Cara Mengatasi Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa yg Benar

Post On: 23 February 2016
July 30, 2016

Apakah anda pernah mengalami mimisan? Apa yang anda lakukan sebagai cara mengatasi mimisan?

Mimisan atau yang dalam bahasa kedokteran disebut epitaksis merupakan kondisi dimana hidung mengalami pendarahan. Darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda – beda. Mimisan sesungguhnya merupakan kondisi yang umum terjadi.

Meskipun begitu, terdapat beberapa kondisi dimana mimisan patut untuk diwaspadai seperti apabila mimisan berlangsung dalam waktu yang lama , apabila volume darah yang dikeluarkan banyak, atau terlalu sering mengalami mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan yang Benar dengan Cepat

Keadaan mimisan yang juga disertain kesulitan bernafas, detak jantung yang tidak beraturan, muntah darah, atau pendarahan pada bagian tubuh lain juga patut diwaspadai. Bisa jadi mimisan yang terjadi merupakan indikasi dari adanya penyakit tertentu. Bila sudah begitu, lalu bagaimana cara mengatasi mimisan yang benar ?

Apabila mimisan yang anda alami tergolong tidak biasa, segera periksakan mimisan anda ke dokter. Namun apabila mimisan yang anda alami masih tergolong normal, dapat anda atasi dengan beberapa cara mengatasi mimisan dengan cepat di bawah ini :

cara-mengatasi-mimisan-anak-orang-dewasa-cepat

– Ambillah posisi duduk tegak dan jangan berbaring. Posisi duduk akan membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah hidung sehingga dapat membantu menghentikan pendarahan.

– Condongkan tubuh ke depan sehingga darah akan keluar melalui hidung dan tidak masuk ke tenggorokan.

– Pencet hidung anda selama kurang lebih 5 hingga 10 menit dan bernafaslah melalui hidung. Cara ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada sumber pendarahan sehingga pendarahan dapat teratasi

– Kompres hidung anda menggunakan air dingin. Pengopresan ini bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga pendarahan akan berhenti.

Jika mimisan anda tidak juga berhenti, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa

Tidak hanya pada orang dewasa, mimisan juga kerap kali dialami oleh anak – anak. Cara mengatasi mimisan pada anak tidak berbeda dengan cara mengatasi mimisan pada orang dewasa.

BACA  Mari Belajar Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Baca Juga :

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Cara Praktis Mengecilkan Perut Buncit

Bahaya Penyakit Ambeien Luar Dalam Berdarah

Penyakit Bronkitis Menular??

– Mintalah anak anda untuk memposisikan tubuh dengan benar, yaitu dengan duduk dan bersandar dengan sedikit mencondongkan tubuhnya ke depan. Jangan membaringkan tubuh ketika mimisan terjadi, karena akan memicu darah mengalir ke kerongkongan.

– Jangan panik apabila anak anda mengalami muntah darah atau batuk darah ketika terjadi mimisan karena hal ini merupakan refleks tubuh mengeluarkan darah yang mengalir ke kerongkongan atau refleks pencegahan masuknya darah ke saluran pernafasan.

– Apabila mimisan berlangsung lama, dan suhu tubuh anak mulai meningkat, sebaiknya segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis dan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut karena bisa jadi mimisan yang di alami oleh anak anda merupakan indikasi adanya penyakit serius.

Mimisan atau epitaksis sebenarnya terjadi karena robeknya selaput lendir tipis pada bagian dalam hidung sehingga mengeluarkan darah. Dapat dipicu oleh beberapa sebab seperti temperatur yang ekstrim, kebiasaan mengorek hidung yang terlalu keras, adanya benda asing yang masuk ke rongga hidung, benturan, asap dan polusi atau bahan kimia yang terhirup secara berlebih.

Mimisan ini umumnya terjadi dalam waktu singkat. Pada beberapa orang yang menderita beberapa penyakit tertentu seperti hemofilia, leukimia, hipertensi, influenza, atau sinusitis, mimisan akan terjadi lebih sering dan dalam durasi waktu yang lebih lama. Karenanya segera periksakan kondisi kesehatan tubuh anda apabila anda terlalu sering mengalami mimisan atau mimisan yang anda alami berlangsung lama.

Apabila mimisan anda masih tergolong normal, cara mengatasi mimisan di atas dapat menjadi solusi anda menghentikan pendarahan pada hidung anda.

Related to Cara Mengatasi Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa yg Benar