Cara Membersihkan Tubuh Bayi Yang Baru Lahir

Post On: 17 February 2017
February 17, 2017

Cara Membersihkan Tubuh Bayi Yang Baru Lahir – Anda baru selesai menjalani proses persalinan? Waduh, pastinya Anda menjadi salah satu wanita yang paling bahagia saat ini karena hadiah terindah telah Anda genggam. Namun Anda juga perlu memberikan perawatan yang terbaik untuk bayi baru lahir Anda. Perawatan pertama yang harus Anda berikan adalah tentang membersihkan tubuh bayi baru lahir.

Membersihkan tubuh bayi baru lahir itu memang tidak mudah, dan juga tidak sulit sih. Membersihkan tubuh bayi baru lahir itu butuh penanganan yang sangat serius. Dan Anda juga perlu tahu bahwa tulang–tulang bayi masih sangat halus sehingga tidak boleh Anda genggam dengan terlalu keras atau Anda gosok dengan terlalu kasar ketika sedang membersihkan tubuhnya. Untuk semakin jelas informasinya, langsung saja Anda simak informasi di bawah ini tentang cara membersihkan tubuh bayi baru lahir!

Cara Membersihkan Tubuh Bayi Yang Baru Lahir

Informasi ini memang sangat penting Anda kantongi bunda supaya tidak salah kaprah dan malah menyakiti bayi ketika Anda membersihkannya. Beberapa cara yang Anda perlu terapkan diantaranya :

  • Coba Anda gunakan satu tangan dan satu lengan untuk menopang kepala dan tubuh bayi Anda. Kemudian tangan Anda yang lain posisikan untuk menyangga tubuh bagian bawah dan juga Anda dapat menempatkannya ke air dimulai dengan kakinya.
  • Upayakan untuk Anda pastikan satu tangan menyangga punggung dan kepala bayi dengan sangat kokoh ketika tangan Anda yang lain membersihkan bagian tubuhnya. Upayakan Anda jaga posisi kepala bayi tetap berada diatas permukaan air.
  • Anda mulai dengan membasuh kepalanya lebih dulu, kemudian basuh tubuh dan yang terakhir basuh pantat serta bagian alat kelamin bayi Anda.
  • Anda usap pada tiap bagian tubuh dengan waslap atau dengan kain basah. Anda gunakan kain yang berbeda untuk setiap bagian tubuh guna menghindari penyebaran kuman utamanya bagian pantat dan juga bagian kelaminnya.
  • Untuk Anda yang punya bayi perempuan, organ kelamin bayi perempuan Anda dapat dibersihkan dengan lebih cermat diatas alas ganti atau perlak. Pembersihan ini dapat Anda lakukan dengan tisu atau dengan kapas kering kemudian dengan menggunakan kapas basah dari vagina menuju anus. Sementara Anda yang punya bayi laki–laki, tarik kulup perlahan dan bersihkan menyeluruh.
BACA  Inilah Pentingnya Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Membersihkan Tubuh Bayi Yang Baru Lahir bermanfaat. Selamat mencoba.

Tags: ,

Related to Cara Membersihkan Tubuh Bayi Yang Baru Lahir