Cara Mengatasi Mata Lelah Perih dan Pusing secara Alami

Post On: 5 April 2016
July 30, 2016

Aktifitas dan pekerjaan sehari – hari terkadang menuntut anda untuk selalu berhadapan dengan komputer. Jika anda kerap mengalami rasa berat pada mata dan kepala, mungkin anda harus segera mencari cara mengatasi mata lelah dan pusing karena bisa jadi mata anda telah bekerja terlalu keras dan membutuhkan istirahat

Bekerja terlalu lama di depan komputer dapat mengakibatkan mata anda lelah sehingga menjadi bengkak dan rasa berat pada kepala. Sangat penting untuk mengistirahatkan mata anda agar menjadi lebih ringan dan tetap sehat. Beberapa orang mungkin akan merasakan kelopak mata yang terasa sangat berat walaupun tidak mengantuk, hal itu juga bisa menjadi tanda bahwa mata anda mengalami kelelahan. Meski kerap tidak menimbulkan masalah serius namun menjaga kesehatan mata tetaplah hal yang penting untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Mata Lelah dan Perih Secara Alami

Mata lelah tidak hanya diakibatkan karena berhadapan dengan komputer dalam waktu lama, sinar pada gadget anda, terlalu lama membaca, istirahat yang tidak cukup serta pola makan yang tidak tepat juga bisa membuat mata anda lelah. Supaya tidak mengganggu keoptimalan fungsinya, sebaiknya anda segera mempelajari cara mengatasi mata lelah secara alami berikut ini :

1. Mengompres mata

Mengompres mata bisa merilekskan mata anda sehingga tidak mengalami kelelahan yang berat. Untuk mengompres mata, anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini :

– Sendok dingin

Menggunakan sendok dingin bisa menjadi pilihan cara untuk mengompres mata anda. letakkan sendok di dalam kulkas lalu letakkan pada mata anda saat mata atau kepala anda terasa berat.

– Menggunakan irisan buah

Beberapa jenis buah dapat membantu merilekskan mata anda yang lelah karena rasa dingin dan sejuk yang dihasilkan. Beberapa buah tersebut adalah mentimun, kentang atau strawberry. Irisan tipis buah – buah tersebut lalu letakkan di atas kelopak mata anda sambil terpejam. Sebelum menggunakannya, anda bisa meletakkan irisan strawberry tersebut di dalam lemari es.

BACA  Salep untuk Bisul Bernanah yang Ampuh dan Bagus

– Kantong teh

cara-mengatasi-mata-lelah-perih-pusing-alami

Kantong teh juga dipercaya merupakan salah satu cara alami mengatasi mata lelah. Caranya adalah dengan menggunakan kantong teh dingin, sebelum menggunakannya pastikan anda menyeduh kantong teh terlebih dahulu dengan air panas. Setelah dingin, baru digunakan untuk mengompres mata anda.

2. Membersihkan mata

Bekerja terlalu lama, kerap membuat mata anda menjadi bengkak dan perih. Membersihkan mata secara berkala bisa menjadi pilihan cara mengatasi mata lelah dan perih yang tepat. Gunakan air dingin untuk membersihkan atau membilas mata anda. Lakukan hal ini secara berkala terutama bagi anda yang menghabiskan banyak waktu di hadapan komputer atau di luar ruangan karena cara ini akan membantu membersihkan dan merilekskan mata anda.

3. Berkedip

Secara normal, mata memiliki kelenjar air mata yang menghasilkan air mata untuk melembabkan dan membersihkan mata kita. Berkedip bisa jadi merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk menjaga kesegaran mata anda. Terutama bagi anda yang bekerja di ruangan berpendingin, karena ruangan berpendingin akan cenderung membuat anda mudah kering dan lelah.

4. Memperhatikan kebiasaan

Beberapa orang memiliki kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat. Jika anda salah satunya, cobalah untuk merubah kebiasaan anda. Beri jarak pandang yang cukup sekitar 30 hingga 40 cm dengan buku, komputer atau gadget anda ketika anda menggunakannya. Anda bisa menggunakan kacamata anti silau atau antiradiasi untuk membantu menjaga mata anda. Beberapa toko kesehatan juga menyediakan kacamata refleksi yang akan membantu menjaga kesehatan mata anda.

Beberapa cara sederhana di atas bisa membantu menjadi solusi cara mengatasi mata lelah anda. Mata membawa fungsi penting dalam hidup kita karenanya selalu jaga kesehatan mata anda untuk menjaga dunia anda tetap indah dan berwarna.

Related to Cara Mengatasi Mata Lelah Perih dan Pusing secara Alami