Cara Mengatasi Masalah Penyakit Jantung Lemah Secara Alami

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Cara Mengatasi Masalah Penyakit Jantung Lemah Secara Alami – Sebagai salah satu organ penting tubuh, jantung juga rentang terhadap berbagai gangguan kesehatan yang membuatnya tidak mampu bekerja secara optimal. Salah satu gangguan jantung yang kerap dialami adalah lemah jantung. Lemah jantung atau kardiomiopati adalah penykit yang berhubungan dengan otot jantung yang menyebabkan detak jantung menjadi lemah, tidak beraturan hingga gagal untuk bekerja.

Penyakit ini bisa dikaitkan dengan penyakit arteri jantung, katup jantung atau darah tinggi atau sebagai kompensasi dari gangguan pada organ lain yang akhirnya mempengaruhi kerja jantung. Cara mengatasi penyakit jantung lemah tentu perlu disesuaikan dengan penyebabnya karena terdapat berbagai jenis gangguan yang mempengaruhi kondisi lemah jantung.

Cara Mengatasi Masalah Penyakit Lemah Jantung Secara Alami

Gangguan metabolisme, defisiensi vitamin penting, gangguan katub jantung atau kondisi tekanan darah tinggi yang berlangsung dalam jangka panjang bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya lemah jantung. Kondisi lemah jantung akan memicu beberapa kondisi serius seperti rusaknya jaringan jantung, detak jantung menjadi tidak beraturan, penimbunan zat besi pada jantung, hingga kondisi genetik yang dapat diturunkan.

Cara Mengatasi Masalah Penyakit Jantung Lemah Secara Alami

Banyak cara mengatasi masalah penyakit jantung lemah secara alami, salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan pola hidup serta pilihan makanan yang kita konsumsi setiap hari, seperti beberapa tips berikut ini :

1. Berolah raga ringan 30 menit

Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu dengan melakukan olahraga yang berat setiap hari. Berolhragalah minimal 30 menit sehari sebanyak lima kali dalam seminggu untuk membantu menguatkan jantung anda. Penting untuk memilihi olah raga yang tepat terutama bagi anda penderita lemah jantung,. Pilihkan oleh raga yang ringan seperti berjalan kaki, berkebun, naik sepeda atau berenang.

2. Berhenti merokok

Merokok sama artinya dengan memasukkan racun ke dalam tubuh. Racun yang didapatkan ketika merokok dapat memicu pengerasaan pembuluh darah atau aterosklerosis sementara nikotin pada rokok akan membuat penyempitan pembuluh darah jantung serta mengurangi kemampuan sel darah merah dalam membawa oksigen sehingga memicu terjadinya lemah jantung. Jadi, berhenti merokok dapat menjadi cara mengatasi penyakit lemah jantung sekaligus penyakit lain yang berbahaya bagi tubuh.

BACA  Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma Kambuh tanpa Inhaler

3. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih akan membuat organ tubuh bekerja lebih keras. Kondisi ini bisa memicu terjadinya serangan jantung, stroke, diabeter serta hipertensi. Karenanya menurunkan berat badan ke kondisi normal dan menjaganya tetap ideal akan membantu menguatkan jantung serta memperlancar sirkulasi darah tubuh serta menurunkan tekanan darah.

4. Mengurangi lemak

Lemak yang tinggi cenderung akan meningkatkan kadar kolesterol sehingga mengakibatkan terjadinya penimbunan lemak dan membuat kerja jantung menjadi tidak optimal. Batasi konsumsi daging berlemak tidak lebih dari 10 persen dari konsumsi kalori dalam sehari,

5. Batasi konsumsi makanan pabrik

Memilih makanan yang kita makan snagat penting untuk dilakukan dan diperhatikan, Membatasi makanan pabrik yang kaya lemak dan unsur lain yang membahayakan dalam jangka panjang dapat menjadi solusi dan cara mengatasi masalah lemah jantung yang tepat. Akan lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan alami seperti buah dan sayuran serta masakan yang dimasak sendiri dengan pilihan bahan yang sehat.

6. Batasi konsumsi garam dan makanan pemicu tekanan darah tinggi

Bagi penderita lemah jantung, sebaiknya anda membatasi konsumsi garam dan menghindari makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi karena dapat membuat jantung bekerja lebih keras.

Semoga cara-cara mengatasi masalah penyakit jantung lemah secara alami di atas bisa menambahkan informasi untuk anda. Cara – cara tersebut bisa anda pilih sebagai cara mengatasi lemah jantung. Tetapi selalu ingat untuk mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Istirahat penting untuk menjaga kesehatan tubuh bagi secara fisik atau psikis. Disamping gangguan jantung, stress atau depresipun dapat kita hindari.

Tags: , ,

Related to Cara Mengatasi Masalah Penyakit Jantung Lemah Secara Alami