Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

Post On: 12 August 2016
August 1, 2016

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami – Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi di bagian rongga hidung. Sebenarnya mimisan atau epistaksis termasuk keadaan yang umum terjadi dan jarang mengancam jiwa. Hampir semua orang pernah mengalami mimisan. Namun, apa boleh buat jika mimisan timbul pada anak-anak. Kondisi semacam ini tentu akan menakutkan dan memicu kepanikan bagi orangtuanya.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

Mimisan itu sendiri disebabkan oleh berbagai hal. Faktor utamanya dapat berupa penggunaan obat-obatan kimia, keturunan hingga penyakit tertentu. Biasanya anak yang sedang mengalami mimisan hanya beberapa detik saja dan ada pula yang lebih dari lima menit. Bahkan darah yang keluar dari hidung ini bisa muncul saat sedang tertidur. Umumnya mimisan dapat ditangani sendiri di rumah seperti cara berikut ini.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

  1. Duduk Tegak dan Jangan Berbaring

Pertolongan pertama saat menangani masalah mimisan pada anak adalah memerintahkan si anak untuk duduk secara tegak dan jangan sampai berbaring. Sebaiknya posisikan duduk semaksimal mungkin untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di rongga hidung. Dengan begitu pendarahan dapat segera berhenti. Apabila anak berbaring justru menambah tekanan darah.

  1. Mencondongkan Tubuh

Cara efektif yang kedua yakni dengan mencondongkan tubuh ke depan, agar darah dapat keluar melalui hidung dan tidak akan masuk ke dalam tenggorokan. Setidaknya keluarkan dan buang darah jika mengalir ke mulut. Pasalnya menelan darah mampu memicu anak untuk berkeinginan muntah dan tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Memencet Hidung

Langkah ketiga anda bisa menggunakan ibu jari atau telunjuk jari untuk memencet hidung si anak selama 10 menit . Hal ini bertujuan untuk mempengaruhi tekanan pada pendarahan, sehingga diharapkan dapat menghentikan darah yang keluar. Selain memencet hidung , anda juga bisa mengkompres pangkal hidung anak untuk melambatkan pendarahan.

  1. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih di sini digunakan untuk menyumbat hidung jika terjadi mimisan. Anda cukup menyediakan 1-2 lembar daun sirih yang masih muda. Namun, sebelumnya cucilah dahulu daun sirih tersebut hingga bersih. Kemudian remas sampai keluar minyaknya. Terapkan hasil yang telah anda olah dari daun sirih tadi ke rongga hidung sang anak.

  1. Menerapkan Daun Pegagan

Daun pegangan memang terkenal sebagai pengobatan herbal secara tradisional. Hal inilah yang bisa diterapkan untuk mengatasi mimisan pada anak. Adapun caranya dengan merebus pegangan segar sebanyak 60 gram yang sudah dicuci bersih. Gunakan air sekitar 400 cc untuk perebusan tersebut dan tunggu hingga tersisa setengahnya. Berikan ramuan selagi masih hangat pada anak untuk 2 kali dalam sehari

  1. Mengkonsumsi Jus Kangkung

Cara terakhir ialah memberikan anak jus kangkung. Untuk pembuatannya menyiapkan kangkung yang masih segar sekitar 25 gram. Cuci dahulu hingga bersih dan barulah anda membledernya sampai berubah seperti jus. Jangan lupa tambahkan gula secukupnya dan aduk merata. Minum untuk anak 2 kali sehari secara teratur.

BACA  Atasi Batuk Berdahak Pada Anak. Susah Ga?

Setelah mimisan pada anak berhenti, usahakan agar anak anda tidak membuang ingus, membungkuk, serta melakukan kegiaatan berat selama 12 jam. Hal ini dilakukan agar mencegah timbulkan iritasi pada rongga hidung. Demikanlah cara mengatasi mimisan pada anak secara alami. Apabila mimisan masih berlanjut, segera hubungi dokter anda untuk perawatan lebih lanjut.

 

Tags: , , ,

Related to Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami