Cara Mengatasi Karang Gigi yang Menumpuk Alami Tradisional

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Jika plak pada gigi tidak dibersihkan secara sempurna, makan akan membentuk karang gigi pada gigi anda. Karang gigi merupakan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Plak gigi akan terbentuk ketika bakteri pada mulut bercampur dengan protein dan sisa – sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Jadi anda memerlukan cara mengatasi karang gigi yang menumpuk untuk mengembalikan kondisi dan kesehatan gigi anda.

Karang gigi dapat merusak gigi karena memudhkan proses pemecahan enamel gigi yang akan membuat gigi menjadi mudah berlubang dan rusak. Efek lain yang mungkin ditimbulkan adalah radang gusi atau gingivitis hingga menjadi periodontitis. Tidak hanya sampai disini, kerusakan pada gigi dan gusi juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Cara Mengatasi Karang pada Gigi Secara Alami dan Tradisional

Munculnya karang gigi bisa dicegah dengan beberapa hal berikut :

1. Rutin menggosok gigi

Menggosok gigi yang disarankan adalah setelah sarapan dan sebelum tidur. Dengan menggosok gigi akan membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Cara ini juga akan menghindarkan terbentuknya karang gigi sehingga gigi akan tetap sehat dan bersih.

cara-mengatasi-karang-gigi-menumpuk-alami-tradisional

2. Terlalu sering makan makanan yang manis

Makanan yang terlalu manis akan cenderung lengket pada sisi dan sulit untuk dibersihkan sehingga akan memicu terbentuknya karang gigi.

3. Merokok

Tembakau dan asap rokok dapat menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning

Apabila tidak segera diatasi, karang gigi bisa merusak penampilan dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Beberapa cara mengatasi karang pada gigi ini dapat menjadi solusi bagi anda

1. Menggosok gigi secara rutin

Dengan menggosok gigi, maka sisa makanan yang tertinggal pada gigi akan hilang. Dengan menjaga gigi tetap bersih, akan mengurangi resiko terbentuknya karang gigi. Berkumur juga disarankan untuk dilakukan karena hal sepele ini dapat membantu menghilangkan sisa – sisa makanan yang tertinggal pada gigi.

BACA  Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional

2. Menggunakan kulit jeruk

Kulit jeruk ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi yakni dengan menggosok kulit jeruk secara berulang – ulang. Lakukan secara rutin karena cara ini merupakan cara mengatasi karang gigi secara alami yang ampuh.

3. Mengunyah buah dan sayur

Mengunyah buah dan sayur seperti melon, wortel atau seledri dapat membantu membersihkan gigi secara alami. Tidak hanya itu, karena mengunyang buah dan sayuran itu juga dapat memperkuat dan menyehatkan gigi.

4. Tomat dan strawberry

Tomat dan strawberry dipercaya mampu membsntu menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri pada mulut. Untuk menggunakannya, oleskan tomat atau strawberry pada gigi dan biarkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas mulut dengan menggunakan campuran air hangat dan baking soda. Cara ini bisa menjadi solusi cara mengatasi karang gigi secara tradisional yang ampuh.

5. Biji wijen

Mengunyah perlahan segenggam biji wijen selama kurang lebih 4 hingga 5 menit bisa menjadi pilihan solusi mengatasi karang gigi anda, tetapi jangan menelan dan memakan wiji wijennya. Setelah mengunyahnya, sikat gigi anda menggunakan wiji wijen yang anda kunyah. Biji wijen berfungsi sebagai scrub alami yang membantu membersihkan, memoles gigi dan menghilangkan karang gigi pada gigi anda.

Cara mengatasi karang gigi di atas bisa menjadi pilihan solusi yang bisa anda lakukan. Sertai dengan minum air putih yang cukup setelah makan , karena akan membantu mencuci keluar sisa makanan di mulut. Jika anda terbiasa merokok, ada baiknya jika anda mengurangi atau menghilangkan kebiasaan anda karena selain memicu terbentuknya karang gigi, rokok juga akan mengganggu kesehatan tubuh anda.

Related to Cara Mengatasi Karang Gigi yang Menumpuk Alami Tradisional