Cara Mengatasi Asma Kambuh atau Sesak Nafas Alami pada Anak

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Pernahkan anda mendengar tentang penyakit asma ? Penyakit asma merupakan penyakit jangka panjang yang membuat penderitanya mengalami kesulitas bernafas serta batuk – batuk. Tingkat keparahan penyakit ini berbeda – beda pada setiap orang. Asma dipicu oleh adanya radang pada saluran nafas atau bronkus.

Ketika paru – paru dari penderita teriritasi oleh sesuatu yang menjadi pemicu asna, saluran pernafasannya akan menyempit dan otot di sekitarnya akan mengencang, produksi dahak sebagai mekanisme pertahananpun juga akan meningkat. Sesaat setelahnya, akan timbul geja seperti sesak pada dada, kesulitan bernafas, batuk – batuk serta mengi atau timbulnya suara nafas ketika udara melewati saluran nafas. Anak – anak yang mengalami gejala asma biasanya gejalanya akan hilang saat remaja dan muncul kembali saat dewasa.

Cara Mengatasi Penyakit Asma Kambuh dan Sesak Nafas

Pilihan terbaik cara mengatasi penyakit asma kambuh adalah dengan menghindarkan alergen atau pemicu infeksi yang bisa berasal dari manapun seperti bulu hewan, udara dingin, tungau, debu, asap rokok, serbuk sari atau bahkan olah raga. Penanganan lain adalah dengan menggunakan obat – obatan tertentu yang membantu melegakan saluran pernafasan.

Selain dengan menggunakan obat – obatan, asma bisa diatasi dengan beberapa bahan alami. Hal yang paling penting ketika mengatasi penyakit asma adalah tidak panik karena keadaan panik akan memicu semakin parahnya kondisi asma. Sikap panik akan memicu jantung bekerja lebih cepat yang juga akan mempengaruhi kerja paru – paru. Beberapa pilihan bahan alami ini dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi penyakit asma atau sesak napas yaitu :

1. Jus kemangi dan madu asli

cara-mengatasi-penyakit-asma-kambuh-pada-anak

Campuran kedua bahan ini dipercaya mampu membantu mengurangi gejala yang timbul akibat asma. Obat tradisional ini juga mampu mengembalikan pernafasan menjadi normal kembali.

2. Apel

Apel mengandung quersetin yang terbukti membantu memberikan perlindungan yang baik dan kuat bagi penderita penyakit asma. Bagi para ibu hamil, mengonsumsi apel terbukti mampu mengurangi resiko melahirkan anak dengan potensi mengalami penyakit asma karenanya buah ini dipercaya sebagai pilihan ampuh cara mengatasi penyakit asma secara alami

3. Jahe

BACA  Cara Mengatasi Bisul Pada Bayi Di Ketiak Secara Alami

Jahe mengandung serat dan antioksidan yang dipercaya menjadikannya sebagai obat asma yang ampuh. Tanaman herbal ini juga mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit asma. Tentunya akan aman jika anda mulai mengonsumsinya setiap hari untuk mencegah asma anda kambuh kembali. Memanfaatkan jahe sebagai obat bisa dilakukan dengan mencampurnya bersama minuman hangat anda. Selain untuk mengurangi resiko kambuhnya asma, mengonsumsi jahe akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh anda.

Cara Mengatasi Penyakit pada Anak – Anak

Asma kerap terjadi pada anak – anak dan dapat kambuh dimanapun dan kapanpun. Menjauhkan anak penderita asma dari pemicu asma adalah solusi yang paling tepat cara mengatasi penyakit asma pada anak. Disamping itu, bagi anak penderita asma sebaiknya diberi bekal inhaler atau obat hirup asma sehingga akan menjadi solusi tercepat ketika asma anak anda kambuh sewaktu – waktu.

Inhaler bekerja menyemprotkan obat yang akan langsung menuju paru – paru sehingga akan menjadi lebih efektif. Berikan pemahaman pada anda tentang menangani asma ketika gejala itu muncul sewaktu – waktu, misalnya untuk tidak panik ketika gejala asma mulai muncul, sebisa mungkin untuk menjauhi alergen pemicu asma dan pindah ke tempat yang lebih hangat.

Asma bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan menyerang siapa saja bahkan ketika anda bekerja. Bisa saja asma anda terjadi karena dipicu oleh pekerjaan anda, karenanya segera kenali gejala ini untuk penanganan yang tepat. Sementara itu, beberapa cara mengatasi penyakit asma di atas bisa menjadi solusi cepat anda mengatasi asma.

Related to Cara Mengatasi Asma Kambuh atau Sesak Nafas Alami pada Anak