Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Melepuh Knalpot dengan Cepat

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Tidak hanya karena terpapar api, luka bakar bisa terjadi karena paparan benda panas seperti knalpot, panci panas, percikan minyak atau air panas dan bahkan matahari. Berbagai hal di sekitar kita sepertinya mengundang bahaya jika kita tidak selalu berhati – hati.

Namun disaat – saat yang tidak disengaja kita kerap menjadi lalai atau tidak beruntung karena harus terpapar benda panas yang mengakibatkan luka bakar pada kulit. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi luka bakar ringan yang siap menjadi pilihan bagi anda.

Cara Cepat Mengatasi Luka Bakar Ringan Melepuh Knalpot

Luka bakar itu sendiri didefinisikan sebagai kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh panas dan bisa sangat menyakitkan. Beberapa gejala yang teramati pada luka bakar adalah kulit yang memerah, mengelupas dan bahkan melepuh, kulit yang hangus dan bahkan membengkak. Beberapa kondisi seperti suhu yang sangat panas, listrik atau petir, sinar matahari, bahan kimis hingga radiasi bisa menjadi pemicu terjadinya luka bakar pada kulit kita.

cara-mengatasi-luka-bakar-melepuh-knalpot

Luka bakar yang ringan dapat disembuhkan sendiri namun pada beberapa kasus yang berat tetap harus ditangani oleh pihak ahli di rumah sakit. Saat anda mengalami luka bakar atau terpapar panas, kulit anda akan cenderung melepuh. Cara cepat mengatasi luka bakar dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan bahan alami ini :

1. Kentang dan mentimun

Mentimun bisa memberikan rasa sejuk pada kulit sementara kentang berguna sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Ketika kulit anda mengalami luka bakar, anda bisa meramu kedua bahan ini menjadi obat alami untuk luka bakar anda. untuk membuatnya anda bisa terlebih dahulu memotong kentang dan mentimun dalam ukuran yang lebih kecil lalu memblendernya hingga benar – benar lembut. Hasil blenderan kedua bahan ini lalu bisa anda oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar. Diamkan hingga mengering dan bilas dengan menggunakan air dingin.

BACA  Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi dengan Cepat

2. Lidah buaya

Lidah buaya bisa menjadi pilihan lain cara mengatasi luka bakar melepuh. Ketika terpapar panas bahkan terpapar sinar matahari terlalu lama bisa membuat kulit melepuh. Tanaman obat ini dipercaya mampu menyerap panas dan perih akibat luka bakar. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup dengan mengambil daging buah lalu mengoleskannya ke bagian tubuh yang terbakar. Anda juga bisa memblendernya terlebih dahulu baru mengoleskannya pada kulit anda.

3. Strawberry dan tomat

Perpaduan strawberry dan tomat bisa menjadi sajian minuman yang nikmat namun bagi anda yang sedang mengalami luka bakar, perpaduan dua bahan ini bisa menjadi obat untuk luka bakar anda. Kedua bahan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat menyembuhkan dan menutrisi kembali kulit anda.

4. Susu dan Yogurt

Saat anda bepergian dengan motor dan tanpa sengaja kaki anda menyentuh knalpot panas, kulit kaki anda akan mengalami luka bakar dengan rasa pedih yang menyengat. Saat luka bakar sudah sembuh pun terkadang akan meninggalkan bekas luka yang mengganggu. Susu dan yogurt bisa menjadi solusi cara mengatasi luka bakar knalpot anda karena bahan bisa bisa sekaligus menutrisi kulit anda dan mengembalikan kecerahannya.

Jadi kulit anda tidak akan meninggalkan bekas luka hitam akibat luka bakar. Untuk menggunakannya anda bisa menggunakan salah satu dari bahan ini untuk menjadi kompres bagi luka bakar anda. Empat bahan pilihan ini bisa menjadi cara mengatasi luka bakar yang ampuh untuk kulit anda yang terbakar. Kulit berfungsi penting sebagai pelindung tubuh karenanya tetap jaga kulit anda dengan nutrisi yang tepat.

Related to Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Melepuh Knalpot dengan Cepat