Cara Atasi Panas Atau Demam Pada Anak

Post On: 19 September 2016
September 1, 2016

Cara Atasi Panas Atau Demam Pada Anak – Salah satu hal yang seringkali terjadi pada anak adalah demam. Meskipun kerap dianggap sepele, namun jika tidak ditangani dengan tepat bisa menimbulkan kerusakan pada sel otak si buah hati. Selain itu, juga mampu mengakibatkan kejang-kejang atau biasa disebut step Sebenarnya demam merupakan sebuah gejala bahwa tubuh anak sedang melawan penyakit.

Cara Atasi Panas Atau Demam Pada Anak

Sebagai orang tua yang baik, pasti akan khawatir dan panik ketika menghadapi tubuh si kecil terasa panas. Tetapi, sebaiknya anda tidak usah tergesa-gesa membawanya ke dokter saat situasi seperti ini. Hal ini dikarenakan demam di badan pada anak masih bisa dikontrol dan jangan sampai melewati ambang batas. Adapun cara atasi panas atau demam pada anak adalah sebagai berikut.

Cara Atasi Panas Atau Demam Pada Anak

  1. Gunakan Air Hangat Saat Mandi

Penggunaan air dingin mampu menyebabkan badan menggigil dan meningkatkan suhu tubuh. Sebaiknya gunakan air hangat ketika si buah kecil akan mandi. Anda juga perlu memastikan air tersebut tidak terlalu panas untuk kulitnya. Dengan mandi air hangat secara tidak langsung si kecil akan menghirup udara hangat juga, sehingga dapat melancarkan organ pernapasan. Di samping itu, tubuh anak terasa lebih rileks.

  1. Memberi Banyak Cairan

Saat anak anda demam, berhentilah untuk panik yang akan menambah kegelisahan pada diri sendiri. Jernihkan pikiran sehingga dapat mengatasi demam anak secara cepat. Misalnya dengan mencegahnya dari dehidrasi dan berikan banyak cairan atau minuman. Pasalnya demam pada anak mengakibatkan kehilangan cairan lebih cepat. Sebagi pilihan terbaik, konsumsi air putih, sup dan susu secukupnya pada anak.

  1. Kenakan Pakaian Ringan

Sebaiknya gunakan pakaian yang ringan seperti sehelai kain atau selimut. Memakai pakaian terlalu tebal dan banyak mampu mencegah panas tubuh keluar lingkungan sekitar, sehingga hal ini dapat menimbulkan suhu tubuh semakin tinggi. Jadi, terapkan pakaian yang memang ala kadarnya saja.

  1. Ukur Suhu Tubuh Anak
BACA  Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah

Mengukur suhu tubuh  menggunakan thermometer pada anak dapat mengetahui seberapa panas badannya. Anda harus mengukurnya melalui anus karena bagian tubuh tersebut dinilai paling akurat ketimbang mulut, ketiak atau telinga. Pastikan thermometer yang digunakan dalam keadaan higienis. Untuk penggunaanya anda perlu menahan thermometer selama dua menit sampai terdengar bunyi notifikasi. Setelah itu, barulah anda membaca hasilnya secara benar.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Kebanyakan ibu saat mengatasi demam anak pasti menggunakan air dingin atau es batu. Padahal cara tersebut tidak efektif lantaran otak si anak akan terkejut dengan perubahan suhu yang drastis. Pendinginan hanya memicu di bagian luar dan tidak untuk bagian dalam, sehingga suhu panas anak malah semakin meningkat. Untuk itu, gunakan air hangat saat mengkompres demam si kecil. Dimana dalam keadaan hangat maka tubuh anak dapat menurunkan suhunya sebagai bentuk pertahanan.

Selain melakukan tindakan di atas, orang tua juga harus memberikan istirahat yang cukup pada si kecil. Jika anak masih mengalami demam tinggi sebaiknya segera diperiksakan ke dokter anak.

Tags: , , ,

Related to Cara Atasi Panas Atau Demam Pada Anak