Cara Mengatasi Kram Otot Kaki dan Tangan serta Perut

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Setelah beraktifitas berat, beberapa orang atau mungkin anda termasuk di antaranyanya, akan mengalami kram. Ketika kram terjadi, rasa nyeri yang timbul pada otot akan sangat menyiksa. Kram sendiri merupakan pengerutan otot yang terjadi ketika otot tidak mampu mencapai bentuk semula setelah berkontraksi yang muncul secara tiba – tiba dan menyebabkan nyeri.

Kram bisa terjadi pada otot manapun dan biasanya dapat sembuh sendiri selama beberapa detik, menit atau jam tergantung dari kontraksi otot walaupun ada beberapa cara mengatasi kram otot yang bisa dilakukan. Biasanya, kram otot terjadi pada otot kaki setelah atau sewaktu kita melakukan aktifitas fisik yang berat. Namun jangan salah, karena kram juga bisa terjadi pada otot tangan dan bahkan otot perut.

Cara Mengatasi Kram Kaki dan Tangan

Kram pada kaki biasanya terjadi ketika kita tengah tertidur lalu tiba – tiba otot kaki akan terasa sangat nyeri, kaku dan sulit untuk digerakkan. Kram pada malam hari atau kram nocturnal terjadi ketika saraf yang membawa sinyal dari otak ke otot menembakkan terlalu banyak pesan impuls akibatnya otot akan berkontraksi dengan cara yang membuat anda tidak nyaman. Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama dapat memicu terjadinya kram pada kaki anda.

cara-mengatasi-kram-otot-kaki-tangan-perut

Ketika kram kaki menyerang anda baik pada malam hari atau siang hari, ada beberapa cara mengatasi kram kaki, yaitu :

1. Anda bisa meminta bantuan teman anda untuk berdiri dan menahan berat badan pada kaki. Cara ini bisa membantu memulihkan otot kaki anda.

2. Cara lain adalah dengan meluruskan kaki yang mengalami kram lalu menekan atau mendorong telapak kaki ke arah badan sekuat mungkin. Anda bisa meminta bantuan teman anda untuk melakukannya, baru kemudian lakukan pemijatan untuk merelaksasikan otot.

Tidak hanya pada otot kaki, kram juga bisa terjadi pada otot tangan anda. Bagi anda yang bekerja dengan komputer, mungkin anda sering merasakan kram dan kesemutan pada jari – jari tangan anda. Selain karena melakukan aktifitas berat, kram dan kesemutan pada tangan juga bisa terjadi ketika and menulis, mengetik atau memainkan instrumen yang terlalu lama. Kondisi ini menjadi tanda bahwa otot tangan anda mengalami kelelahan.

BACA  Apa itu Penyakit Ambeien dan Penyebabnya?

Cara mengatasi kram pada tangan dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

1. mengistirahatkan tangan dan jari – jari anda. Memaksakan kerja otot tangan anda akan semakin memperburuk kondisi anda.

2. Lakukan peregangan secara rutin terhadap otot – otot tangan anda. Anda bisa melakukannya dengan menekan telapak tangan anda ke lantai atau tembok lalu gunakan jari telunjuk tangan satunya untuk mengangkat jari tangan satu per satu.

Cara Mengatasi Kram pada Perut

Beda lagi dengan yang satu ini. Pernahkah anda mendengar tentang kram perut? Atau mungkin anda pernah mengalaminya? Kram perut atau colic abdomen adalah kondisi kram yang terjadi pada otot polos yang terdapat pada organ di dalam rongga perut. Rongga perut atau abdomen sendiri merupakan tempat dari berbagai organ seperti lambung, usus, hati atau ginjal.

Kram perut biasanya disebabkan karena penyakit ringan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini mengacu kepada gangguan kesehatan yang lebih serius. Beberapa orang akan memilih cara mengatasi kram perut dengan beberapa cara berikut :

1. menggunakan beberapa obat.

Seperti obat penghilang rasa sakit atau antacida apabila kram perut terjadi karena penyakit maag.

2. Bantalan pemanas

Beberapa orang lain akan memilih menggunakan bantalan pemanas atau botol air panas untuk mengobati kram perut, terutama ketika menstruasi. Cara ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi kram perut ringan.

Cara mengatasi kram memang mudah untuk dilakukan tetapi akan lebih baik jika anda menjaga kesehatan dan kekuatan kerja otot anda. Beberapa cara bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kram otot seperti mandi atau merendam kaki atau tangan dengan air hangat, melakukan peregangan sebelum tidur secara rutin, menghindari aktifitas berat dan kelelahan otot, minum air putih yang cukup serta mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti multivitamin, kalsium, potasium dan magnesium.

Related to Cara Mengatasi Kram Otot Kaki dan Tangan serta Perut