Cara Mengatasi Masalah Keracunan Makanan pada Anak

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Banyaknya jajanan yang menarik selalu mengundang untuk dicicipi. Berbagai jenis jajanan dan makanan yang lucu dan dengan berbagai warna menarik seakan berlomba – lomba menawarkan rasa yang enak. Namun makanan yang menarik dan enak belum tentu sehat. Hal ini menjadi begitu mengkhawatirkan terutama bagi anak – anak yang selalu ingin mencoba hal dan rasa baru.

Tidak bisa dipungkiri, terkadang kita tidak bisa selalu mengawasi anak – anak termasuk dengan berbagai makanan yang mereka makan, misalnya ketika mereka bermain atau sekolah. Akibatnya bahaya keracunan pun akan selalu mengancam kesehatan. Cara mengatasi keracunan makanan di sekolah yang terbaik adalah dengan menyediakan bekal makan yang sehat serta memberikan pengertian kepada anak untuk tidak makan sembarangan.

Cara Mengatasi Masalah Keracunan Makanan pada Anak

Sebagian besar ibu pasti sudah selalu mengantisipasi hal ini, namun sifat anak yang terkadang selalu ingin tahu seakan menjadi penghalang dan musuh besar yang sulit untuk dihadapi. Saat anak anda mengalami gejala diare, muntah – muntah atau kram perut, bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda anak anda mengalami keracunan.

Keracunan makanan dalam kasus yang ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus karena tubuh telah memiliki mekanisme sendiri untuk menghadapinya. Namun beberapa cara mengatasi masalah keracunan makanan bisa dilakukan dengan mengurangi resiko lanjutan yang mungkin terjadi, misalnya saat terjadi diare tubuh akan kehilangan cairan yang berlebih karenanya diperlukan cairan pengganti untuk menghindarkan tubuh dari resiko dehidrasi. Beberapa bahan ini bisa menjadi pilihan tepat :

1. Minum air putih

cara-mengatasi-keracunan-makanan-pada-anak

Ini adalah cara terbaik untuk menghindarikan tubuh dari resiko dehidrasi akibat kekurangan cairan yang terjadi karena diare. Hal ini sangat dianjurkan karena selain sebagai pengganti cairan, minum air putih akan membantu mengatasi rasa mual dan membantu tubuh mengeluarkan racun.

2. Teh campur madu

Saat mengalami keracunan, kedua bahan ini bisa membantu menyembuhkan infeksi pada perut anda.

BACA  Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol

3. Air kelapa

Air kelapa dipercaya mampu membantu menawar dan menguraikan racun sehingga dapat dikeluarkan tubuh.

4. Jahe campur madu

Jahe dan madu juga bisa menjadi obat untuk mengurangi peradangan dan nyeri perut yang terjadi ketika karacunan.

5. Buah pisang dan apel

Bisa jadi ini merupakan solusi termudah cara mengatasi keracunan makanan pada anak karena kedua buah ini memiliki rasa yang enak sehingga akan mudah untuk membuat anak anda memakannya. Pisang dan apel mengandung enzim yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab racun. Buah ini juga bisa membantu mengurangi sakit perut dan membantu memulihkan diare yang terjadi karena keracunan makanan.

Cara Mengatasi Keracunan Makanan yang sudah Kadaluarsa

Anak yang suka jajan sembarangan terkadang tidak selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa ketika akan membeli dan memakan makanan atau jajanan. Akibatnya mereka akan mengalami keracunan akibat makanan yang kadaluarsa. Untuk menanganinya anda bisa membuat anak anda memuntahkannya, namun apabila tidak memungkinkan anda bisa memberikan banyak air minum supaya racun dapat dikeluarkan.

Memberikan air kelapa juga bisa menjadi cara mengatasi keracunan makanan kadaluarsa yang tepat untuk diberikan pada anak. Air kelapa membantu mengurai dan menawar racun sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh. Cara – cara ini bisa menjadi pertolongan pertama ketika anak anda mengalami keracunan. Pada tahap pemulihan , anda bisa memberikan makanan yang mudah dicerna dimulai dari porsi yang kecil.

Memastikan anak tetap memakan makanan yang sehat merupakan kewajiban namun terkadang kita tidak bisa selalu memberikan pengawasan, ditambah lagi semakin banyaknya tindakan – tindakan tidak pantas dengan mencampurkan berbagai bahan yang tidak seharusnya ke dalam makanan. Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi cara mengatasi keracunan makanan namun akan tetap lebih baik jika anda selalu menyediakan makanan yang sehat untuk bekal anak anda.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Masalah Keracunan Makanan pada Anak