Cara Mengatasi Gejala Penyakit Stroke Ringan secara Alami

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terhenti akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak. Karena tidak mendapatkan pasokan darah, sel – sel otak akan mengalami kematian sehingga tidak lagi berfungsi normal, karena darah yang disuplay ke otak membawa oksigen dan nutrisi yang menjaga sel – sel otak dapat tetap hidup dan berfungsi normal.

Pada stroke ringan, otak masih mendapatkan suplay darah namun dalam jumlah yang kecil. Dalam bahasa medis, stroke ringan dinamakan dengan serangan iskemik transien atau transient ischemic attack (TIA) . Gejala yang muncul pada stroke ringan tidak berbeda dengan pada kasus stroke, dan dapat dilihat dengan mudah melalui wajah, lengan dan kemampuan bicara. Jika salah satu kerabat anda menunjukkan gejala demikian, beberapa cara mengatasi gejala stroke ringan ini akan membantu anda menanganinya.

Cara Mengatasi Stroke Ringan pada Wajah Secara Alami

Stroke ringan menimbulkan gejala yang berlangsung singkat, namun bukan berati tubuh tidak terancam. Seseorang yang mengalami stroke ringan memiliki harapan hidup yang rendah pada 9 tahun pertama. Mereka akan mengalami penurunan kemampuan bicara atau gerak karena otak mulai kehilangan fungsinya. Gejala lain yang juga akan timbul adalah kehilangan keseimbangan, pusing, kesulitan menelan atau pendangan menjadi kabur dan bahkan menjadi buta.

cara-mengatasi-gejala-penyakit-stroke-ringan

Penderita stroke ringan akan mudah dilihat dari kenampakan wajah dimana wajah dan mulut akan cenderung turun. Cara mengatasi stroke ringan pada wajah dapat dilakukan dengan memberikan obat – obat yang akan mencegah stroke menjadi lebih parah. Kelainan yang ditimbulkan akibat stroke ringan ini terjadi karena adanya gangguan inervasi saraf atau dysfungsi saraf facialis yang berkaitan dengan motorik wajah. Untuk mengatasinya anda bisa memberikan vitamin neurotropik yang membantu menjaga fungsi saraf.

Stroke ringan akan menjadi semakin parah seiring waktu, cara mengatasi penyakit stroke ringan dapat dilakukan dengan memberikan beberapa jenis obat seperti antiplatelet dan antikoagulan yang berfungsi mencegah pembekuan darah, antihipertensi yang digunakan untuk menangani hipertensi dan statin yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol tubuh. Beberapa cara berikut juga dapat dilakukan untuk menurunkan resiko stroke ringan menjadi semakin parah:

BACA  Makanan Sehat dan Dilarang Untuk Penderita Asam Urat

1. Menerapkan pola makan seimbang

Dengan memastikan makan makanan yang bergizi dan sehat bisa menjadi cara mengatasi stroke ringan secara alami yang aman. Batasi asupan garam serta lemak dan tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah – buahan dan sayur – sayuran.

2. Berolahraga

Dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup dan teratur dapat membantu menjaga kestabilan tubuh. Lakukan olahraga yang ringan tanpa menguras banyak tenaga. Lakukan setidaknya 2.5 jam setiap minggunya dan lakukan secara rutin dan teratur. Pastikan untuk selalu mengawasi kegiatan olah raga ini.

3. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman keras

Merokok dan mengonsumsi minuman keras secara berlebih bisa memicu stroke ringan menjadi semakin parah karenanya kedua cara ini tidak hanya akan menurunkan resiko stroke ringan tetapi juga penyakit – penyakit lainya.

4. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan dapat mengurangi resiko terkena stroke ringan. Stroke ringan dapat terjadi karena beberapa kondisi kesehatan seperti hipertensi, kolesterol tinggi serta diabetes. Untuk mengurangi keparahan stroke ringan, pastikan untuk selalu menghindarkan resiko terkena diabetes atau kolesterol tinggi dengan menjaga berat badan melalui makanan yang kita makan dan aktivitas yang kita lakukan.

Beberapa cara mengatasi stroke ringan di atas dapat anda lakukan tetapi akan lebih baik jika anda menjadikannya sebagai suatu langkah pencegahan yang akan menghindarkan anda dari gangguan kesehatan yang fatal ini.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Gejala Penyakit Stroke Ringan secara Alami