Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak, Bayi , Ibu Hamil Secara Alami

Post On: 29 February 2016
July 30, 2016

Anda pernah mengalami kondisi panas dalam? Lalu bagaimana anda mengatasinya ? Panas dalam dikenal sebagai suatu keadaan dimana tubuh anda mengalami sensasi panas yang berlebih terutama pada saluran pencernaan. Ini merupakan tanda respon tubuh anda mengalami gangguan. Masalah panas dalam ini dapat menyerang siapa saja, anda, anak anda atau bayi anda.

Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami pada Bayi

Cara mengatasi panas dalam secara alami dapat menjadi pilihan tepat ketika anda mengalami panas dalam. Selain mudah, pengobatan alami ini tentu juga aman bagi anda dan anak anda. Beberapa pilihan bahan ini dapat anda manfaatkan sebagai obat alami.

– Air kelapa muda hijau

air kelapa muda hijau mengandung elektrolit sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda. Meminum air kelapa muda hijau dapat mengatasi dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh anda. Anda dapat meminumnya secara langsung atau mencampurnya dengan madu untuk hasil yang lebih maksimal.

Meminum air kelapa muda hijau secara rutin akan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anda. Pada kondisi panas dalam, anda dapat meminumnya setiap hari hingga kondisi tubuh anda kembali normal.

cara-mengatasi-panas-dalam-anak-bayi-ibu-hamil-alami

Air kelapa muda hijau juga dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi panas dalam pada bayi anda karena sangat aman. Dalam air kelapa muda hijau, terkandung fruktosa, glukosa dan sukrosa, serta berbagai jenis asam amino, vitamin dan mineral yang akan sangat baik bagi tubuh anda dan bayi anda.

– Madu dan perasan lemon

Kombinasi madu dan perasan lemon juga dapat membantu anda mengatasi panas dalam. Campurkan 6 sendok makan madu dan 3 sendok makan perasan lemon dan minumlah campuran ini dua kali sehari.

Madu dikenal memiliki berbagai macam nutrisi alami seperti vitamin dan mineral. Mengombinasikannya dengan lemon yang kaya akan vitamin C dapat membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak menjadi rentan akan penyakit.

– Rambut jagung muda

Siapa yang menyangka bahwa rambut jagung muda dapat menjadi pilihan dalam mengatasi panas dalam. Rambut jagung mengandung kandungan alami seperti flavonoid dan tanin yang dikenal ampuh untuk mengatasi beragam penyakit. Cobalah untuk merebus rambut jagung muda dan meminum air rebusannya secara rutin. Anda bisa menambahkan madu, jahe atau gula batu ketika meminumnya.

BACA  Obat Bisul Tradisional untuk Bayi 3 dan 4 Bulan

– Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung antibakteri dan vitamin C yang tinggi sehingga sangat cocok dipilih sebagai obat alami panas dalam. Meminum cuka sari apel secara rutin juga dapat membantu menjaga kondisi badan anda tetap sehat.

– Kacang hijau

Kacang hijau mengandung asam amino, mineral, protein, berbagai vitamin dan mineral yang dapat mengatasi panas dalam anda. Kandungan serat pada kacang hijau juga dapat membantu anda terhindar dari panas dalam. Buatlah sari kacang hijau dengan merebus kacang hijau. Anda bisa menambahkan jahe dan gula batu untuk meningkatkan rasa. Meminum sari kacang hijau secara rutin juga baik bagi kesehatan anda.

Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak dan Ibu Hamil

Ada banyak penyebab yang melatar belakangi terjadinya panas dalam, antara lain adalah :

– Kurangnya asupan vitamin C, serat dan cairan tubuh

– Terlalu banyak mengonsumsi makanan panas dan berminyak

– Faktor emosional seperti stress

– Ketidakstabilan hormonal

– Penurunan daya tahan tubuh

– Faktor cuaca dan lingkungan, terutama pada saat cuaca panas.

Meskipun tidak berbahaya, panas dalam dapat sangat mengganggu hari – hari anda karena gejala yang ditimbulkannya. Berikut adalah beberapa gejala yang sering terjadi saat panas dalam menyerang anda atau anak anda :

– Munculnya gangguan pada mulut seperti sariawan, bibir pecah – pecah dan bau mulut.

– Gangguan pada pencernaan seperti konstipasi

– Gangguan pada tenggorokan seperti batuk, sakit pada tengorokan dan tenggorokan yang kering

– Munculnya tanda tanda penurunan daya tahan tubuh seperti meriang atau demam.

Apabila anak anda mengalami panas dalam, cara mengatasi panas dalam pada anak dapat anda lakukan dengan menggunakan kacang hijau ini. Rasanya yang enak tentu akan memudahkan anda mengatasi panas dalam anak anda.

Cara – cara di atas juga dapat dipilih sebagai cara mengatasi panas dalam pada ibu hamil , selain karena aman, kandungan alami dari bahan – bahan di atas juga akan sangat baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Cara mengatasi panas dalam yang aman tidaklah sulit. Anda bisa mencoba menggunakan cara – cara di atas, mudah, enak dan menyehatkan. Selamat mencoba…

Related to Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak, Bayi , Ibu Hamil Secara Alami