Berbagai Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Post On: 9 September 2016
August 31, 2016

Berbagai Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat – Setiap orang tentu menginginkan sosok bayi yang dinantikan selama 9 bulan 10 hari untuk dapat lahir dengan normal tanpa mengalami kecacatan. Namun bila Tuhan telah berkehendak manusia apa boleh buat. Setidaknya ibu hamil juga bisa mencegahnya dengan cara menjaga dan memperhatikan kondisi kesehatan selama masa kehamilan. Hal itulah yang menjadi poin penting sang ibu.

Berbagai Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Umumnya faktor utama dari penyebab kecacatan bayi dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang baik dan tidak beraturan. Oleh karenanya, seorang wanita hamil perlu mengubah pola hidup yang sehat agar calon bayi dan ibunya tetap terjaga. Jika tidak akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan otak janin yang dikandungnya. Bagi anda para ibu hamil ketahuilah berbagai faktor penyebab bayi lahir cacat di sini.

Berbagai Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

  1. Faktor Genetik

Biasanya keturunan merupakan kelainan dari gen tunggal, multifaktual dan masalah kromosom. Terlebih bila anda memiliki sanak saudara yang terlahir cacat dan memang dapat berpengaruh pada kelahiran cacat si bayi. Sebagai pencegahan anda bisa mengonsultasikan soal kehamilan kepada dokter kandungan maupun bidan.

  1. Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dilakukan oleh si ibu pada masa kehamilan, mampu menyebabkan bayi terlahir dalam keadaan cacat. Untuk itu, apabila anda sedang tidak enak badan atau merasa sakit,  sebaiknya pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Dengan demikian anda nantinya akan minum obat yang aman bagi kesehatan sendiri dan janin dalam kandungan.

  1. Kekurangan Gizi dan Nutrisi

Inilah faktor yang terbilang sangat rentan terjadi untuk bayi lahir cacat. Kekurangan asupan pada gizi maupun sumber nutrisi bagi ibu hamil menyebabkan kelainan tertentu terhadap bayi. Dimana bayi akan terlahir dalam keadaan kurang baik seperti kaki pincang, bibir sumbing, keterbelakangan mental, hingga cacat jantung. Oleh sebab itu, cukupilah setiap kebutuhan makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi.

  1. Perokok Aktif maupun Pasif
BACA  Batuk Pada Bayi Apa Penyebabnya?

Seperti yang tertera pada bungkus rokok, bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, gagal ginjal serta jantung. Bahkan sangat dilarang bagi wanita hamil, lantaran di dalamnya memang terkandung zat nikotin. Tidak hanya ibu dengan perokok aktif yang berisiko mengalami kecacatan pada si bayi, melainkan juga perokok pasif pun demikian. Pasalnya zat kimia yang berupa toxic di dalam rokok akan memicu bayi berdampak buruk seperti IQ rendah dan berperilaku jelek. Usahakan anda menjauh saat berada pada sumber asap rokok.

  1. Minuman Beralkohol dan Kafein

Minuman keras seperti alkohol sangat dilarang untuk ibu hamil, karena akan menimbulkan bayi lahir cacat. Hal ini tentu saja alkohol bersifat panas yang mampu berpengaruh buruk terhadap janin di dalam kandungan. Sama halnya dengan kafein yang terkandung pada kopi. Untuk itu, hindari mengonsumsi minuman berkafein yang nantinya dapat melahirkan bayi cacat, misalna IQ rendah dan anak bersikap hiperaktif.

Bagaimana, setelah mengetahui faktor penyebab dari kecacatan pada bayi? Anda bersedia untuk menghindari faktor tersebut, tidak? Semoga saja bayi yang dikandung anda dapat terlahir secara sempurna di dunia ini.

 

Tags: , ,

Related to Berbagai Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat