Cara Mengatasi Ngilu Pada Gigi dengan Cepat secara Tradisional

Post On: 29 February 2016
July 30, 2016

Anda pernah mengalami gigi ngilu ketika sedang memakan es krim atau minuman dingin? Bisa jadi gigi anda tergolong dalam gigi yang sensitif. Gigi ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email gigi atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi akan menjadi sensitif ketika gusi terbuka sehingga sedikit paparan pada dentin akan mengakibatkan gigi anda terasa ngilu.

Dentin adalah lapisan di bawah gigi. Terdiri dari bagian dalam gigi dan akar gigi yang terhubung dengan ribuan saraf kecil. Paparan dingin, panas atau gesekan dapat memicu rasa ngilu pada gigi anda.

Cara Mengatasi Ngilu pada Gigi dengan Cepat

Cara mengatasi ngilu pada gigi dapat dilakukan dengan menggunakan pasta gigi dengan formulasi tertentu yang dikhususkan bagi penderita gigi sensitif. Menyembuhkan gigi sensitif dapat anda lakukan dengan memperbaiki struktur gigi. Cara ini harus dilakukan oleh dokter gigi namun dapat disarankan untuk menjadi cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat.

Cara – cara tersebut diantaranya adalah dengan menambahkan lapisan pengikat (bonding resin) pada akar gigi. Cara lain adalah dengan bedah gusi. Bedah gusi dilakukan pada akar gigi yang telah kehilangan lapisan gusinya dengan mengambil lapisan gusi dari bagian lain untuk kemudian dipasang pada bagian yang hilang. Cara cepat ini dapat anda lakukan apabila kondisi gigi ngilu anda sudah sangat mengganggu dan tidak tertahankan.

cara-mengatasi-gigi-ngilu-cepat-tradisional

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang Secara Tradisional

Pada kondisi gigi ngilu yang masih tergolong wajar, cara mengatasi gigi ngilu secara tradisional dapat menjadi pilihan terapi anda.

– Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh dapat digunakan karena dikenal efektif dan cepat sebagai cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang. Minyak cengkeh diketahui mengandung antioksidan dan antibakteri yang mampu membunuh kuman pada gigi anda yang berlubang.

BACA  Cara Mengatasi Karang Gigi yang Menumpuk Alami Tradisional

– Bawang putih

Kandungan antiseptik yang terdapat pada bawang putih dapat mambantu meredakan ngilu pada gigi anda. Penggunaannyapun cukup mudah. Siapkan 1 siung bawang putih kemudian tumbuk dan letakkan pada gigi anda. Biarkan sekitar 5 menit baru kemudian berkumurlah dengan air hangat.

– Merica

Cobalah untuk membuat pasta alami dari merica dan garam. Caranya adalah dengan menghaluskan merica dan garam dan mencampurnya menjadi satu. Tambahkan beberapa tetes air hingga kedua campuran bahan tersebut berbentuk pasta. Oleskan ramuan ini pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.

– Air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam bisa jadi merupakan cara yang paling sederhana dalam mengatasi gigi ngilu. Meskipun sederhana cara ini tergolong efektif untuk meredakan rasa ngilu pada gigi anda.

Gigi sensitif dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana yang bisa anda terapkan sehari – hari, seperti dengan cara sederhana berikut :

– Jaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari. Pilihkan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang berflouride.

– Hindari menggosok gigi terlalu sering karena dapat merusak lapisan gigi

– Batasi konsumsi makanan dan minuman asam seperti soda, jeruk atau yogurt karena dapat mengikis lapisan email gigi. Cobalah untuk membiasakan diri minum dengan menggunakan sedotan sehingga dapat menghindarkan gigi dari paparan yang dapat merusak lapisan gigi

– Minumlah air putih terutama setelah makan makanan atau minum minuman yang asam. Dan hindari menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam karena email gigi akan lebih mudah terkikis.

Pada gigi terdapat ribuan saraf yang terhubung dengan saraf pusat. Karenanya jaga selalu kesehatan gigi anda. Pilihlah cara mengatasi gigi ngilu yang aman dan nyaman bagi anda.

Related to Cara Mengatasi Ngilu Pada Gigi dengan Cepat secara Tradisional