Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal dan Bau Tidak Sedap

Post On: 9 March 2016
July 30, 2016

Bagi anda para wanita, pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan kerap kali disertai dengan rasa gatal dan baru tidak sedap yang mengganggu. Jadi, bagaimana cara mengatasi keputihan yang gatal dan bau tidak sedap supaya tidak mengganggu kenyamanan anda ?

Keputihan sebenarnya merupakan kondisi normal yang dilakukan tubuh untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Ketika mengalami keputihan, servic dan kelenjar dalam “area wanita” akan memproduksi lendir dan akan keluar dari “area wanita” bersama dengan sel – sel mati serta bakteri. Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih – putihan, tidak berbau dan tidak disertai rasa gatal atau perih pada “area wanita”.

Jadi apabila anda mengalami keputihan yang disertai rasa gatal, anda perlu mewaspadai kondisi ini. Anbormalitas lain dari keputihan dapat anda amati melalui perubahan warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebih, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal menstruasi serta rasa gatal dan nyeri.

Cara Alami Mengatasi Keputihan yang Gatal

Supaya tidak mengganggu aktivitas anda, cara mengatasi keputihan yang gatal secara alami dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan – bahan berikut :

– Kunyit

cara-mengatasi-keputihan-gatal-bau-tak-sedap-alami

Kunyit akan membantu mengatasi bakteri yang menjadi penyebab keputihan. Anda bisa meminum air kunyit setiap hari untuk mengatasi keputihan.

– Bawang putih

Sama halnya dengan kunyit, bawang putih juga bersifat sebagai anti bakteri. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung sehingga kandungan alaminya tidak hilang.

– Daun sirih

Memakan bawang putih mungkin terasa sedikit aneh karena rasanya yang tidak biasa. Anda bisa mencoba menggunakan daun sirih sebagai cara mengatasi gatal karena keputihan. Cara ini mudah dan aman, cukup dengan merebus daun sirih dan meminum air rebusannya. Air rebusan daun sirih juga dapat anda gunakan untuk membersihkan “area wanita” anda.

– Akar mawar dan akar bayam

Anda dapat mencoba meminum air rebusan akar mawar atau akar bayam untuk mengatasi keputihan anda. Anda dapat melakukannya setiap hari untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal

BACA  Cara Mengatasi Penyakit Kurang Darah Secara Alami

– Pisang

Pisang dapat anda pilih sebagai cara alami mengatasi keputihan yang gatal. Cukup hanya dengan memakannya. Mudah bukan. Pisang akan membantu mengusir bakteri pada “area wanita” dan mencegah anda mengalami keputihan yang tidak normal.

– Biji ketumbar

Anda bisa merendam biji ketumbar dalam air minum anda setiap hari. Cara ini bisa menjadi cara mudah dan tepat untuk mengatasi keputihan anda yang tidak normal.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Penyakit Kurang Darah secara Alami

Cara Mengatasi Bau pada Kaki Secara Alami

Cara Mengatasi Telat Haid

Cara Mengecilkan Perut Buncit setelah Melahirkan

Keputihan memang merupakan proses normal dalam tubuh, tetapi akan lebih baik jika anda mencegahnya dengan beberapa cara mudah berikut ini :

– Menggunakan pembalut yang benar

Gantilah pembalut anda selama empat jam sekali. Cara ini bisa membantu mengatasi keputihan.

– Menjaga kelembapan “area wanita”

Menjaga kelembapan dan kebersihan “area wanita” dapat membantu menghindarkan organ kewanitaan anda dari bakteri dan jamur. Anda bisa menggunakan antiseptik untuk membersihkan organ kewanitaan anda sehingga terhindar dari kuman.

– Menghindari stress

Stress dapat membuat hormon anda tidak seimbang, jadi sebisa mungkin hindarkan diri anda dari stress

– Hindari menggunakan celana ketat

Menggunakan celana ketat bisa menghambat peredaran darah dan menyebabkan organ kewanitaan anda menjadi berkeringat. Keringan ini akan mengakibatkan jamur dan menimbulkan gatal.

– Berolah raga secara teratur dan mengatur pola makan anda

Tetaplah untuk menjaga asupan nutrisi harian anda, dan sertai dengan berolah raga secara teratur. Cara ini dapat menjaga tubuh anda tetap sehat untuk mampu mengeliminasi kuman – kuman yang menyerang tubuh anda.

Cara mengatasi keputihan yang gatal di atas akan membantu anda menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi anda. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum masalah keputihan ini menjadi masalah yang serius.

Related to Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal dan Bau Tidak Sedap