Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah

Post On: 9 August 2016
August 1, 2016

Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah – Bagaimana jika anak anda seringkali rewel? Tentu saja membuat diri anda semakin jengkel, namun ingat kejengkelan tersebut menjadikan si anak lebih kesal hingga marah. Untuk itu, anda harus meredam rasa kesal untuk menghadapi anak rewel. Mungkin saja anak anda membutuhkan perhatian lebih, sehingga memaksa dirinya tambah ingin dimanja.

Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah

Sebenarnya banyak cara untuk menenangkan pikiran anak saat rewel. Jika anda menanggapinya dengan emosi, seperti mengancam, memarahi bahkan menghukum sudah jelas itu bukan solusi terbaik. Setidaknya anda sebagai orang tua dapat mengajarkan anak dengan memahami atau pun mengendalikan diri. Nah, di bawah ini beberapa cara dalam menangai anak ketika sedang rewel dengan cukup mudah.

Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah

  1. Mengajak Anak Berbicara

Dengan mengajak anak untuk berbicara diharapkan dapat meredam anak rewel. Namun, jangan sampai anda berbicara panjang lebar seperti menginterogasi atau menanyakan ke hal buruk. Justru akan menjadikan si anak tambah rewel dan akhirnya menangis. Bicaralah yang baik-baik dan secara perlahan, sehingga anak mau menanggapinya dengan terbuka. Cara ini akan mengajak anak untuk belajar berbicara bagaimana mengungkapkan isi hatinya atau apa yang  sebenarnya dia inginkan.

  1. Memberikan Anak Pujian

Tidak ada salahnya jika sesekali anda memuji sang anak. Pasalnya pujian terbilang sangat efektif untuk mengubah perilaku anak. Dengan memberikan pujian saat anak telah berhenti rewel, maka dia sendiri dapat mengendalikan emosinya. Diharapkan pula anak dapat menghadapi permasalahan secara lebih baik. Setidaknya anda tak usah memuji anak dengan berlebihan yang mampu memicu anak semakin manja.

  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Meskipun memanjakan anak termasuk hal wajar dan semestinya dilakukan oleh semua orangtua. Namun, jika anda terlalu berlebihan memenuhi setiap keinginan anak, akan berdampak tidak baik kedepannya. Hal ini dikarenakan anak akan merasa semua kebutuhan harus dipenuhi secara cepat atau instan, jadi bila tidak dipenuhi maka ia akan rewel, marah dan menangis. Sebaiknya bertindaklah sebagai orang tua yang bijak dan konsisten terhadap anak. Bila perlu ajarkan anak untuk hidup lebih mandiri dan hemat dengan cara menabung.

  1. Jangan Melabeli Anak

Taukah anda maksud melabeli anak? Iya, melabeli anak bukan hanya sekedar sebutan anak rewel, tetapi banyak seperti anak cengeng, anak nakal atau anak pemarah. Tidak sedikit kasus dari orangtua yang melepaskan emosi dengan katak-kata buruk. Jika hal ini terjadi, maka anak akan malas mengubah perilakunya. Pasalnya kata-kata tersebut mampu terpatri ke otaknya dan masuk kea lam bawah sadar bahwa di anak rewel.

  1. Memperhatikan Pola Anak

Sebenarnya apa yang terjadi jika anak sampai rewel? Padahal sedari tadi tidak ada yag menganggunya. Nah, dengan begitu anda perlu memperhatikan anak saat dia bermain. Misalnya bila anak tiba-tiba menangis, maka ketahuilah emosi yang sedang dirasakan anak. Adapun caranya dengan melihat reaksi anak pada kejadian itu. Apabila anda mampu mengenali polanya, tentunya akan mudah untuk mencari solusi terbaik.

BACA  Obat Batuk Gatal Terbaik Untuk Anak

Demikianlah cara-cara menangani anak yang rewel dengan mudah. Tidak terlalu sulit bukan? Semoga informasi ini bisa berguna untuk mom dimana saja anda berada.

 

 

Tags: ,

Related to Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah