Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

Post On: 2 August 2016
August 1, 2016

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak – Bagi sebagian orang tua pasti akan merasa panik jika anaknya terserang batuk, apalagi diikuti denan demam. Biasanya batuk terjadi setelah flu atau pilek berakhir. Sudah pasti seorang ibu tidak akan tenang bila batu pada anak sepertinya tak kunjung sembuh. Bisa jadi batuk yang diderita disertai dengan dahak lebih fatal lagi, lantaran dapat berujung pada batuk bronkitis.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

Namun batuk bedahak maupun kering dirasa sangat menganggu kegiatan anak dalam kesehariannya. Untuk itu, dianjurkan para orangtua segera mengobati agar batuk dapat mereda kembali. Tetapi, ingat jangan membeli obat batuk secara sembarang di pasaran lantaran tidak semuanya baik untuk anak. Alangkah baiknya menggunakan obat alternatif lainnya seperti penggunaan bahan-bahan alami seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

  1. Madu dan Lada Hitam

Pemanfaatan lada hitam yang baik lantaran dapat meredakan batuk pada anak-anak. Apalagi jika dicampurkan dengan madu yang masih murni maka akan semakin optimal sebagai cara mengatasi batuk berdahak pada anak. Anda tinggal mengkombinasikan kedua bahan tersebut yakni lada hitam dan madu, namun jangan lupa untuk ditambahkan air hangat secukupnya. Terapkan 2 kali dalam sehari setiap pagi dan malam hari secara teratur.

  1. Jeruk Nipis dengan Madu

Kini saatnya anda meracik obat alami menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu murni. Seperti yang kita ketahui jika madu mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, ambillah satu sendok madu murni dicampurkan ke dalam perasan air jeruk nipis. Berikan ramuan tadi setiap hari pada anak anda dengan aturan dua kali, terutama di pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin sampai batuk reda.

  1. Jahe dan Kencur

Berikutnya adalah perpaduan antara jahe dan kencur yang bisa dimanfaatkan sebagai obat berdahak pada anak-anak. Selain mengatasi batuk, kedua jenis rempah ini juga berguna untuk menghangatkan tubuh. Sebelumnya siapkan dahulu jahe dan kencur dan cuci hingga bersih. Setelah itu, seduh keduanya menggunakan air panas. Barulah dikonsumsi pada anak anda.

  1. Larutan Garam

Air garam merupakan obat alami yang efektif membantu sakit tenggorokan sekaligus batuk berdahak. Pasalnya air garam mampu membunuh bakteri dan virus, sehingga dapat mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan. Adapun caranya cukup mudah, yaitu dengan melarutkan garam di dalam air secukupnya. Selanjutnya tinggal diberikan pada anak dengan berkumur air garam tersebut dan terapkan dua kali sehari.

  1. Akar Teh Licorice

Terakhir jika keempat obat alami tersebut tidak ampuh, maka gunakan akar teh licorice  untuk menyembuhkan batuk berdahak dan radang tenggorokan. Akar teh licorice merupakan jenis tumbuhan alami yang bisa anda jumpai di lingkungan sekitar. Cara penggunaanya adalah dengan merebus akar teh licorice dalam air secukupnya, lalu tunggu sampai mendidih. Dinginkan dan tambahkan sedikit madu murni, barulah diminum ramuan obat herbal tersebut.

BACA  Atasi Batuk Berdahak Pada Anak. Susah Ga?

Itulah cara mengatasi batuk berdahak pada anak. Jika anak anda tak sembuh setelah menerapkan ramuan itu, segeralah dibawa ke dokter yang lebih professional.

Tags: , ,

Related to Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak