Cara Mengatasi Penyakit Radang Amandel Bengkak pada Anak

Post On: 29 February 2016
July 30, 2016

Amandel sebenarnya merupakan organ pertahanan yang berfungsi menjaga tubuh dari kuman yang masuk ke dalam tubuh. Kerja amandel yang terlalu berat, dapat memicu terjadinya peradangan. Pada proses peradangan ini, amandel akan mengalami pembengkakan sehingga kerap kali akan mengganggu anda ketika menelan makanan.

Cara Mengatasi Penyakit Radang Amandel

Seperti gejala radang pada umumnya, peradangan amandel juga akan mengakibatkan peningkatan suhu tubuh dan bahkan kesulitan bernafas. Beberapa gejala berikut dapat membantu anda mendeteksi peradangan amandel yang mungkin saja dapat anda alami :

– Pembengkakan pada kelenjar getah bening

– Bau mulut yang tidak sedap

– Kehilangan suara untuk sementara

– Tenggorokan kering

– Sakit saat menelan makanan atau minuman

– Sesak nafas

– Pusing

– Demam

Apabila anda mengalaminya, mulainya mencari cara mengatasi radang amandel sebelum peradangan ini menjadi sangat mengganggu anda. Pembengkakan amandel dapat terjadi karena infeksi virus atau bakteri.

cara-mengatasi-amandel-bengkak-anak-alami

Anda bisa menggunakan beberapa jenis obat seperti antibakteri atau anti peradangan untuk membantu proses penyembuhan, tetapi ingatlah untuk selalu mengkonsultasikan penggunaan obat anda dengan dokter. Beberapa jenis obat herbal atau obat alami yang bisa anda buat sendiri dapat menjadi solusi aman mengatasi peradangan amandel anda.

Cara Mengatasi Amandel Bengkak pada Anak

Pada mereka yang telah menderita penyakit amandel kronis, terapi dengan melakukan operasi dapat dipilih sebagai cara mengatasi penyakit amandel. Namun itu bukan satu – satunya piihan terapi. Beberapa penggunaan bahan ini dapat anda pilih sebagai alternatif cara mengatasi amandel bengkak

– Jahe

Jahe dapat membantu meredakan pembengkakan. Cobalah untuk menggunakan jahe dengan mencampurkannya pada minuman anda. Jahe telah begitu dikenal sebagai jenis obat herbal alami dengan banyak khasiat karena mengandung antibakteri, antioksidan dan juga dapat digunakan sebagai obat alami anti peradangan.

– Madu

Madu bersifat sebagai antiseptik sehingga berfungsi menghilangkan kuman penyebab terjadinya peradangan pada amandel.

BACA  Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol

– Buah mengkudu

Buah ini juga dikenal cukup ampuh dalam mengatasi amandel. Buatlah jus mengkudu dan minumlah secara rutin. Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam jus mengkudu anda.

– Benalu

Sebagai tumbuhan epifit, benalu banyak diberantas jika tanaman ini hidup di pohon anda. Namun ternyata benalu dapat menjadi salah satu pilihan obat penyakit amandel. Benalu dapat digunakan dengan cara di tumbuk dan di campurkan dengan air hangat serta gula lalu minumlah sari benalu tersebut secara rutin hingga peradangan amandel anda sembuh.

– Buah buahan

Konsumsi buah dapat membantu menyembuhkan penyakit amandel anda. Pilihlah buah yang tinggi kandungan air dan vitaminnya, seperti buah jeruk, nanas, pepaya, sirsak atau manggis.

Penyakit amandel bisa menyerang siapa saja, orang dewasa atau anak – anak. Cara mengatasi amandel pada anak juga dapat dilakukan dengan pilihan cara di atas. Pilihlah cara yang sesuai dan disukai oleh anak sehingga proses mengobatannya pun tidak sulit. Ada baiknya untuk selalu melakukan tindakan pencegahan seperti :

– Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal ini akan menghalangi kuman ikut masuk bersama makanan anda.

– Hindari makanan yang mengandung banyak minyak, yang berlalu pedas atau yang mengandung banyak bahan pengawet

– Kurangi konsumsi minuman bersoda dan perbanyak minum air putih dengan jumlah yang dianjurkan adalah minimal 8 gelas perhari

– Hindari menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain

– Cukupi kebutuhan vitamin C untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Tips pencegahan dan cara mengatasi amandel di atas dapat membantu anda menangani peradangan amandel anda. Tetapi mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati, jadi jangan pernah bosan untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat, tepat dan seimbang.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Radang Amandel Bengkak pada Anak