juga Anda menjauhkan bayi Anda dari lingkungan berdebu dan berasap karena dapat mengiritasi saluran nafas bayi dan menyebabkan batuk.

Refluks asam

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan juga dapat menjadikan tenggorokan jadi teriritasi. Dan kemudian menyebabkan batuk yang terus menerus. Kondisi ini juga dapat terjadi pada bayi Anda.

Demikian beberapa Penyebab Batuk Pada Bayi yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Tags: , , ,

Related to Batuk Pada Bayi Apa Penyebabnya?