Cara Mengatasi Penyakit Kurang Darah Secara Alami

Post On: 29 February 2016
July 30, 2016

Kurang darah atau anemia merupakan keadaan dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah anda berada di bawah batas normal. Darah berperan penting dalam menunjang kerja sistem tubuh kita, jumlah sel darah merah yang menurun juga akan menurunkan kepotimalitasan kerja tubuh.

Namun bukan hanya penurunan jumlah sel darah merah saja yang mengakibatkan anemia, penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah juga dapat menjadi alasan terjadinya anemia. Hemoglobin merupakan protein yang berfungsi mengikat oksigen sehingga dapat ikut tersirkulasi bersama darah. Menurunnya kadar hemoglobin juga akan menurunkan jumlah oksigen yang tersirkulasi di dalam darah.

Cara Cepat Mengatasi Penyakit Kurang Darah

Anemia sering terjadi sebagai akibat dari tingginya aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Mengakibatkan tubuh kita mudah merasa lelah dan bahkan sampai menimbulkan sakit kepala, mual dan bahkan sesak nafas. Pemeriksaan darah untuk mengetahui jumlah eritrosit, nilai kadar hemoglobin dan hematokrit dapat menjadi cara efektif mendeteksi anemia, namun cara ini tentu tidak dapat anda lakukan sendiri di rumah, jadi anda bisa melihatnya dari beberapa gejala yang ditimbulkan seperti :

cara-mengatasi-kurang-darah-alami-cepat

– Kulit wajah, kelopak mata dan ujung jari yang terlihat pucat

– Terlalu mudah lelah dan terlalu sering mengalami kelelahan

– Denyut jantung yang tidak beraturan

– Mual

– Sakit kepala

– Sesak nafas

– Mudah terserang penyakit karena menurunnya imunitas

Apabila anda sering mengalami gejala – gejala di atas, bisa jadi anda sedang mengalami anemia. Mulailah mencari cara mengatasi penyakit kurang darah sebelum kondisi anemia anda menjadi semakin parah dan mengganggu kesehatan tubuh anda

Cara cepat mengatasi kurang darah dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen penambah darah yang akan membantu meningkatkan produksi sel darah merah anda. Namun selain dengan menggunakan suplemen penambah darah, terdapat beberapa pilihan terapi alami lain yang bisa anda pertimbangkan. Cara yang paling sederhana adalah dengan memenuhi nutrisi harian anda terutama yang berperan penting dalam produksi sel darah merah.

BACA  Cara Mengatasi Kutu Rambut Secara Alami dg Cepat

Cara Mengatasi Kurang Darah Secara Alami dan Cepat

cara mengatasi kurang darah secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung jenis nutrisi berikut ini :

– Zat besi

Zat besi dapat ditemukan pada daging, kacang – kacangan dan sayuran berdaun hijau tua. Dalam tubuh, zat besi memiliki fungsi dalam mengangkut oksigen bersama dengan hemoglobin.

– Asam folat

Asam folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Asam folat dapat ditemukan dalam beberapa jenis buah seperti pisang dan jeruk, serta sayuran berdaun hijau tua dan kacang polong.

– Vitamin B12

Vitamin B12 bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti ikan, kerang – kerangan, daging, telur atau susu. Selain berperan penting dalam produksi sel darah merah, vitamin B12 juga berfungsi memproses asam folat, jadi konsumsi makanan yang mengandung asam folat juga harus disertai dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 sehingga keduanya dapat berfungsi secara maksimal.

– Vitamin C

Vitamin C berfungsi menghambat terjadinya atherosklerosis pada pembuluh darah jantung. Konsumsi vitamin C yang cukup akan membantu memperlancar sirkulasi darah pada tubuh anda. Vitamin C sangat mudah ditemukan pada buah – buahan. Bahkan kini, telah banyak produk minuman yang menyediakan kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa langsung anda konsumsi.

Pemenuhan jenis nutrisi di atas dapat menjadi cara cepat mengatasi kurang darah anda. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis anemia tidak dapat diatasi hanya dengan cara di atas. Penyakit – penyakit seperti thalassemia, bone marrow disease atau sickle cell anemia tidak dapat diatasi hanya dengan pemenuhan nutrisi. Beberapa keadaan memerlukan penanganan medis yang lebih kompleks.

Cara mengatasi kurang darah di atas tetap dapat anda lakukan namun tidak ada salahnya jika anda selalu mengonsultasikan kondisi kesehatan anda dengan dokter.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Kurang Darah Secara Alami