Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak Balita

Post On: 22 November 2016
November 2, 2016

Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak Balita – Kebanyakan orang akan merasa gemas dengan sosok balita dengan tubuh yang gendut. Hal itulah yang membuat kebanyakan orangtua membiarkan anaknya tumbuh sehat dengan berat badan yang terus bertambah setiap harinya. dan tanpa disadari, beberapa anak tersebut mengalami kelebihan berat badan dan pastinya juga membahayakan kesehatan si kecil tersebut.

Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak Balita

Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak Balita

Nah mulai dari saat ini, jika bunda mulai merasa bahwa si kecil mengalami kelebihan berat badan, ada baiknya jika kamu segera mengkonsultasikan kepada dokter. Dari informasi dokter inilah kamu bisa tahu bagaimana cara menghitung berat badan si kecil yang ideal dan memutuskan bahwa si kecil kamu mengalami kelebihan berat badan atau tidak.

Jika dokter mengatakan bahwa anak kamu mengalami kelebihan berat badah, jangan khawatir. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa bunda lakukan untuk bisa menurunkan berat badan si kecil. Ada dua hal penting yang bisa dilakukan dalam menurunkan berat badan adalah membuat si kecil untuk gemar melakukan berbagai aktifitas yang melibatkan fisik dan mengatur asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya.

Menurunkan berat badan untuk si kecil dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas olahraga. Dalam satu hari, pastikan bahwa si kecil melakukan gerakan aktif selama waktu kurang lebih 30 menit. Nah pasti salah satu kesulitan bunda untuk membuat si kecil ini melakukan olahraga adalah terkadang si kecil tidak mau melakukannya. Sebagai bunda yang kreatid kamu bisa membuat aktiftas atau berbagai permainan yang menuntut si kecil untuk melakukan gerakan, misalnya saja menaruh barang – barang kesayangannya di tempat yang sedikit jauh sehingga si kecil akan berjalan untuk mencari dan mengambilnya.

BACA  Ciri Ciri Penyakit Asma Kambuh Akut pada Bayi dan Anak

Dan yang tidak kalah penting adalah bunda harus membatasi waktu menonton televisi dan bermain gadget setiap harinya. kedua hal tersebut seringkali membuat si kecil enggan untuk melakukan gerakan fisik dan hanya diam saja. Akibatnya si kecil menjadi malas dan pasif. Ada baiknya jika dalam satu hari, bunda memberikan kesempatan waktu selama satu atau dua jam saja untuk si kecil bermain gadget dan menonton tv.

Selain itu, bunda juga bisa memastikan bahwa si kecil memiliki waktu tidur yang cukup. Pasalnya kurang tidur ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya kegemukan pada balita.

Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak Balita

Cara yang kedua adalah dengan mengatur pola makan si kecil. Misalnya saja dengan mengurangi porsi camilannya. Bunda bisa mengganti camilannya dengan buah – buahan, rice cake, atau bisa juga oatcake yang lebih sehat.

Selain itu, bunda juga harus membatasi asupan susu formula yang masuk kedalam tubuh si kecil. Dalam satu hari, si kecil hanya membutuhkan antara 350 sampai 500 ml saja. Bunda bisa mengurangi asupan susu ini dengan cara memberikannya dalam sebuah gelas, bukan dalam bentuk botol.

Itulah beberapa cara mengatasi kegemukan pada anak balita. Semoga informasi ini berguna bagi para bunda saat memperhatikan perkembangan serta pertumbuhan sang buah hati tercinta.

Tags: ,

Related to Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak Balita