Cara Cepat Mengatasi Serangan Jantung Mendadak Tiba Tiba

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Jantung merupakan salah satu organ penting yang menunjang keberlangsungan hidup manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh sehingga semua bagian tubuh mendapatkan segala nutrisi dan hal penting yang diperlukan. Menjaga jantung tetap sehat adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup, namun pada beberapa orang, jantung menjadi organ yang rentan mengalami gangguan.

Cara mengatasi serangan jantung mendadak merupakan pertolongan awal yang bisa diberikan untuk orang – orang yang menderita gangguan jantung. Serangan jantung atau dalam bahasa media disebut infark miokard merupakan kondisi dimana pasokan darah menuju jantung terhambat. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya menyumbatan akibat penggumpalan darah, penimbunan lemak, kolesterol atau unsur lain.

Cara Mengatasi Serangan Jantung Tiba Tiba

Secara berkala, jantung harus mendapatkan pasokan darah sementara penghambatan yang terjadi akan memicu kerusakan atau kehancuran otot jantung. Kondisi ini merupakan kondisi fatal yang harus sangat diwaspadai. Orang – orang yang mengalami serangan jantung biasanya akan menunjukkan gejala seperti sesak nafas, sakit dan nyeri pada dada, merasa lemah dan pusing atau gelisah

cara-mengatasi-serangan-jantung-mendadak-tiba-tiba

Apabila kerabat, sahabat atau anda sendiri sedangan mengalami serangan jantung mendadak, terdapat cara mengatasi serangan jantung tiba-tiba yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama, yaitu :

1. Jangan panik, usahakan penderita dipicu untuk terus batuk dengan sekuat tenaga. Setiap kali sebelum batuk, tarik nafas dalam – dalam lalu batuklah dengan kuat, dalam dan panjang seperti hendak mengeluarkan dahak yang ada di dalam dada. Beri penyelangan waktu kurang lebih 2 detik lalu kembali menarik nafas dan batuk dengan kuat.

Lakukan hal ini hingga mendapatkan pertolongan dari dokter. Tujuan melakukan tarik nafas adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru – paru sementara batuk dengan kuat dilakukan untuk menekan jantung agar sirkulasi darah menjadi normal kembali.

2. Pemberian obat juga bisa dilakukan sebagai cara cepat mengatasi serangan jantung. Obat yang diberikan adalah aspirin dengan dosis normal 300 mg, tetapi pastikan penderita tidak memiliki alergi terhadap aspirin. Obat ini bisa membantu mengencerkan darah dan mengurangi resiko serangan jantung lebih lanjut,

BACA  Penyebab Bau Badan pada Pria Wanita dan Cara Mengatasinya

Beberapa prosedur operasi bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan jantung, namun pada beberapa kasus, cara mengatasi serangan jantung ringan bisa diatasi dengan beberapa tindakan pencegahan seperti :

1. Olahraga

Olahraga secara rutin akan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung.

2. Menghindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol merupakan pemicu dari terjadinya serangan jantung, karenanya sebisa mungkin hindarilah rokok dan minuman alkohol yang berlebih.

3. Menjaga makanan

Menjaga makanan yang kita makan serta menjaga berat badan bisa menjadi solusi tepat menghindari gangguan jantung, dalam memilih makanan, beberapa pilihan bahan makanan ini bisa menjadi pilihan makanan yang tepat,

– Ikan

Ikan bermanfaat membantu meningkatkan daya ingat dan menurunkan resiko mengalami serangan jantung karena kandungan lemak omega – 3 nya yang baik bagi kesehatan jantung. Seseorang yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi ikan akan memiliki resiko 50% lebih besar untuk terserang penyakit jantung.

– Brokoli

Brokoli memiliki kandungan folic acid dan vitamin B yang membantu mangatasi stress, masalah kepanikan dan memberikan nutrisi yang baik bagi jantung. Untuk memakannya lebih baik untuk dikukus dan direbus dalam waktu lama lalu ditambahkan perasan lemon dan olive oil.

– Sayuran berdaun hijau

Kandungan yang tinggi akan vitamin C, zat besi, vitamin A, serta magnesium baik untuk menjaga kesehatan jantung, gigi dan rambut anda.

– Kacang merah

Kacang merang akan membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu serangan jantung.

Beberapa cara di atas bisa menjadi cara mengatasi serangan jantung. Mulailah untuk hidup sehat dan sayangi hidup anda dengan menyayangi jantung anda.

Related to Cara Cepat Mengatasi Serangan Jantung Mendadak Tiba Tiba