Cara Mengatasi Penyakit Kolesterol Tinggi Secara Alami

Post On: 5 April 2016
July 30, 2016

Ketika mendengar kata kolesterol, kebanyakan orang akan mengaitkannya dengan unsur berbahaya yang harus dikeluarkan dari tubuh. Tetapi yang harus anda ketahui adalah bahwa tubuh juga memerlukan kolesterol, hanya saja kolesterol yang diperlukan tubuh adalah kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL). Sementara kolesterol yang berbahaya bagi tubuh adalah kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Kolesterol akan terdapat di antara lemak yang ada dalam aliran darah dan semua sel tubuh.

Cara Alami Mengatasi Kolesterol yang Tinggi

Cara mengatasi kolesterol yang tinggi menjadi topik pembicaraan baru yang penting mengingat banyaknya kasus – kasus kesehatan yang terjadi akibat peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol sendiri bisa dihasilkan oleh tubuh atau berasal dari luar tubuh yang biasanya lewat makanan yang kita makan. Karenanya sangat penting bagi anda untuk memilih makanan yang tepat sehingga akan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda. Tidak hanya makanan, tetapi juga pola hidup anda yang dapat menentukan tinggi rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Ambeien

Manfaat Beras Merah untuk Penyakit Diabetes

Penyebab Asam Urat Tinggi pada Tubuh Manusia

Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya

Cara alami mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang banyak berasal dari sumber produk hewani. Dengan begitu, tubuh anda akan mampu menurunkan, mencegah dan menjaga kestabilan kolesterol baik kolesterol jahat atau kolesterol baik dalam tubuh anda. Selain produk hewani, goreng – gorengan dan beberapa makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, belut atau siput dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Cara Mengatasi Penyakit Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami kerap dipilih karena aman, mudah dan juga menyehatkan. Beberapa pilihan bahan makanan dan buah – buahan ini bisa menjadi pilihan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda, yaitu :

1. Buah alpukat

cara-mengatasi-penyakit-kolesterol-tinggi-alami

Khasiat buah alpukat telah dikenal luas dalam dunia kesehatan. Berbagai kandungan dalam alpukat seperti asam lemak tak jenuh, serat, glutation, magnesium, asam pantotenat, asam folat, berbagai vitamin dan berbagai kandungan gizi lainnya dapat membawa berbagai manfaat dan khasiat dalam tubuh.Cara tepat untuk memperoleh semua khasiat buah alpukat termasuk untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsinya secara langsung, dengan begitu khasiat yang anda dapatkan juga menjadi maksimal. Tetapi jika anda lebih suka mengolahnya menjadi jus atau smoothies, tidak ada salahnya juga untuk mengonsumsinya dengan cara demikian.

BACA  Cara Mengatasi Jantung Berdebar Debar Kencang secara Alami

2. Belimbing manis

Selain rasanya yang enak dan segarm ternyata mengonsumsi buah belimbing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. kandungan serat yang tinggi pada buah berbentuk bintang ini akan membantu meningkatkan proses penyerapan lemak yang berguna untuk membantu menurunkan kandungan kolesterol jaha dalam tubuh. Buah ini juga dikenal kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh anda. Karena rasanya yang enak, anda dapat mengonsumsinya secara langsung.

3. Kubis

Selain dimanfaatkan sebagai bahan sayuran, ternyata kubis juga bisa menjadi pilihan cara mengatasi penyakit kolesterol tinggi anda. Kubis mengandung protein, air, serat, lemak dan berbagai vitamin serta zat gizi lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh anda. Mengolahnya dengan cara yang sesederhana mungkin dapat membantu mempertahankan kandungan gizi yang dimiliki oleh kubis.

4. Daun salam

Meramu daun salam menjadi ramuan herbal bisa menjadi pilihan tepat lain untuk menurunkan kolesterol anda. Cobalah untuk merebus 7 lembar daun salam dalam 600 cc air dan 30 gr daun cermai dan tunggu hingga hanya tersisa kurang lebih 300 cc saja. Konsumsilah ramuan herbal tersebut setiap pagi.

Beberapa pilihan bahan makanan di atas dapat anda pilih sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi yang aman dan alami. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan pilihan makanan anda dan menjaga pola hidup anda tetap sehat.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Kolesterol Tinggi Secara Alami