Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Iritasi, Debu dan Menangis

Post On: 25 February 2016
July 30, 2016

Mata anda bengkak karena iritasi atau kurang tidur ? jangan sampai hal ini terjadi pada anda karena akan sangat mengganggu aktivitas. Selain menurunkan daya penglihatan, mata bengkak tentu akan mempengaruhi penampilan anda. Mata bengkak sebenarnya merupakan kondisi bengkaknya kelopak mata, hal ini dapat terjadi ketika ada peradangan atau edema pada jaringan di sekitar mata.

Pembengkakan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh karena kondisi ringan seperti menangis, alergi atau kurang tidur. Namun pada keadaan yang lebih serius, pembengkakan mata juga dapat terjadi pada beberapa penyakit tertentu yang patut anda waspadai.

Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Cepat

Apabila mata anda bengkak, cobalah beberapa cara mengatasi mata bengkak dengan cepat di bawah ini, sehingga mata bengkak anda akan cepat teratasi dan tidak mengganggu aktivitas anda.

– Mengompres mata dengan menggunakan air dingin dapat menjadi cara pertama yang anda lakukan. Anda dapat menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin atau dengan kantong plastik yang diisi dengan es batu. Lakukan pengompresan selama 10 menit pada sekali pengompresan. Anda dapat melakukannya beberapa kali sampai bengkak pada mata anda teratasi.

– Bengkak pada mata dapat terjadi karena adanya iritasi akibat alergi atau radang. Cara mengatasi mata bengkak karena iritasi dapat dilakukan dengan menggunakan tetes mata. Pilihlah tetes mata yang sesuai karena tidak jarang penggunaan tetes mata malah mengakibatkan iritasi pada mata anda.

cara-mengatasi-mata-bengkak-iritasi-debu-menangis

Pada kondisi radang atau konjungtivitis, anda dapat menggunakan obat – obat antiradang atau anti alergi apabila bengkak pada mata dipicu oleh kondisi alergi. Tetapi ingatlah untuk selalu mengonsultasikan penggunaan obat anda dengan dokter.

Jauhi pemicu alergi anda, dan pastikan untuk melindungi mata anda saat beraktivitas di luar ruangan. Misalnya dengan menggunakan kaca mata. Cara ini sangat efektif untuk melindungi mata anda dari debu. Debu bisa jadi juga merupakan pemicu alergi anda, cara mengatasi mata bengkak akibat debu dapat anda lakukan dengan membiasakan diri melindungi mata anda ketika berada di luar ruangan. Anda dapat membawa obat tetes mata ketika anda berpergian. Kebiasaan ini akan sangat membantu ketika mata anda mengalami pembengkakan akibat debu.

BACA  Cara Mengatasi Penyakit Kolesterol Tinggi Secara Alami

– Cara mengatasi mata bengkak akibat menangis dapat anda lakukan dengan mengompres mata anda menggunakan air dingin. Gunakan obat tetes mata apabila diperlukan, untuk mengurangi peradangan pada pembuluh darah di mata anda.

Mata bengkak setelah menangis atau disebut dengan mata sembab diakibatkan karena cairan air mata yang mengandung garam yang membuat mata menjadi merah. Selanjutnya pembuluh darah di bawah kulit mata akan membesar dan menimbulkan pembengkakan pada mata anda.

– Mata bengkak juga dapat terjadi karena kurang tidur. Kondisi ini memicu munculnya kantung di bawah mata anda, mirip seperti mata panda. Kondisi ini dapat anda atasi dengan menggunakan beberapa pilihan cara di bawah ini :

– Mentimun

menggunakan mentimun untuk mengatasi mata panda telah sangat lazim dilakukan. Mungkin anda juga patut untuk mencobanya. Caranya adalah dengan menempelkan irisan pipih timun pada mata anda selama beberapa menit.

– Es batu

pengompresan dengan menggunakan es batu juga dapat menjadi pilihan cara mengatasi kantung mata anda. Tempelkan es batu pada mata anda. Jika sensasi dingin yang ditimbulkan terlalu mengganggu anda, gunakan kain bersih sebagai pelapis.

– Kantung teh celup

Mengatasi katung mata juga dapat dilakukan dengan menggunakan teh celup. Seduh teh celup dengan air panas, atau gunakan teh celup yang telah anda pakai, lalu tempelkan pada mata anda. Tutup dengan kain selama 5 hingga 10 menit.

Cara mengatasi mata bengkak di atas dapat anda coba. Namun apabila kondisi mata bengkak anda memburuk, lebih baik untuk mengonsultasikannya dengan dokter. Selamat mencoba dan jangan biarkan mata bengkak mengganggu aktivitas dan penampilan anda.

Related to Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Iritasi, Debu dan Menangis