Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir

Post On: 26 April 2017
April 26, 2017

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir – Untuk bunda yang baru memiliki momongan pastinya ingin bayinya selalu sehat dan terhindar dari beragam penyakit. Akan tetapi terkadang keadaan tidak berdamai dengan keinginan. Terkadang bayi yang baru lahir juga mengalami masalah yang membuat bunda tentu saja akan pusing tujuh keliling dibuatnya.

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir

Salah satu masalah yang sering dialami oleh bayi baru lahir adalah batuk. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ketika bayi batuk dijamin bunda akan bingung apalagi bunda yang baru pertama kali memiliki anak bayi. Mengatasi batuk pada bayi dengan obat atau ramuan herbal tentu tidak mungkin karena kondisi fisik bayi yang masih sangat halus. Lalu seperti apa kira-kira pertolongan pertama untuk mengatasi batuk pada bayi yang baru lahir?

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir  

Bagi bunda yang memiliki bayi baru lahir kemudian mengalami kondisi batuk, ada beberapa cara alami yang bunda bisa lakukan untuk mengatasinya. Beberapa cara mengatasi batuk pada bayi baru lahir tersebut diantaranya :

Berikan ASI

Tak ada obat terbaik untuk bayi baru lahir kecuali ASI. ASI adalah sumber makanan dan sumber obat terbaik untuk keluh kesah bayi. Ketika bayi batuk, Anda tetap berikan ASI dan jangan sampai kurangi pemberian ASI karena ini akan menjadi sumber energi sekaligus obat yang sangat baik untuk kesehatan bayi Anda. Anda hindari memberikan ASI menggunakan botol, ketika bayi menghisap melalui botol saluran eustachius bayi akan tetap terbuka dan ini yang beresiko memberikan penyebaran bakteri ke telinga bayi. Karena itu ada baiknya dan disarankan untuk memberikan ASI dari kantong susu bunda secara langsung karena ini sangat baik untuk kesehatan bayi secara menyeluruh.

BACA  Perawatan Khusus Untuk Anak Autisme

Jemur bayi di pagi hari

Menjemur bayi pada pagi hari adalah kegiatan yang sangat baik untuk bayi. Sinar matahari pagi memberikan kehangatan yang baik bagi bayi dan juga dapat membuat bayi lebih sehat. Waktu terbaik untuk menjemur bayi pada waktu pagi adalah sekitar jam 6 sampai dengan pukul 7.30.

Tepuk punggung bayi ketika terjadi batuk

Ketika bayi mengalami kondisi batuk, ada baiknya Anda tepuk punggung bayi dengan sangat perlahan. Anda letakkan bayi di pangkuan Anda kemudian sedikit miringkan posisinya dan tepuk punggungnya. Efek menenangkan juga akan didapatkan bayi dari hal ini.

Konsultasi

Terakhir yang Anda bisa lakukan adalah dengan berkonsultasi kepada dokter yang menangani kesehatan bayi Anda. Dengan begini Anda akan tahu secara menyeluruh tentang kesehatan bayi Anda dan tindakan setelah ini yang bisa Anda lakukan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir bermanfaat.

Tags:

Related to Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir