Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Post On: 27 July 2016
July 30, 2016

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak – Saat anak-anak sedang beraktivitas maupun tertidur tentu mengharapkan mereka baik-baik saja. Namun sayangnya si anak merasa tidak nyaman lantaran hidung mampet, sehingga sangat menganggu dan menyiksa. Jika sudah begitu anak mudah rewel dan menangis, pastinya anda tak ingin hati anak sedih bukan? Maka harus segera mencari solusinya.

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Jika hidung tersumbat biasanya dibarengi pilek. Mengingat banyak penyebab dari hidung tersumbat itu, maka anda harus menanganinya secara tepat. Pasalnya tersumbatnya hidung yang berlangsung lama, memungkinkan gejala lain seperti polip hidung, alergi tertentu, asap atau debu hingga pola makan yang buruk. Ada baiknya bila anda mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan cara alami seperti berikut.

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

1.Mengkompres Hangat di Atas Hidung

Cara pertama yang dapat anda lakukan yakni kompres hangat pada anak di atas hidung. Sebelumnya, ambil kain handuk kecil yang dibasahi oleh air hangat dan jangan terlalu panas. Kemudian, usapkan pada batang hidung dengan menyeluruh hingga melebar ke bagian pipi depan. Ada baiknya jika anda membaringkan anak dengan posisi rileks agar lebih maksimal. Ulangi metode ini secara berkelanjutan sampai sang anak merasa lega di bagian rongga hidungnya.

2. Menghirup Aroma Terapi

Apa saja bahan aroma terapi itu? Kini sudah banyak tersedia obat luar aroma terapi, seperti inhaler, minyak angin, balsam dimana semuanya memiliki kandungan berupa eucalyptus, menthol dan kamper. Kandungan tersebut memang mampu mengurangi rasa tersumbat pada hidung. Adapun penggunaanya juga mudah dan sederhana, hanya perlu menghirup langsung dari tutup wadahnya. Selain itu, juga bisa mengolesi sedikit di bagian bawah lubang hidung atau pada sekitar daerah leher.

BACA  Tips Mudah Mengatasi Demam Si Kecil Saat Musim Hujan

3. Menghirup Air Panas

Berikutnya adalah dengan menghirup air panas. Dengan menuangkan uap air panas pada sebuha wadah atau mangkok. Kemudian, letakkan kepala anak di dekat air panas tadi. Namun, anda perlu membantu menutup menggunakan handuk kecil supaya uap tidak melebar ke luar. Suruhlah si anak untuk menghirup air panas tersebut. Agar lrbih optimal lagi berikan minyak kayu putih ke dalamnya. Lakukan cara ini sampai anak benar-benar merasa lega dari hidung tersumbatnya.

4. Minum Air Jeruk Hangat

Metode yang satu ini terbilang cukup enak untuk diterapkan sang anak. Cukup meminum air jeruk yang masih hangat, namun tidak diperbolehkan panas. Hal ini bertujuan untuk membantu mengencerkan ingus penyebab hidung tersumbat pada anak. Tak hanya itu, alasan jeruk digunakan pada pengobatan ini karena di dalamnya memiliki kandungan vitamin C, dimana sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga dapat cepat sembuh dan kembali sehat.

5. Jangan Membuang Ingus dengan Kuat

Membuang ingus kuat-kuat akan membuat lapisan di dalam rongga hidung semakin meradang. Dengan demikian, penyumbatan hidung tidak bertambah meringankan tetapi memperburuk keadaan. Pasalnya penyebab dari hidung tersumbat adalah karena influenza yang disertai ingus, maka keluarlah secara lembut dan perlahan. Selain itu, juga harus dilakukan dengan bergantian yakni sebelah-sebelah.

Demikianlah 5 cara alami mengatasi hidung tersumbat pada anak. Apabila setelah 5 cara ini telah digunakan dan anak anda masih belum sembuh, segeralah hubungi dokter anak untuk berkonsultasi lebih lanjut lagi. Semoga informasi bisa memberikan pengetahuan bagi ibu-ibu sekalian.

Tags: , ,

Related to Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak