Cara Mengatasi Penyakit Tekanan Darah Rendah Secara Alami

Post On: 23 February 2016
July 30, 2016

Keluhan tekanan darah rendah sering kali dialami oleh kebanyakan orang. Penderita tekanan darah rendah sering kali ditandai dengan gempang lelah dan letih, kepala sering terasa pusing, dan bahkan hingga mengalami sesak nafas.

Tekanan darah rendah sendiri sebenarnya bukan merupakan penyakit, namun meruakan suatu gejala penyakit yang dapat saja mengindikasikan adanya penyakit lain. Tekanan darah normal manusia adalah 120/80 mmHg.

Nilai tekanan darah yang kurang dari batasan normal mengindikasikan terjadinya hipotensi. Hipotensi sendiri dapat diakibatkan karena banyak hal, seperti dehidrasi, kekurangan gizi, kekurangan darah, gangguan jantung, gangguan endokrin, atau kehamilan. Penggunaan obat – obatan seperti diuretic dan antidepressant juga dapat memicu terjadinya darah rendah.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Alami

Beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah dapat dipilih untuk meningkatkan tekanan darah anda, misalnya dengan mengurangi aktivitas dan memperbaiki kualitas tidur anda. Beberapa alternatif bahan dapat anda pilih sebagai cara mengatasi darah rendah secara alami, seperti beberapa pilihan bahan dibawah ini :

– Air garam

Penggunaan garam yang berlebih merupakn pantangan bagi seseorang yang menderita hipertensi, bahkan disarankan untuk benar – benar menekan kadar penggunaan garam pada menu makanannya.

Akan tetapi, air garam bisa menjadi cara cepat mengatasi darah rendah anda. Kadar sodium dalam garam terbukti mampu meningkatkan tekanan darah. Campurkan setengah sendok garam dengan segelas air lalu minumlah.

– Kopi

cara-mengatasi-tekanan-darah-rendah

Sama halnya dengan garam, kopi atau minuman berkafein juga menjadi pantangan bagi penderita hipertensi. Bagi anda yang menderita hipotensi, cobalah untuk meminum kopi pada pagi hari. Cara ini dapat membantu meningkatkan tekanan darah anda, namun tetaplah ingat untuk selalu mengatur kadar kafein yang anda konsumsi, karena terlalu banyak kafein juga dapat mempengaruhi kesehatan anda.

– Rosemary

Rosemary juga diyakini dapat meningkatkan tekanan darah anda. Rosemary merupakan jenis tanaman herbal yang masih satu famili dengan daun mint. Rosemary akan berfungsi merangsang sistem saraf pusat untuk meningkatkan sirkuasi darah. Kini produk rosemary telah dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko obat atau swalayan. Kebanyakan diolah sebagai teh Rosemary atau dipasarkan ekstraknya dalam bentuk minyak esensi.

BACA  Tanda-Tanda Terkena Penyakit Ambeien Luar Dalam

Baca Juga :

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Ambeien

Manfaat Beras Merah untuk Diabetes

Penyebab Asam Urat Tinggi pada Manusia

Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi

– Akar licorice

Akar licorice dikenal sangat populer sebagai cara mengatasi penyakit darah rendah. Licorice atau liquorice mrupakan akar dari Glycyrrhiza glabra. Obat ini dikenal popular karena dapat menormalkan tekanan darah rendah yang disebabkan oleh rendahnya tingkat hormon kortisol. Anda data mengonsumsinya dengan membuat menyeduh satu sendok the licorice bubuk dengan secangkir air mendidih selama sekitar lima menit lalu meminumnya.

– Kemangi

Kemangi juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kemangi kaya akan vitamin C, magnesium, kalium dan asam pentatonat. Cobalah untuk makan 4 hingga 5 lembar daun kemangi setiap hari atau dengan mengolahnya menjadi jus yang dicampur dengan madu.

Beberapa bahan di atas dapat anda pilih sebagai cara mengatasi darah rendah. Sertai pula dengan pola hidup yang sehat dan makan makanan yang cukup nutrisi. Apabila anda tidak terbiasa dengan olahraga, mulailah untuk membiasakan diri berolah raga secara teratur. Pilihlah olah raga yang ringan yang sesuai dengan kemampuan fisik anda dan jangan lupa untuk mengatur waktu istirahat anda. Istirahat yang cukup akan membantu mengoptimalkan sistem kerja tubuh anda.

Tidak ada salahnya untuk selalu memeriksan tekanan darah anda secara teratur sehingga anda dapat terhindar dari keluhan darah rendah yang dapat mengganggu aktifitas anda sehari – hari.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Tekanan Darah Rendah Secara Alami