Cara Mengatasi Gangguan Rasa Kecemasan Ketakutan Berlebihan

Post On: 16 April 2016
April 16, 2016

Kecemasan bisa dialami oleh siapa saja dalam situasi apapun atau dimanapun. Hal ini merupakan kondisi psikologis yang wajar. Namun gangguan kecemasan yang berlebih akan menjadi semakin sulit dikendalikan dan menjadi kondisi gangguan psikologis yang patut diwaspadai. Jika anda kerap mengalaminya, beberapa cara mengatasi kecemasan berlebihan akan membantu anda.

Kesehatan mental yang baik diindikasikan dari kondisi batin yang tentram dan tenang sehingga bisa menghadapi berbagai situasi dan keadaan hidup. Seseorang yang sehat secara mental akan mampu menggunakan setiap kemampuan dan potensi yang dimiliki untuk menghadapi berbagai tantangan hidup serta membentuk hubungan yang positif dengan lingkungan sekitar.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan dan Ketakutan Berlebihan

Beberapa gangguan psikologis termasuk stress dan gangguan kecemasan menjadi menghalang aktifitas dan proses sosialisasi kita dengan orang – orang di lingkungan sekitar. Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya akan menjadi sulit tidur, gemetar, mengeluarkan keringan berlebih, otot menjadi tegang, jantung berdebar hingga sesak nafas.

Gangguan kecemasan yang anda alami bisa diatasi dengan cara mengatasi gangguan kecemasan berikut ini :

1. Tidur yang cukup

cara-mengatasi-gangguan-rasa-kecemasan-ketakutan-berlebihan

Tidur yang cukup memberikan tubuh waktu untuk merecovery kemampuan fisik dan psikis. Dengan tidur yang cukup dan konsisten, kondisi kejiwaan juga akan menjadi sehat dan terhindari dari gangguan psikologis seperti kecemasan, stress atau depresi. Tidur yang cukup juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara fisik.

2. Mengatur nafas

Ketika anda mengalami gangguan kecemasan, akan timbul beberapa gejala seperti jantung berdebar dan sesak nafas. Cara mengatasi kecemasan dan ketakutan itu adalah dengan mengatur nafas anda. Cobalah untuk menarik nafas panjang dan kuat lalu melepaskannya perlahan, lakukan beberapa kali hingga tubuh anda merasa nyaman kembali. Cara ini bisa membantu memberikan sinyal kepada otak untuk merilekskan kerja jantung dan paru – paru sehingga tubuh akan terelaksasi.

BACA  Cara Praktis Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

3. Meditasi

Melakukan meditasi juga bisa menjadi langkah tepat mengatasi gangguan kecemasan. Meditasi terbukti mampu menyelaraskan tubuh dan berefek positif untuk mengurangi gejala stress, kesemasan dan gangguan mood. Meditasi juga dipercaya mampu meningkatkan kemampuan kecerdasan otak.

4. Bermain dan mencari hiburan

Bermain dan mencari hiburan bisa menjadi cara mengatasi gangguan psikologis termasuk kecemasan. Bermain atau dengan mencari hiburan lain yang anda sukai bersama dengan orang – orang terdekat akan memberikan ketenangan dan kenyamanan pada tubuh dan jiwa anda. Cara ini juga akan menghindarkan anda dari kemungkinan kesulitan bersosialisasi akibat gangguan kecemasan yang berlebih.

5. Diam

Jadwalkan diri anda dimana anda bisa menjadi benar – benar diam dan tidak melakukan apapun. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi rasa cemas yang baik. Matikan smartphone atau laptop anda dan jangan biarkan orang lain mengganggu waktu diam anda. Gunakan waktu anda untuk merelaksasi diri. Anda tidak memerlukan waktu yang banyak untuk melakukannya, cukup selama 10 hingga 30 menit pada saat – saat dimana anda harus bekerja ekstra.

6. Aromatherapi

Arometherapi dipercaya mampu menenangkan kondisi mental dan kejiwaan serta menjernihkannya. Cobalah untuk mencari wewangian yang anda sukai seperti kasturi. Cara ini akan membantu anda mengurangi gangguan kecemasan yang bisa muncul kapan saja dan dimana saja.

Cara di atas bisa menjadi pilihan cara mengatasi kecemasan yang bisa anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Menjaga kesehatan psikologis merupakan hal yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik anda. Jangan biarkan lingkungan dan pekerjaan anda mengganggu kestabilan kesehatan mental anda. Jadi pastikan anda menjaganya dengan menjaga rasa bahagia dan nyaman anda.

Related to Cara Mengatasi Gangguan Rasa Kecemasan Ketakutan Berlebihan