Cara Mengatasi Bau pada Kaki Secara Alami

Post On: 25 February 2016
February 25, 2016

Bau kaki dapat menurunkan secara drastis tingkat kepercayaan diri anda. Disamping akan menjadi gelisah, bau kaki akan menghambat anda untuk bergaul atau bersosialisasi dengan banyak orang. Bau kaki dapat terjadi karena kebiasaan sehari – hari and ayang tidak tepat.

Misalnya dengan menggunakan sepatu atau kaos kaki yang lembab atau tidak mencuci kaki anda setelah memakai sepatu atau kaos kaki, sehingga keringat masih menempel di kaki anda.

Cara Mengatasi Bau Kaki Saat Pakai Sepatu Secara Alami

Sebelum masalah ini semakin menjauhkan anda dari dunia sosial anda, segera atasi problematika bau kaki ini dengan cara mengatasi bau kaki secara alami. Cara alami dipilih sebagai cara mengatasi kaki yang bau karena disamping mudah, hasilnya pun memuaskan, asalkan anda melakukannya secara rutin. Cara –cara alami yang dapat anda pilih adalah sebagai berikut ini :

– Menggunakan baking soda

Gunakan waktu luang anda untuk sesekali mencoba merendam kaki anda di dalam air yang telah dicampur dengan baking soda. Baking soda membantu meminimalisir jumlah bakteri yang dapat menyebabkan bau pada kaki anda.

– Mengonsumsi cukup zinc dan magnesium

Kekurangan dua jenis nutrisi ini akan mengakibatkan tubuh anda mengalami peningkatan bau. Jadi tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan dua jenis nutrisi ini. Beberapa jenis makanan yang dapat dipilih adalah daging sapi, labu, ikan salmon, kacang – kacangan, atau dengan meminum secara langsung suplemen –suplemen makanan yang telah mengandung kedua jenis mineral ini.

cara-mengatasi-bau-kaki-saat-pakai-sepatu-alami

– Memilih kaos kaki yang tepat

Terutama bagi anda yang mudah berkeringat, pilihlah kaos kaki yang berbahan dasar katun. Kaos kaki yang berbahan dasar katun akan menyerap keringat berlebih pada kaki anda sehingga akan meminimalisir bau yang diakibatkan oleh keringan pada kaki anda.

BACA  Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma Kambuh tanpa Inhaler

– Merendam kaki

Melakukan perendaman pada kaki menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon dapat dipilih sebagai cara mengatasi bau pada kaki. Cukup dengan menyiapkan baskom yang berisi air dan ditabahkan perasan keruk nipis atau jeruk lemon. Lakukan perendaman selama 15 hingga 25menit.

– Menaburi kaki dengan bubuk kopi

Cara ini memang terdengar unik dan tidak biasa tetapi patut untuk dicoba. Taburi kaki anda dengan bubuk kopi. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan.

– Membersihkan kaki secara teratur

Membersihkan kaki secara rutin dan teratur akan membantu mengatasi masalah bau kaki anda. Cuci kaki dengan menggunakan sabun anti bakteri terutama setelah anda menggunakan sepatu. Selain bertujuan membunuh kuman, juga untuk menghilangkan keringat pada kaki yang dapat memicu timbulnya bau kaki anda.

Selalu ingat untuk memotong kuku kaki anda secara rutin. Kuku dapat menampung kotoran yang bercampur dengan bakteri dan keringat yang akan menimbulkan bau pada kaki anda, karenanya hindari hal tersebut dengan memotong kuku kaki secara rutin dan menjaganya selalu bersih.

– Menggunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih

cara mengatasi bau kaki saat pakai sepatu dapat dilakukan dengan menjaga sepatu dan kaos kaki yang anda pakai tetap bersih. Simpan sepatu dan kaos kaki anda secara benar. Hindari menggunakan sepatu atau kaos kaki yang lembab dan lakukan pergantian sepatu dan kaos kaki secara rutin, misalnya satu atau dua kali dalam seminggu.

Setelah tahu beberapa cara mengatasi bau kaki, tentunya anda tidak perlu lagi takut bau kaki akan mengganggu pergaulan anda. Tetaplah percaya diri untuk selalu bersosialisasi dengan orang – orang di lingkungan sekitar anda dan jagalah cara hidup anda tetap sehat dan tepat.

Related to Cara Mengatasi Bau pada Kaki Secara Alami