Cara Mengatasi Buta Warna Sebagian/Parsial Secara Alami

Post On: 9 March 2016
July 30, 2016

Jika anda mengalami buta warna bukan berarti hanya bisa melihat warna hitam dan putih. Pada penderita buta warna, mata akan mengalami kekurangan kemampuan penglihatan atas warna. Mata anda tidak akan dapat melihat warna seperti halnya mata normal, diakibatkan karena hilangnya salah satu pigmen warna tertentu pada mata. penderita buta warna berlomba mencari cara mengatasi buta warna karena hal ini biasanya santa mengganggu dan mengalami kesulitan ketika melihat warna merah, hijau atau biru.

Beberapa orang bahkan tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami buta warna sebelum melakukan tes buta warna. Buta warna dapat terjadi sebagai suatu kelainan genetik, karena penyakit atau efek samping dari pengunaan obat atau bahan kimia tertentu.

Buta warna dapat secara total sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat warna sama sekali. Kasus ini sangat jarang terjadi. Kebanyakan orang hanya mengalami buta warna parsial yang hanya tidak mampu melihat satu atau dua warna utama.

Cara Mengatasi Tes Buta Warna Parsial

Tipe buta warna yang paling umum adalah buta warna merah – hijau. Seseorang yang mengalami tipe buta warna ini akan sulit membedakan gradasi warna merah, kuning dan hijau. Dalam beberapa kasus, juga akan sulit membedakan warna merah dan hitam.

cara-mengatasi-buta-warna-sebagian-alami

Kemungkinan mengalami buta warna ini lebih tinggi dialami oleh pria dibandingkan wanita. Tipe buta warna lain adalah buta warna biru – kuning. Meski jarang terjadi, baik pria dan wanita memiliki potensi yang sama untuk mengalami buta warna ini.

Seseorang yang mengalami buta warna ini akan mengalami kesulitan untuk membedakan gradasi warna biru hingga hijau, warna kuning akan dapat terlihat sebagai warna abu – abu atau ungu sementara warna hijau akan tambah kebiruan. Pendiagnosaan terhadap buta warna dapat dilakukan dengan tes Ishihara dan tes penyusun. Tes Ishihara sangat umum digunakan untuk mendiagnosa buta warna.

Namun tes ini hanya dilakukan untuk mendiagnosa kondisi buta warna merah – hijau. Tes penyusun dilakukan dengan menyusun objek warna dalam gradasi warna yang berbeda. Pasien akan diminta untuk menyusun objek warna sesuai dengan gradasi warna yang dilihatnya.

Kini, tes buta warna telah menjadi tes wajib saat melamar kerja atau melamar sekolah di perguruan tinggi. Bagi anda yang mengalami buta warna, cara mengatasi tes buta warna dapat anda lakukan dengan mempelajari tes Ishihara sebelumnya. Cobalah untuk menghafal pola gambar, anda bisa meminta bantuan teman anda ketika berlatih.

BACA  Cara Alami Mengatasi Burket di Ketiak Berlebih

Anda bisa mencobanya dengan penerangan lilin. Ini akan membantu fokus mata anda. Lakukan latihan di ruangan terbuka dan beri jarak baca yang jauh, sekitar 4 hingga 5 meter. Anda bisa menggunakan mika merah sebagai alat bantu.

Cara mengatasi buta warna parsial dapat dilakukan dengan menggunakan kacamata atau softlens khusus. Namun sebelum anda menggunakannya, ada baiknya jika anda mencoba beberapa cara mengatasi buta warna secara alami di bawah ini :

– Konsumsi buah buahan

cobalah untuk mengonsumsi buah – buahnya yang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata anda. Anda bisa memilih buah pepaya, wortel, apel, belimbing atau buah naga. Buah – buah ini dapat membantu anda mengatasi buat warna anda karena mengandung lutein. Lutein merupakan salah satu pigmen karotenoid yang dipercaya dapat membentuk pigmen kuning retina.

Buah berry juga bisa anda pilih. Buah berry mengandung karotenoid, flavonoid serta berbagai jenis vitamin dan mineral yang berfungsi penting untuk kesehatan mata anda.

– Susu kambing dan susu sapi

mengonsumsi susu kambing atau susu sapi dapat mengurangi tingkat keparahan buta warna pada mata anda. Cobalah untuk mengonsumsi susu kambing dan susu sapi setiap hari untuk meringankan buta warna mata anda.

– Bawang merah

Bawang merah dipercaya dapat mengatasi buta warna. Lakukan dengan menggosokkan bawang merah pada kelopak mata anda. Cara ini akan menimbulkan efek pedih pada mata anda namun dipercaya dapat mengobati buta warna anda.

Cara – cara di atas dapat anda pilih sebagai cara mengatasi buta warna sebagian. Meski tidak mampu mengobati buta warna anda sepenuhnya, cara – cara di atas dapat membantu mengurangi keparahan buta warna anda.

apabila cara – cara alami di atas tidak cukup membuat anda puas, penggunaan kacamata dan softlens yang dikhususkan bagi menderita buta warna dapat menjadi pilihan cara mengatasi buta warna anda.

Related to Cara Mengatasi Buta Warna Sebagian/Parsial Secara Alami