Manfaat Khasiat Beras Merah untuk Penderita Diabetes

Post On: 11 January 2016
January 11, 2016

Beras merah merupakan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang ada pada beras merah sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah diabetes. Khasiat beras merah untuk diabetes memang sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian dari para ahli kedokteran.

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Menurut data, hamipr 15% penduduk Indonesia terindikasi mengidap diabetes. Penyakit ini terjadi karena kadar gula darah yang sangat tinggi. Kadar gula darah yang tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Beras Merah untuk Diabetes

Banyak cara untuk mengontrol atau mengendalikan kadar gula darah kita, salah satunya dengan menjaga pola makan. Jika sudah didiagnosis mengidap diabetes kita harus sangat menjaga asupan makanan kita. Makanan yang musti dikonsumsi adalah makanan yang menyehatkan dan rendah gula.

beras-merah-dan-penderita-diabetes-mellitus

Nah, beras merah bisa menjadi pilihan kita untuk mengendalikan kadar gula darah agar terhindar dari diabetes. Manfaat beras merah untuk diabetes sudah tak perlu diragukan lagi. Kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam beras merah sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Penyebab dari diabetes sendiri sangat bermacam-macam. Kebanyakan memang dari pola makan dan minum yang kurang sehat. Misalnya, mengkonsumsi es teh manis secara berlebihan. Dalam satu gelas es teh manis terdapat kandungan 200-300 kalori, yang bisa dibilang berlebihan. Gula yang ada dalam es teh manis juga dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat.

Baca Juga :

Apa itu Penyakit Ambeien?

Cara Menghilangkan Bekas Bisul

Pantangan bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi

Selain es teh manis, kebiasaan makan makanan yang digoreng juga bisa menjadi penyebab munculnya diabetes. Diabetes dapat dipicu oleh beberapa macam hal, salah satunya adalah kolesterol jahat. Dalam makanan goreng-gorengan terdapat banyak kolesterol jahat yang bisa menyebabkan diabetes.

BACA  Cara Praktis Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Khasiat Beras Merah untuk Penderita Diabetes

Agar terhindar dari penyakit diabetes, kita harus mulai membiasakan diri dengan pola makan yang lebih sehat. Hindari makanan yang mengandung banyak gula atau kolesterol. Ganti asupan makanan dengan makanan yang lebih sehat dan rendah lemak.

Kita bisa mulai pola makan sehat kita dengan mengganti nasi putih biasa dengan nasi merah yang berasal dari beras merah. Khasiat beras merah untuk penderita diabetes memang sudah terbukti dari dulu. Berbagai macam kandungan gizi dan vitamin dalam beras merah sangat baik untuk kesehatan. Karena itulah, nasi merah sangat disarankan untuk menjadi pengganti nasi putih.

Kadar kalori beras merah lebih banyak dibandingkan dengan beras putih biasa. Dengan begitu, satu porsi beras merah sudah bisa mencukupi kebutuhan kalori kita. Dengan konsumsi nasi merah porsi ¾ sudah sama dengan konsumsi satu porsi penuh nasi putih biasa.  Dengan konsumsi nasi merah kita bisa kenyang lebih cepat meskipun porsinya sedikit dan juga merasakan kenyang yang lebih lama. Itulah yang membuat beras merah untuk penderita diabetes sangat dianjurkan.

Selain rendah kalori, juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang bisa berguna untuk menangkal berbagai macam jenis penyakit berbahaya. Dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi tersebut, kita bisa mencegah kanker, serangan jantung hingga hipertensi.

Beras merah dan diabetes juga mengandung gula dan kalori, antioksidan yang tinggi, dan  vitamin B kompleks. Vitamin B komplek sangat bagus untuk kesehatan tubuh, khususnya menjaga daya tahan tubuh dari segala macam penyakit.

Berbagai manfaat beras merah memang tak perlu dipertanyakan lagi, terutama manfaat untuk mengatasi masalah diabetes. Khasiat beras merah untuk diabetes sudah terbukti dan teruji. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi beras merah agar terhindar dari penyakit diabetes.

Related to Manfaat Khasiat Beras Merah untuk Penderita Diabetes