Cara Mengatasi Penyakit Gula Darah Rendah Tinggi Alami

Post On: 16 April 2016
July 30, 2016

Penyakit gula atau gula darah tinggi merupakan salah satu penyakit paling dihindari namun juga yang paling umum ditemukan di masyarakat. Jika anda merupakan salah satu penderitanya, beberapa cara mengatasi penyakit gula darah berikut ini bisa membantu anda mengatasinya.

Kadar gula yang tinggi dalam drah bisa memicu penyakit diabetes. Meski sangat umum ditemukan, penyakit ini tergolong penyakit yang beresiko tinggi mengakibatkan kematian. Penyakit diabetes sendiri bisa dikibatkan karena asupan makanan tinggi gula yang terlalu banyak atau karena mekanisme tubuh untuk menyeimbangkan kadar gula mengalami kegagalan fungsi.

Cara Mengatasi Penyakit Gula Rendah dan Tinggi Secara Alami

Pada kasus diabetes, biasanya akan muncul beberapa tanda seperti meningkatnya frekuensi buang air kecil, sering merasa haus, tangan dan kaki sering mengalami kesemutan dan sering mengalami pusing. Jika gejala tersebut kerap anda alami, sebaiknya segera periksa kadar gula darah anda dan mulailah mencari solusi cara mengatasi penyakit gula tinggi untuk menormalkan kadar gula dalam darah anda.

cara-mengatasi-penyakit-gula-darah-rendah-tinggi-alami

Jika kadar gula dalam darah anda naik karena sistem tubuh tidak mampu menurunkannya, biasanya beberapa orang akan mengatasinya dengan memberikan suntikan insulin. Namun apabila kadar gula darah anda naik karena asupan makanan tinggi gula, anda harus mengubah pola makan anda karena hal ini juga dapat memicu terjadinya obesitas,

Menurunkan kadar gula juga dapat dilakukan secara alami menggunakan bahan – bahan alami yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam darah, Cara mengatasi penyakit gula secara alami tersebut dapat dilakukan dengan beberapa bahan berikut ini :

1. Mahkota dewa

Buah ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah, tetapi tidak hanya itu karena buah mahkota dewa juga dikabarkan mampu mengobati disentro, sakit kulit dan eksim. Telah banyak produk mahkota dewa yang dijual dalam bentuk kering atau serbuk, namun jika anda kesulitan menemukannya anda bisa membuatnya sendiri dengan menyiapkan lima hingga tujuh iris buah mahkota dewa lalu menyeduhkan dalam satu gelas air panas. Biarkan hingga melarut lalu minum secukupnya.

BACA  Cara Mengatasi Penyakit Rematik Secara Alami Tanpa Obat

2. Brotowali

Daun yang satu ini juga bermanfaat sebagai analgesik atau penghilang nyeri dan antipiretik atau penurun demam. Memanfaatkan daun brotowali untuk mengobati gula darah tinggi dapat dilakukan dengan menyiapkan 6 cm batang brotowali yang sudah di cuci bersih dan dipotong – potong. Tambahkan kurang lebih sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing lalu rebus dalam tiga gelas air. Biarkan hingga tersisa kurang lebih 2 gelas air lalu minum.

3. Mengkudu

Buah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat dan menurunkan kadar gula adalah salah satunya. Mengkudu dipercaya mampu memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi baik sehingga akan membantu menormalkan kadar gula dalam darah anda. Untuk menggunakannya anda bisa memarut buah mengkudu masak lalu manambahkan sedikit air kapur. Aduk hingga merata lalu peras dengan sepotong kain dan minum air perasannya.

Jika kadar gula darah anda tinggi, anda bisa mengatasinya dengan pilihan bahan di atas namun kadar gula darah yang terlalu rendah juga akan mempengaruhi keoptimalan tubuh. Cara mengatasi penyakit gula rendah yang kerap muncul tiba – tiba bisa dilakukan dengan memakan makanan yang tinggi gula. Makan makananya yang manis seperti gula bisa menjadi solusi cepat. Memakan nasi juga bisa meningkatkan kadar gula darah namun tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengurai karbohidrat.

Cara mengatasi penyakit gula di atas bisa menjadi pilihan ketika kadar gula darah anda tidak normal. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mengatur kadar gula darah sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Kita hanya perlu menjaganya dengan pola hidup yang tepat dan sehat.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Gula Darah Rendah Tinggi Alami