Cara Mengatasi Bisul pada Ketiak dan Wajah Secara Alami

Post On: 9 March 2016
July 30, 2016

Bisul merupakan suatu penyakit kulit dimana kulit anda mengalami peradangan dan membengkak serta berisi darah dan nanah. Bisul disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui pori – pori kulit dan kemudian menyerang akar rambut. Pada awalnya kulit akan tampak kemerahan, baru setelah itu akan muncul benjolan kecil yang terasa sakit apabila disentuh.

Bisul dapat terjadi di mana saja, di kaki, paha, ketiak atau wajah. Apabila anda memiliki bisul yang mengganggu anda, pastikan anda tidak menyentuhnya atau menekannya karena akan menimbulkan penyebaran bakteri ke tempat lain yang akan menyebarkan bisul anda.

Cara Mengatasi Bisul Secara Alami

Beberapa cara mengatasi bisul secara alami ini dapat anda lakukan :

– Parutan mentimun

Siapkan satu buah mentimun dan biji pala, lalu parutlah. Bungkus parutan tadi dalam daun pisang dan pangganglah. Balurkan ramuan tadi ketika masih hangat. Lakukan dua kali sehari hingga bisul anda sembuh.

– Bawang putih

Bawang putih mengandung antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab bisul anda. tumbuh bawang putih hingga halus dan balurkan pada bisul anda.

cara-mengatasi-bisul-wajah-ketiak-alami

– Daun cabe

Selain bawang putih, daun cabe juga dapat anda gunakan. Siapkan beberapa lembar daun cabe yang sudah dicuci dan minyak kelapa. Tumbuk daun cabai sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa lalu balurkan pada bisul anda.

– Daun sirih

Daun sirih dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengobati bisul anda. ambilnya 6 hingga 7 lembar daun sirih dan tumbuk hingga halus, lalu balurkan pada bisul anda.

– Daun bayam

Cara yang sama bisa anda lakukan pada daun bayam. Ambil beberapa lembar daun bayam dan tumbuklah, campurkan sedikit garam lalu tempelkan pada bisul anda. cara ini akan memberikan efek dingin pada kulit anda namun terasa panas pada bisul anda. lakukan cara ini beberapa kali sehari hinga bisul anda sembuh.

– Hindari makanan mengandung protein

Makanan yang tinggi protein seperti telur dapat menyebabkan timbulnya bisul. Anda tetap dapat mengkonsumsinya, namun jangan berlebihan.

BACA  Beberapa Penyebab Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

Cara Mengatasi Bisul pada Wajah dan Ketiak

Bisul dapat muncul dimana saja, sehingga akan mengganggu aktivitas anda. bisul pada wajah dan ketiak dapat mengganggu penampilan anda.

Cara mengatasi bisul pada wajah dapat anda lakukan dengan salah satu cara di atas. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan wajah anda dengan mencucinya secara teratur. Anda dapat menggunakan krim antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab bisul di wajah anda.

Selain pada wajah, bisul juga kerap kali muncul di ketiak anda. Bisul di ketiak terjadi karena infeksi pada folikel rambut yang terjadi ketika mencukur bulu ketiak. Bisul pada ketika akan menimbulkan rasa nyaman dan sakit, namun bisul ini akan melunak seiring waktu. Beberapa saran ini dapat anda jadikan acuan cara mengatasi bisul di ketiak anda.

Menusuk bisul merupakan tindakan minor yang dilakukan oleh dokter. Cara ini juga dapat anda coba untuk mengatasi bisul anda, gunakan silet yang steril untuk menyayat dan mengeluarkan nanah hingga kering, lalu tutupi dengan kain kasa.

Gunakan kompres air hangat untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Anda bisa menambahkan sedikit garam pada air anda lalu gunakan untuk mengompres menggunakan kasa steril.

Pastikan anda menjaga kebersihan kulit. Cuci bisul anda dengan air hangat dan gunakan krim antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab bisul.

Bisul akan melunak dan pecah seiring waktu. Cara mengatasi bisul yang sudah pecah dapat anda lakukan dengan menggunakan kompres air hangat selama kurang lebih 15 menit. Lakukan pengkompresan beberapa kali sehari secara rutin.

Mencegah timbulnya bisul sebenarnya dapat anda lakukan dengan memastikan kulit anda tetap bersih. Namun apabila bisul sudah terlanjur muncul di tubuh anda, cara mengatasi bisul di atas dapat pilih sebagai pengobatan alami anda.

Related to Cara Mengatasi Bisul pada Ketiak dan Wajah Secara Alami