Cara Mengatasi Penyakit Rematik Secara Alami Tanpa Obat

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang mengakibatkan rasa sakit pada otot dan persendian yang mengalami peradangan atau pembengkakan yang bisa terjadi pada persendian manapun di tubuh anda. Ada banyak jenis penyakit rematik namun yang paling sering adalah Rheumatoid asthritis yaitu kondisi dimana kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan – jaringn sendi pada tubuh sehingg mengakibkan peradangan sendi.

Penderita rheumatoid arthritis ini biasanya akan mengalami gejala seperti bengkak pada sendi karena adanya cairan yang menumpuk, sendi terasa kaku terutama pada pagi hari, daerah sendi menjadi merah dan panas dan kadang terasa sakit. Kondisi yang berkelanjutan dari penyakit ini akan mengakibtkan kerusakan dan perubahan bentuk permanen pada sendi.

Cara mengatasi penyakit rematik biasanya adalah dengan mengonsumsi obat anti inflamasi non steroid dan analgesik. Terapi lain adalah dengan mengurangi stress, beristirahat cukup, secara rutin melakukan olah raga ringan dan dengan menjalani pola diet yang seimbang. Pada kasus yang lebih lanjut sebaiknya dilakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter spesialis rematologi.

Cara Mengatasi Rematik Secara Alami Tanpa Obat

Untuk penyakit rematik ringan, beberapa pilihan cara mengatasi rematik secara alami ini dapat menjadi solusi tepat bagi anda :

1. Jahe

cara-mengatasi-rematik-cepat-alami-pada-kaki

Khasiat jahe sudah sangat dikenal dalam dunia pengobatan herbal dan kini satu lagi khasiat yang diperoleh dari jahe. Untuk menjadikannya obat rematik siapkan terlebih dahulu 2 buah jahe seukuran ibu jari kemudian potong – potong dan remukkan atau digeprek. Selanjutnya rebus jahe dalam 1 gelas air dan beri sedikit gula atau madu murni. Jika sudah mendidih dan matang, air rebusan jahe dapat diminum. Minum ramuan jahe ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Cengkeh

Untuk menjadikan cengkeh sebagai obat rematik, tumbuk cengkeh yang dicampur dengan jahe dengan takaran yang sama lalu balurkan pada bagian sendi yang terasa sakit. Obat ini hanya digunakan sebagai obat luar, lakukan pengobatan ini secara rutin hingga sakit pada sendi anda berkurang dan hilang.

BACA  Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami dengan Cepat

3. Kumis kucing dan meniran

Pilihan lain cara mengatasi rematik tanpa obat adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tumbuhan ini memiliki kandungan seperti damar, kalium, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid yang berkhasia untuk mengobati rematik. Selin itu, kandungan senyawa osthosiphonin glikosida dalam kumis kucing mampu membuang kelebihan asam urat dalam tubuh. Untuk menggunakannya, siapkan terlebih dahulu 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran, setelah itu rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan ini secara rutin 2 kali sehari.

Cara Mengatasi Penyakit Rematik pada Kaki

Rematik bisa menyerang bagian tubuh manapun dan kaki adalah salah satu yang paling rentan. Terutama pada saat udara dingin, persendian pada kaki bisa terasa sakit secara mendadak sehingga akan menjadi sangat mengganggu kenyamanan. Cara mengatasi rematik pada kaki dapat dilakukan dengan pilihan bahan alami di atas. Langkah perawatan rematik dapat dilakukan untuk mengurangi resiko kembuhnya rematik.

Beberapa jenik olahraga ringan bisa anda lakukan secara rutin tetapi juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan pola makan yang sehat dan seimbang. Anda bisa menggunakan obat penghilang nyeri apabila rasa nyeri yang ditimbulkan sangat mengganggu anda. Obat tersebut bisa menjadi pilihan tepat bagi anda.

Pada kasus rematik yang ringan, anda bisa mengatasinya dengan beberapa pilihan cara mengatasi rematik di atas, namun penyakit rematik yang anda alami bisa mengindikasikan kasus penyakit yang lebih kompleks seperti sindrom Sjogren atau Lupus, karenanya konsultasikan gejala sakit anda apabila terasa semakin parah.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Penyakit Rematik Secara Alami Tanpa Obat