Cara Mengatasi Jantung Berdebar Debar Kencang secara Alami

Post On: 11 April 2016
June 5, 2017

Pernahkan anda mengalami sensasi ketika jantung anda berdegup sangat kencang? Jika iya, beberapa cara mengatasi jantung berdebar debar ini akan membantu anda.

Sensasi jantung berdegup lebih kencang atau dikenal dengan jantung berdebar bisa terjadi karena banyak penyebab. Beberapa hal yang memicu kondisi ini diantaranya adalah :

1. Panik

Pada saat anda mengalami kepanikan, jantung anda akan berdebar lebih kencang dan biasanya disertai dengan perasaan cemas, takut, gemetar, mual hingga keringat dingin.

cara-mengatasi-badan-lemas-jantung-berdebar-alami

2. Konsumsi obat – obatan

Mengonsumsi beberapa obat dapat memacu jantung berdetak lebih kencang, seperti beberapa jenis obat asma atau obat yang digunakan untuk menangani gangguan tiroid. Obat batuk yang mengandung stimulan pseudoephedrine juga dapat mengakibatkan jantung berdebar.

3. Kebiasaan hidup

Pada beberapa gaya hidup seperti ketika anda berolah raga atau sedang terburu – buru, jantung akan terpacu lebih cepat. Pada situasi lain seperti ketika anda merasa terlalu gembira atau terlalu cemat juga bisa memicu kondisi ini. Hal ini dikarenakan hormon adrenalin akan terlepas dari tubuh dan membuat kerja jantung meningkat.

Beberapa makanan seperti makanan pedas, merokok dan minuman berkafein juga dapat memicu jantung berdebar.

4. Kondisi kesehatan dan fisiologis tubuh

Beberapa kondisi fisiologi seperti perubahan hormon pada wanita juga bisa menjadi pemicu jantung berdebar. Tidak hanya itu, beberapa kondisi kesehatan seperti anemia, dehidrasi, kadar gula rendah, demam hingga gangguan jantung juga dapat memicu peningkatan kerja jantung.

Cara Mengatasi Badan Lemas Jantung Berdebar Kencang Secara Alami

Cara mengatasi jantung berdebar kencang yang paling tepat adalah dengan mengeliminasi penyebabnya, yaitu dengan beberapa cara berikut :

1. Mengurangi kecemasan

Jantung berdebar bisa dipicu oleh keadaan cemas atau stress yang dialami tubuh. Untuk mengatasinya cobalah untuk merelaksasi tubuh anda dengan menarik nafas dalam, meditasi, yoga atau aromaterapi. Masing – masing orang memiliki cara sendiri untuk mengatasi kecemasan mereka.

2. Menghindari stimulan

BACA  Beberapa Penyebab Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

Jantung berdebar yang terjadi karena beberapa jenis makanan dan minuman dapat diatasi dengan menghindari objek – objek pemicu tersebut, misalnya dengan mengurangi rokok, minuman serta makanan berkafein atau bahkan obat – obat yang tengah anda konsumsi seperti beberapa obat flu. Sebaiknya, berhati – hatilah ketika anda meminum minuman berenergi karena minuman ini dapat memacu kerja jantung untuk menghindari kelelahan. Namun tubuh anda tetap memiliki batas kemampuan dan harus direcovery secar teratur dengan istirahat yang cukup.

3. Duduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung

Ketika jantung berdebar menyerang anda, duduk bisa menjadi cara mengatasi jantung berdebar secara alami yang aman. Namun kali ini anda harus mengambil sikap duduk yang berbeda, yaitu dengan meletakkan kaki anda lebih tinggi dari jantung. Anda bisa melakukannya dengan mengangkat tinggi kaki anda sambil menarik dan membuang nafas pelan dan teratur.

4. Tidur cukup dan berkualitas

Apabila anda sering mengalami jantung berdebar, tidur bisa menjadi solusi tepat anda. dengan memenuhi waktu tidur yang cukup, tubuh akan memiliki waktu untuk beristirahat. Meskipun jantung tidak pernah berhenti bekerja tetapi penurunan aktifitas ketika kita tidur akan membantu meringankan kerja jantung. Dengan tidur, kita tentu juga akan terhindar dari kelemahan dan kelelahan yang dirasakan oleh tubuh, sehingga tidur yang cuku menjadi pilihan tepat cara mengatasi badan lemas jantung berdebar.

Mnegatur gaya hidup yang sehat bisa membantu mengoptimalkan kerja jantung. Selalu pastikan anda memiliki pola hidup yang sehat seperti dengan memberikan tubuh asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, berolah raga rutin, menghindari makanan kaya kadar gula serta makanan dan minuman lain yang tidak baik bagi kesehatan jantung anda.  Tetapi jika sewaktu – waktu jantung anda berdebar, pilihan cara mengatasi jantung berdebar di atas akan siap membantu anda mengatasinya.

Related to Cara Mengatasi Jantung Berdebar Debar Kencang secara Alami