Cara Mengatasi Penyakit Vertigo Kambuh Mendadak Secara Alami

Post On: 25 February 2016
July 30, 2016

Pernahkah anda mengalami vertigo? Vertigo merupakan gangguang keseimbangan yang terjadi pada telinga dalam. Kondisi vertigo menyebabkan penderita mengalami sensasi putaran dan goncangan sehingga seolah – olah semua benda di sekitarnya bergerak berputar.

Sensasi ini dapat memicu terjadinya sakit kepala yang hebat, mual, muntah dan bahkan kehilangan kesadaran. Vertigo bisa jadi merupakan indikasi bagi anda akan adanya gangguan pada struktur telinga dalam anda, gangguan pada sistem saraf pusat atau sistem penglihatan anda. Vertigo juga dapat mengindikasikan adanya penyakit tertentu seperti penyakit meniere atau adanya tumor pada bagian otak anda.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo Saat Kambuh

Sensasi yang ditimbulkan vertigo akan sangat mengganggu aktivitas anda. Bahkan anda harus dengan terpaksa menghentikan aktivitas anda sampai masalah vertigo anda teratasi. Bagi anda yang memiliki tingkat aktivitas harian yang tinggi, mengalami vertigo akan sangat menurunkan kinerja anda, terdapat beberapa cara mengatasi vertigo saat kambuh, yaitu dengan melakukan latihan visual vestibular. Latihan visual vestibular dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

cara-mengatasi-vertigo-mendadak-kambuh-secara-alami

– Pada pasien yang masih berbaring, cobalah untuk melirik ke atas, ke bawah, ke samping kiri dan kanan. Selanjutnya lakukan gerakan yang serupa sampil menatap jari yang digerakkan pada jarak 30 cm. Pada awal latihan, gerakkan jari secara perlahan, dan tingkatkan kecepatan secara perlahan.

Gerakkan kepala fleksi dan ekstensi, makin lama makin cepat. Ulangan kembali dengan posisi mata tertutup, lalu gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan.

– Pada pasien yang sudah dalam posisi duduk, cobalah dengan gerakan kepala secara cepat ke atas dan kebawah sampai vertigo anda hilang. Atau dengan menggerakkan kepala menatap ke kiri atau ke kanan selama 30 detik, kembali ke posisi biasa selama 30 detik lalu menatap ke arah sisi yang lain selama 30 detik. Lakuka gerakan ini secara terus menerus hingga vertigo anda hilang.

Cara tersebut dapat dilakukan ketika vertigo anda kambuh. Namun disarankan pula cara mengatasi penyakit vertigo adalah dengan mengubah gaya hidup anda.

BACA  Cara Mengatasi Bau pada Kaki Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Bisul pada Bayi

Ciri Ciri Gejala Orang Terkena Anemia

Cara Praktis Mengecilkan Perut Buncit

Cara Tradisional Memutihkan Gigi yang Kuning

Bagi anda yang sering mengalami vertigo, cobalah untuk menghindari tempat umum dan ramai atau tempat – tempat dengan suara yang terlalu keras dan efek cahaya yang terlalu kuat. Berhentilah mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, perbanyak konsumsi air putih anda. Ketika anda bangun tidur, jangan terlalu terburu – buru membangunkan badan anda, karena akan menimbulkan serangan pusing yang memicu vertigo.

Cara Mengatasi Vertigo Mendadak Secara Alami

Selain beberapa tips di atas, vertigo dapat juga di atasi melalui pilihan cara mengatasi vertigo secara alami di bawah ini :

– Teh dan jahe

Anda bisa meminta bantuan teman atau saudara anda untuk membuat teh jahe bagi anda. Meminum teh jahe akan membantu mengurangi sakit kepala dan rasa mual yang ditimbulkan ketika vertigo menyerang.

– Madu dan ketumbar

Apabila anda sering mengalami vertigo, cobalah untuk menyiapkan ramuan madu dan ketumbar. Ramuan ini dibuat dengan cara menyeduh biji ketumbar lalu biarkan selama 24 jam. Air rendaman ketumbar dapat dihangatkan terlebih dahulu sebelum anda minum. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan madu.

– Strawberry dan yogurt

Cobalah untuk mengonsumsi strawberry segar yang dicampur dengan yogurt. Kedua bahan ini bisa menjadi tambahan nutrisi tepat bagi penderita vertigo.

– Konsumsi vitamin D, C dan vitamin B yang cukup dapat menjadi cara mengatasi vertigo mendadak yang sering anda alami. Kedua jenis vitamin ini akan membantu menjaga sistem metabolisme tubuh anda, meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Vitamin B6 utamanya akan membantu meringankan vertigo anda.

beberapa alternatif di atas dapat anda pilih menjadi cara mengatasi vertigo anda yang mengganggu. Semoga bisa menjadi solusi yang tepat bagi persoalan vertigo anda.

Related to Cara Mengatasi Penyakit Vertigo Kambuh Mendadak Secara Alami