Cara Mengatasi Anak dan Bayi Susah Tidur di Malam Hari

Post On: 6 April 2016
July 30, 2016

Istirahat sangat dibutuhkan tubuh untuk menghindari kelelahan setelah aktivitas seharian. Istirahat membantu tubuh menjaga keoptimalan kerjanya, karenanya kebutuhan akan istirahat yang cukup sangatlah penting untuk dipenuhi. 8 jam perhari adalah waktu jam tidur yang disarankan bagi orang dewasa, namun kebanyakan orang tidak mampu memenuhi jumlah kebutuhan waktu istirahat mereka. Apakah anda termasuk diantaranya? Jika iya, mungkin anda harus menggali lebih dalam tentang penyebab dan cara mengatasi susah tidur malam hari.

Kesulitan tidur pada malam hari atau disebut dengan insomnia bisa terjadi karena berbagai faktor seperti stress, lingkungan yang tidak nyaman, pola hidup yang kurang tepat, penggunaan obat – obatan tertentu atau adanya gangguan kesehatan. Akibatnya kita sering kali mengalami kesulitan untuk tidur meskipun kondisi tubuh sudah sangat lelah. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan kita baik dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Cara Alami Mengatasi Susah Tidur Malam Hari

Seseorang yang tidak memiliki kualitas tidur yang baik cenderung akan mudah lelah sehingga produktifitas pada jam kerja juga akan menurun. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi susah tidur di malam hari, beberapa diantaranya mungkin dapat membantu mengatasi gangguan susah tidur malam anda.

1. Ciptakan lingkungan yang nyaman

cara-mengatasi-anak-bayi-susah-tidur-malam-hari

Dengan menciptakan lingkungan tempat tidur yang nyaman, akan membantu memudahkan anda tertidur, gunakan tempat tidur atau bantal yang membuat anda nyaman dan sebaiknya matikan atau redupkan lampu saat anda tidur. Jangan menyalakan televisi ketika anda tertidur sehingga anda tidak terganggu dan sebaiknya tidak meletakkan gadget di sekitar anda karena radiasinya juga dapat mengganggu keoptimalan istirahat anda.

2. Hindari minum kopi

Jika anda terbiasa mengonsumsi kopi atau minuman tinggi cafein, sebaiknya anda mulai menguranginya. Cafein yang anda konsumsi dapat meningkatkan kerja jantung dan mengakibatkan kesulitan untuk tidur malam. Sebaiknya hindari minum kopi setidaknya 9 jam sebelum waktu tidur anda.

3. Batasi tidur siang

Beberapa orang cenderung mengalami kesulitan tidur malam setelah mengahiskan banyak waktu untuk tidur siang, karenanya batasi tidur siang anda selama 1 jam atau kurang.

BACA  Penyebab Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak dan Bayi

4. Minum susu hangat

Kalsium yang terkandung dalam susu akan membantu kita tidur lebih cepat dan nyaman.

Cara Mengatasi Susah Tidur Malam untuk Anak dan Bayi

Tidak hanya pada orang dewasa, kesulitan untuk tidur juga kerap dialami oleh anak – anak. Cara mengatasi anak susah tidur malam dapat dilakukan dengan mengajarkan beberapa kebiasaan dan rutinitas yang menyenangkan kepada anak, seperti beberapa hal berikut ini :

1. menentukan jam tidur yang konsisten. Cara ini akan menjadi kebiasaan dan tubuhpun akan merespon kebiasaan dengan menciptakan kondisi fisiologis yang teratur.

2. Mengajarkan siang dan malam kepada anak juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Berikan pengertian kepada anak tentang jam beraktivitas dan jam istirahat yang harus dipenuhi, dengan begitu anda juga akan terhindar dari kebiasaan anak yang cenderung selalu ingin bermain termasuk pada malam hari.

3. Sebelum tidur, pastikan kalau kondisi tubuh anak sudah bersih dan dalam posisi yang nyaman untuk tidur. Matikan televisi atau gunakan lampu tidur yang lucu untuk menciptakan suasanya yang tenang dan nyaman.

4. Membuat beberapa ritual sebelum tidur juga dapat membantu anak untuk tidur dengan mudah dan teratur, seperti membacakan cerita, bercakap – cakap, menyanyikan lagu atau aktifitas ringan lain yang menyenangkan.

Jika anda anda masih bayi dan sering mengalami susah tidur, cara mengatasi bayi susah tidur di malam hari dapat dilakukan dengan memberikan pembiasaan waktu. Bayi juga perlu mengetahui perbedaan siang dan malam, hanya saja dengan cara – cara yang mudah dan sederhana seperti membuka tirai dan membiarkan matahari masuk pada saat siang dan menutup tirai serta menyalakan lampu tidur pada malam hari. Rutinitis – rutinitas ringan tersebut secara pelan akan membentuk kebiasaan pada bayi anda.

Setelah menggali beberapa cara mengatasi susah tidur malam tidak ada lagi problema kesulitan tidur yang akan anda atau anak anda alami. Selalu ciptakan kualitas tidur yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup anda.

Related to Cara Mengatasi Anak dan Bayi Susah Tidur di Malam Hari