Cara Mengatasi Gejala Penyakit Hernia Tanpa Operasi Alami

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Pernahkan anda mendengar tentang hernia ? Hernia merupakan kondisi dimana organ tubuh yang mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan disekitarnya melemah sehingga tidak cukup kuat untuk menahan organ tubuh tertentu tetap dalam lokasinya. Hernia dapat terjadi pada berbagai organ seperti Hernia femoralis yang terjadi karena jaringa lemak dan sebagian usus mencuat ke bagian atas paha dalam atau selangkangan.

Ada juga Hernia umbilikalis yang terjadi ketika jaringan lemak dan sebagian usus menjulur keluar di dekat pusar, herinia insisi yang terjadi saat ada jaringan yang mencuat lewat luka operasi yang belum sembuh atau hernia epigastrik yang terjadi saat ada jaringan lemak yang mencuat keluar dari abdomen di antara pusar dan tulang dada bagian bawah.

Cara Mengatasi Penyakit Hernia Tanpa Operasi secara Alami

Cara mengatasi penyakit hernia adalah dengan mereposisi organ atau jaringan ke posisi semula. Hal ini bisa dilakukan dengan tindakan operasi sesuai dengan kasus hernia yang terjadi. Tetapi tidak semua hernia membutuhkan tindakan operasi sebagai terapinya. Tindakan operasi yang dilakukan dipengaruhi oleh beberapa keputusan seperti isi hernia, gejala yang dialami serta letak hernia.

Hernia biasanya tidak menimbulkan gejala namun pada beberapa kasus akan menimbulkan rasa sakit. Hernia dalam kasus yang ringan bisa diatas dengan cara mengatasi penyakit hernia tanpa operasi dengan menggunakan beberapa cara berikut ini :

1. Akar bunga matahari

cara-mengatasi-gejala-penyakit-hernia-alami

Akar bunga matahari dipercaya mampu mengatasi hernia. Untuk membuat ramuan obatnya anda harus terlebih dahulu menyiapkan 30 gram akar bunga matahari, 10 gram biji jeruk dan 1 buah biji mangga kering. Cuci semua bahan tersebut dan rebus dalam 600 cc air. Biarkan hingga tersisa kurang lebih setengahnya, kemudian saring dan tunggu hingga hangat. Minum ramuan ini selagi hangat dan lakukan secara rutin.

BACA  Ciri Ciri Gejala Orang Penyakit Anemia dan Penyebabnya

2. Rempah

Mengombinasikan beberapa rempah pilihan bisa menjadi cara mengatasi hernia secara alami. Bahan rempah yang digunakan adalah 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram biji adas, 15 gram lada, 15 gram biji jeruk mandarin dan 60 gram lidah buaya yang telah diblender. Campurkan semua bahan rempah kecuali jus lidah buaya dan rebus dalam 500 cc air hingga tersisa kurang lebih 250 cc. Saring air rebusan rempah tadi dan campurkan dengan jus lidah buaya kemudian diminum sekaligus.

Hernia terkadang menimbulkan gejala rasa sakit pada bagian tubuh yang mengalami hernia. Cara mengatasi gejala hernia dapat dilakukan dengan beberapa pilihan bahan berikut ini :

1. Jahe

Jahe dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat hernia. Membuat air rebusan jahe adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit gula atau madu.

2. Yogurt

Dengan meminum yogurt 3 kali sehari dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri akibat hernia. Yogurt merupakan susu yang telah mengalami proses fermentasi dan sudah terbukti memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh.

3. Akar manis

Campurkan satu sendok makan bubuk akar manis dalam satu gelas susu dan minum satu kali dalam satu minggu. Campuran susu dan akar manis ini dapat mempercepat proses penyembuhan hernia.

Cara mengatasi hernia di atas dapat anda coba. Pada kasus hernia yang ringan, belum diperlukan tindakan operasi, namun jika hernia menjadi terasa begitu nyeri dan mengganggu sebaiknya segera mengonsultasikannya dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat sesuai dengan pertimbangan yang diperlukan.

Related to Cara Mengatasi Gejala Penyakit Hernia Tanpa Operasi Alami