Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Gagal ginjal kronis atau chronic kidney disease merupakan suatau kondisi menurunkannya fungsi ginjal secara bertahap. Jika kondisi ini merupakan masalah anda, sebaiknya anda segera mencari tahu penyebab dan cara mengatasi penyakit gagal ginjal sebelum menjadi semakin parah dan serius.

Dalam sistem tubuh, ginjal memegang peranan yang penting, salah satunya adalah memfiltrasi darah untuk memisahkan zat sisa yang zat yang berguna bagi tubuh, membantu mengtur tekanan darah dan menghasilkan hormon yang membantu produksi sel darah merah . Dalam kondisi gagal ginjal, fungsi ginjal akan menurun perlahan hingga akhirnya akan benar – benar rusak dan kehilangan fungsi total. Kebanyakan orang tidak menyadari gangguan ini karena tidak terdeteksi sampai pada stadium lanjut atau tanpa melakukan tes urin dan tes darah.

Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami

Pada stadium lanjut, gagal ginjal kronis akan menampakkan gejala seperti sesak nafas, mual, kelelahan, pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki dan tangan, penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh, terhambatnya sirkulasi darah hingga munculnya darah pada urine. Pemeriksaan darah dan urine secara rutin adalah solusi pencegahan dini yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi penyakit gagal ginjal.

cara-mengatasi-penyakit-gagal-ginjal-secara-alami

Pada sebagian orang dengan ginjal yang berhenti berfungsi, perawatan cuci darah adalah satu – satunya cara yang dapat membantu memperpanjang hidup penderita gagal ginjal kronis. Pencegahan terhadap gagal ginjal dapat dilakukan dengan pola makan sehat, minum air putih sesuai kebutuhan, berolah raga teratur serta menghindari konsumsi minuman keras yang berlebih. Tetapi bagi anda yang mengalami gagal ginjal yang belum tergolong berat, beberapa cara mengatasi gagal ginjal secara alami ini bisa menjadi solusi tepat bagi anda :

1. Daun sukun

Untuk memanfaatkannya, siapkan kurang lebih 15 gram daun sukun dan seduh dalam 1 gelas air mendidih. Diamkan selama 15 menit lalu saring. Anda bisa meminumnya dengan menambahkan madu secukupnya. Lakukan selama 2 kali sehari selama kurang lebih 10 hari. Selama tahap pemulihan ini, sebaiknya anda menghindari beberpa jenis makanan seperti bayam, daun singkong, daun dan buah pepaya, daging merah, jeroan atau kangkung.

BACA  Beberapa Penyebab Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

2. Alang – alang

Khasiat alang – alang telah digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Untuk menggunakannya rebus 120 gram alang – alang segar dalam 3 gelas air hingga tersisa kurang lebih 1 gelas air saja. Bagilah menjadi 3 bagian dan minum selama 3 kali setiap harinya.

3. Daun kumis kucing

Yang satu ini memang sudah terkenal sebagai salah satu tanaman obat kaya manfaat. Ambil kurang lebih 60 gram kumis kucing dan campurkan dengan 30 gram daun sendok segar, 30 gram rumput mutiara dan rebus dalam 4 gelas air. Diamkan hingga tersisa kurang lebih 2 gelas air saja dan minum 3 kali dalam sehari.

Jika salah satu kerabat anda mengalami gagal ginjal, maka akan timbul beberapa kondisi gangguan kesehatan seperti anemia dan muntah. Cara mengatasi orang gagal ginjal dengan gajala tersebut biasanya dilakukan dengan memberikan suplemen atau obat – obatan alami yang membantu meredakan gejala tersebut. Meski kemungkinannya kecil tetapi dengan menangani gejala – gejala kecil tersebut dapat membantu tubuh mengatasi gejala yang timbul akibat kerusakan ginjal. Misalnya dengan memastikan kerabat anda untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol dan menggantinya dengan air putih.

Ginjal memegang fungsi yang penting dalam tubuh sehingga sangat penting untuk menjaganya tetap berfungsi secara normal. Karena kerap tidak terdeteksi hingga berada pada stadium lanjut yang sudah parah, sebaiknya lakukan pemeriksaan urine dan darah secara rutin. Beberapa cara mengatasi gagal ginjal di atas bisa anda lakukan sebelum anda berpotensi mengalami kerusakan ginjal yang semakin parah.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami