Cara Mengatasi Penyakit Rasa Paranoid Berlebihan

Post On: 16 April 2016
April 16, 2016

Paranoid merupakan salah satu gangguan kepribadian dimana pada beberap orang akan menimbulkan beberapa gejala seperti tidk percaya kepada orang lalin, selalu merasa terancam, menyalah artikan beberapa kondisi sosialisasi dari orang lain, menjadi penyendiri atau penakut, posesif dan cemburu, kurang sabar dan bahkan menjadi mudah marah dan cepat menyalahkan orang lain atas berbagai kesalahan dan kekeliruan.

Paranoid bisa terjadi secara genetik atau menjadi gangguan kepribadian karena suatu hal yang mempengaruhi kondisi mental dari seseorang secara dalam. Cara mengatasi paranoid berlebihan tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi gangguan kejiwaan lain hanya saja pada beberapa kasus yang berat memerlukan bantuan ahli kejiwaan.

Cara Mengatasi Penyakit Rasa Paranoid Berlebihan

Skizofrenia paranoid merupakan kondisi turunan dari skizofrenia dimana penderitanya kerap mengalami delusi bahwa orang – orang disekitarnya sedang bersekongkol melawan dirinya atau orang – orang terdekatnya. Seseorang yang menderita skizofrenia paranoid akan mengalami halusinasi suara dimana mereka akan mendengar suara – suara yang sebenarnya tidak nyata.

cara-mengatasi-rasa-penyakit-paranoid

Penderita skizofrenia paranoid biasanya akan menimbulkan gejala seperti munculnya halusinasi suara , kecemasan, curiga, hati – hati, menyendiri, gangguan persepsi, serta gejala lain yang membuat dirinya seakan selalu terancam bahaya. Kondisi ini bisa muncul akibat penyalahgunaan obat – obatan, infeksi virus atau malnutrisi, stress atau trauma akibat suatu kondisi tertentu.

Cara mengatasi penyakit paranoid bisa dilakukan dengan memberikan dukungan dan terapi seperti berikut ini :

1. Terapi keluarga

Pendampingan dari keluarga bisa menjadi langkah awal penanganan terhadap penderita paranoid. Ketika penderita melakukan terapi kejiwaan, keluarga bisa senantiasa mendampingi dan memberikan motivasi serta dukungan yang diperlukan, dengan begitu terapi yang dilakukan akan lebih efektif dan cepat.

2. Psikoterapi individu

Tujuan dari terapi ini adalah membantu penderita untuk mengenali kondisi dirinya dan penyebab dari gangguan paranoidnya. Melalui terapi ini diharapkan penderita akan mampu mengendalikan dan memperbaiki pikiran – pikiran yang tidak seharusnya yang akan semakin mengganggu kondisi kejiwaan pasien.

BACA  Bahaya Penyakit Ambeien Luar Dalam Berdarah

3. Terapi kognitif – perilaku

Cara mengatasi orang paranoid yang lain adalah dengan terapi kognitif – perilaku. Terapi ini dilakukan untuk mengubah pola pikir dan perilaku. Penderita paranoid biasanya akan dipenuhi dengan pikiran – pikiran yang tidak seharusnya dipikirkan sehingga akan semakin menciptakan perasaan cemas, takut dan curiga. Terapi ini membantu penderita mengendalikannya sehingga perasaan – perasaan tersebut dapat berangsur – angsur hilang.

4. Obat – obatan

Beberapa obat dapat menjadi cara mengatasi rasa paranoid. Tetapi pastikan untuk selalu menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Beberapa obat yang biasanya digunakan adalah antipsikosis atipikal yang bekerja menghalangi efek serotonin di otak. Serotinin sendiri merupakan zat kimis yang membawa pesan antar neuron. Dengan memberikan obat ini, gangguan paranoid akan dapat ditekan.

Obat lain yang mungkin diberikan adalah antispikosis konvensional yang bekerja hampir mirip dengan obat antipsikosis atipikal, hanya saja obat ini berfungsi menghambat dopamin. Obat – obat penenang lain bisa menjadi pilihan obat yang tepat.

Orang – orang yang mengalami gangguan paranoid atau gangguan delusional memiliki kondisi yang berbeda – beda karenanya terapi yang diperlukan juga akan berbeda – beda terhadap masing – masing penderita. Selalu pastikan terapi dilakukan oleh pihak ahli karena gangguan kesehatan ini merupakan gangguan yang serius. Cara mengatasi paranoid yang tepat akan membantu mengembalikan kondisi kejiwaan yang rapuh dan rusak dan mengembalikan hidup mereka kepada hidup yang bermakna bersama orang – orang yang peduli terhadap mereka.

Karenanya jangan meninggalkan dan melepas tanggung jawab atas mereka karena mereka membutuhkan kita lebih dari yang mampu mereka sadari.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Penyakit Rasa Paranoid Berlebihan