Beberapa Penghalang Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda

Post On: 10 January 2017
January 7, 2017

Beberapa Penghalang Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda – Pengetahuan yang minim akan kehamilan membuat ibu hamil mengalami kebingungan mengenai apa yang tidak dan boleh dilakukan selama kehamilan. Dalam kondisi ini keluarga haruslah berperan dalam memberikan saran dan menjaga segala aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil.

Penghalang Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini keluhan yang seringkali menjadi alasan kenapa ibu hamil sulit melakukan aktivitas :

1. Sembelit

Usus mengalami relaksasi membuat penyerapan makanan lamban karena peningkatan hormon progesteron. Kondisi ini membuat sisa-sisa makanan yang menumpuk.

2. Nyeri ulu hati

Gas karbondioksida tidak keluar secara alami membuat nyeri di ulu hati, untuk itu cobalah berjemur di bawah sinar matahari pagi agar gas karbondioksia keluar secara lancar.

3. Gatal-gatal

Gatal-gatal disebabkan oleh alergi dan juga kulit yang makin sensitif, untuk itu perbanyak konsumsi buah segar.

4. Kram

Kram di kaki maupun tangan kerap terjadi menjelang persalinan, karena bagian tubuh itu bengkak akibat cairan yang menumpuk sehingga syaraf tertekan. Kondisi ini kemungkinan disebabkan terhambatnya sirkulasi darah, kekurangan kalsium, hormone kehamilan, kelelahan, tekanan rahim pada otot.

5. Seringnya mengalami Pegal-pegal

Pegal selama kehamilan disebabkan karena kekurangan kalsium. Otot-otot kendur sehingga ibu hamil cepat lelah terlebih seiring kandungan yang makin membesar.

6. Sering buang air kecil

Kondisi ini kerap terjadi karena cuaca yang dingin, banyak minum air putih, ginjal yang meningkat dalam emmproduksi urien, dan kandung kemih yang tertekan oleh rahimyang kian membesar.

7. Mengalami mual dan muntah

70% ibu hamil mengalami mual, pegal, dan pusing, bahkan meriang. Hal ini normal terjadi di trimester pertama (6-14 minggu). Kondisi ini disebut morning sickness yang terjadi disebabkan perkembangan plasenta dan produksi hormon HCG membuat rangsangan otot dari poros lambung sehingga menimbulkan mual dan muntah. Makin tinggi hormon ini akan semakin merangsang muntah.

BACA  9 Tips Agar Semangat Bekerja Pasca Melahirkan

8. Sering mengalami sakit kepala

Kondisi ini disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar karena meningkatnya hormon progesterone sehingga tekanan darah menurun dan ibu merasa sakit di bagian kepala.

Tags: ,

Related to Beberapa Penghalang Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda