Cara Mengatasi Mata Merah Bengkak Gatal pada Anak Bayi

Post On: 9 March 2016
July 30, 2016

Mata anda merah dan gatal karena iritasi? Berhati – hatilah saat anda menggunakan obat tetes mata untuk mengatasinya, karena bisa jadi mata anda tidak cocok dengan obat tersebut. Pelajari cara mengatasi mata merah dan bengkak secara alami berikut ini.

Cara Mengatasi Mata Merah Bengkak dan Gatal

Mata merah merupakan problematika yang sangat umum dan hampir dialami oleh setiap orang. Mata merah dapat timbul karena berbagai sebab. Alergi, mata lelah, iritasi atau luka, semuanya bisa menjadi alasan mata anda menjadi merah. Beberapa penyebab ini mungkin pernah anda alami,

– Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan salah satu jenis infeksi mata yang paling umum terjadi dan dapat menular. Disebabkan karena adanya peradangan yang terjadi pada konjungtiva. Konjungtiva merupakan lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Peradangan ini akan membuat pembuluh darah melebar sehingga mata anda menjadi tampak merah. Konjungtivitis dapat diakibatkan karena infeksi atau alergen seperti debu.

– Mata kering

Pada mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi menghasilkan air mata untuk menjaga kelembapan dan kebersihan mata. cuaca yang panas dan kering bisa menjadi penyebab menurunnya tingkat kelembapan mata anda. Beberapa penyakit yang dapat menurunkan produksi air mata juga dapat menjadi penyebab mata kering.

– Luka

Cedera pada mata dapat membuat mata anda menjadi merah. Hal ini terjadi sebagai respon penyembuhan pada mata anda.

cara-mengatasi-mata-merah-bengkak-gatal

Apabila anda mengalami mata merah, pastikan anda tidak menyentuhnya karena akan menularkan infeksi ke mata sebelah, hentikan penggunaan make up atau lensa kontak untuk sementara. Jaga kebersihan dan kelembapan mata dengan menempelkan kain lembut yang bersih dan telah di basahi pada mata anda.

Beberapa bahan di bawah ini dapat anda gunakan sebagai pilihan cara mengatasi mata merah dan gatal karena iritasi :

– Mentimun

Selama ini, mentimun banyak digunakan untuk mengatasi masalah kantung mata, tetapi ternyata mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi mata merah dan gatal. Mentimun yang ditempelkan pada mata dapat memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata, juga mengandung anti radang sehingga dapat memulihkan peradangan pada mata anda.

BACA  Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi 1 , 2 , 3 , 4 Bulan

– Daun sirih

Selain dengan menggunakan mentimun, anda bisa meredakan mata merah dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Ambillah beberapa helai daun sirih mudah lalu rebus bersama air. Gunakan air rebusan ini untuk membilas mata anda.

– Kentang

Kentang juga bisa memberikan efek menenangkan pada mata. tempelkan irisan kentang ke mata anda dan diamkan beberapa menit.

– Obat tetes mata

Kini, telah banyak produk obat tetes mata yang dipasarkan. Anda bisa menggunakan obat – obatan tersebut untuk meringankan mata merah anda. Tetapi tetaplah berhati – hati dalam menggunakannya karena bisa jadi mata anda tidak cocok dengan bahan yang digunakan pada obat tetes mata tersebut. Hal ini justru akan membuat mata anda semakin merah dan meradang.

Cara Mengatasi Mata Merah pada Anak dan Bayi

Tidak hanya pada orang dewasa, mata merah juga bisa dialami oleh anak. Mata anak tergolong sensitif sehingga akan mudah mengalami iritasi. Cara mengatasi mata merah pada anak dapat dilakukan dengan pilihan cara di atas. Anak sering kali menghabiskan waktunya untuk beraktivitas di luar, selalu sediakan obat tetes mata khusus untuk iritasi mata akibat debu. Pilihlan bahan yang aman bagi anak anda.

Sementara pada bayi, cara mengatasi mata merah pada bayi juga dapat dilakukan dengan membasuh mata menggunakan daun sirih atau air mawar secara perlahan. Kedua bahan ini akan membantu mengatasi mata merah pada bayi anda karena mengandung antiseptik.

Beberapa cara mengatasi mata merah di atas dapat anda pilih sebagai pengobatan alami. Apabila iritasi pada mata anda menimbulkan rasa pedih yang tidak tertahankan, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Related to Cara Mengatasi Mata Merah Bengkak Gatal pada Anak Bayi