Cara Mengatasi Orang Ngorok Parah saat Tidur

Post On: 5 April 2016
July 30, 2016

Kebiasaan mendengkur atau ngorok ketika tidur bisa menjadi kebiasaan yang menjemukan, bukan bagi mereka yang mendengkur tetapi mereka yang terkadang menjadi terganggu. Namun bukan hanya itu saja hal yang diperhatikan dari kebiasaan ngorok, karena ngorok atau mendengkur ketika tidur bisa mengindikasikan gangguan kesehatan anda. Meskipun ada banyak pilihan cara mengatasi ngorok saat tidur, tidak ada salahnya jika anda memeriksakan kebiasaan ini, siapa tau kebiasaan ngorok anda menjadi tanda gangguan pada saluran pernafasan anda.

Mendengkur atau ngorok timbul karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas ketika tertidur. Keadaan ini bisa saja normal atau karena ada gangguan medis pada saluran pernafasan. Ngorok bisa dipicu oleh beberapa kondisi seperti posisi tidur tertentu, konsumsi obat tidur, minuman keras, rokok, obesitas atau gangguan pada hidung dan tenggorokan.

Cara Mengatasi Tidur Ngorok Parah

Cara mengatasi tidur ngorok dapat dilakukan dengan berbagai cara mudah mulai dengan mengubah kebiasaan keseharian seperti berikut ini :

1. Mengubah posisi tidur

Menurut penelitian, tidur dengan posisi terlentang akan membuat anda mendengkur karena posisi tubuh yang bertumpu pada punggung ketika tidur terlentang akan membuat pangkal lidah dan langit – langit mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur, jadi cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping.

cara-mengatasi-orang-tidur-ngorok-parah

Apabila tidur terlentang sudah menjadi kebiasaan anda, cobalah untuk meletakkan benda apapun pada kasur anda yang menimbulkan rasa tidak nyaman ketika anda berbaring, kondisi ini akan membuat anda secara otomatis menghindarinya dengan tidur menyamping. Tidur dengan memposisikan kepala dan pundak yang lebih tinggi juga akan membantu mencegah dengkuran. Anda bisa menumpuk bantal atau menggunakan alat penahan leher.

2. Hindari minuman keras dan obat tidur

Alkohol dan obat tidur atau obat penenang membuat otot bagian belakang tenggorokan anda tidak mampu beristirahat sehingga menimbulkan kecenderungan yang besar untuk mendengkur. Pada orang – orang dengan kebiasaan ini, cara mengatasi ngorok parah dapat dilakukan dengan mengeliminasi penyebabnya. Selalu hindari konsumsi alkohol atau obat – obatan penenang sehingga kebiasaan mendengkur juga akan hilang seiring dengan berkurangnya kebiasaan ini.

BACA  Cara Mengatasi Gejala Penyakit Hernia Tanpa Operasi Alami

3. Hentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok akan mengiritasi jaringan di tenggorokan atau hidung hingga akhirnya akan menghambat aliran udara dan mengakibatkan dengkuran ketika tidur. Tidak hanya itu, pada keadaan selain tidur pun, kebiasaan merokok dapat menghambat aliran udara pernafasan anda. Karenanya segera kurangi atau hentikan kebiasaan merokok selagi mampu.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu penyebab mendengkur ketika tidur adalah obesitas karena cara mengatasi orang ngorok yang diakibatkan karena obesitas adalah dengan menurunkan berat badan. Namun pengaruh seutuhnya bukan karena obesitas karena seseorang dengan berat badan ideal juga bisa mendengkur. Permasalah ini adalah jika daerah disekitar leher anda membesar akibat pertambahan berat badan karena hal ini dapat mengecilkan diameter tenggorokan sehingga meningkatkan kemungkinan lidah jatuh selama tertidur dan menyebabkan dengkuran.

5. Minum cukup air putih

Minum air putih yang cukup setiap harinya ternyata juga bisa menjadi cara jitu mengatasi ngorok. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan air akan mengurangi resiko dehidrasi yang salah satunya adalah membuat sekresi di hidung dan langit – langit lunak menjadi lengket dan mengakibatkan ngorok. Karenanya selalu penuhi kebutuhan air anda, dari air putih atau dari makanan.

Berbagai cara mengatasi ngorok di atas bisa anda terapkan untuk menghilangkan kebiasaan ngorok anda atau teman anda. Secara keseluruhan, cara – cara di atas membantu kita untuk menerapkan tidur yang baik dan berkualitas. Tidak hanya baik baik kesehatan saluran nafas tetapi juga bagi kesehatan tubuh kita secara umum.

Related to Cara Mengatasi Orang Ngorok Parah saat Tidur