Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bayi dan Ibu Hamil

Post On: 20 February 2016
July 30, 2016

Perut kembung terjadi karena kelebihan gas yang terperangkap dalam saluran pencernaan. Pada keadaan normal seharusnya gas – gas ini dikeluarkan sehingga tidak menumpuk di dalam perut. Kelebihan gas dalam perut akan dikeluarkan dengan cara buang angin atau bersendawa.

Perut kembung akibat gas yang terperangkap ini pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut anda. Perut kembung tidak hanya dialami orang dewasa, anak dan bayi pun dapat mengalami perut kembung ini. Cobalah untuk mengatasi dilema perut kembung dengan beberapa cara mengatasi perut kembung di bawah ini.

– Pilih makanan yang mudah dicerna seperti kentang, beras atau buah jeruk. Hindari makanan yang mengandung gas tinggi seperti kubis, brokoli, dan kacang polong.

– Makanlah dengan porsi yang sedikit namun lebih sering karena makanan yang lebih kecil akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan gas yang dihasilkan pun akan lebih sedikit.

Gunakan bahan – bahan alami cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa, seperti :

– Jahe : siapkan 3 potongan jahe dan cuci. Selanjutnya keprek jahe dan diseduh dengan air panas. Tambahkan gula secukupnya kemudian minum dalam keadaan hangat.

– Jeruk nipis :campurkan beberapa tetes perasan jeruk nipis dengan minyak telon atau minyak kayu putih, lalu oleskan pada perut anda

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

cara-mengatasi-perut-kembung-anak-bayi-ibu-hamil

Sama hal nya dengan pada orang dewasa, perut kembung pada anak dapat dihindari dengan mengatur jenis makanan yang diberikan.

– Kurangi makanan yang mengandung banyak gas dan pilih makanan yang berserat tinggi.

– Pemberian yogurt juga akan membantu mengoptimalkan kerja saluran pencernaan anak.

– Kurangi konsumsi gula karena gula lebih sulit di cerna. Konsumsi gula yang berlebih tentu akan menghasilkan lebih banyak gas.

Baca Juga :

Ciri Ciri Anak Autis dan Hyperaktif

Penyebab dan Cara Mengobati Bisul di Kepala Anak Bayi

Ciri Ciri Penyakit Bronkitis pada Anak dan Bayi

Cara Mengatasi Bau Badan pada Pria Wanita dan Anak

Apabila sudah mengalami perut kembung, cobalah mengatasinya dengan menggosok perut anak secara perlahan dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon. Beri minuman hangat pada anak atau dengan membalurkan bawang merah ke bagian perut hingga punggung anak.

BACA  Posisi Tubuh Untuk Jaga Kondisi Kehamilan Anda

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Apabila bayi anda mulai rewel dan menangis tanpa alasan yang jelas, bisa jadi sang bayi sedang mengalami perut kembung. Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga dapat mengalami perut kembung. Hal ini merupakan hal yang wajar karena pada usia 3 hingga 4 bulan saluran pencernaannya belum mampu berfungsi secara sempurna. Cobalah untuk memeriksa bagian perut bayi, apabila terasa agak keras ini merupakan tanda perut kembung pada bayi.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi dapat dilakukan dengan memijat perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Juga dapat dilakukan dengan mengusap – usap punggung bayi dengan posisi bayi telungkup menghadap ke bawah.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil, gas yang diproduksi akan lebih banyak dan akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Keadaan ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sang ibu. Perut kembung pada ibu hamil disebabkan karena perkembangan bayi di dalam perut yang menekan perut sehingga membuat pencernaan melambat. Peningkatan hormon progesteron yang memberikan dampak relaksasi otot yang kemudian juga akan berdampak pada otot sistem pencernaan juga dapat menjadi penyebab perut kembung pada ibu hamil.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang memicu timbulnya gas seperti brokoli, kubis, kacang – kacangan, makanan berlemak serta minuman bersoda. Cobalah juga untuk mengubah cara makan anda. Usahakan untuk memakan makanan sambil duduk sehingga akan mencegah perut mengalami sesak atau penekanan. Makanlah dalam porsi yang lebih sedikit sehingga akan lebih mudah dicerna. Kunyahlah makanan sampai halus sebelum menelannya, hal ini akan membantu mempermudah proses pencernaan.

Jangan biarkan perut kembung mengganggu aktivitas anda dan si kecil. Pilihlah cara mengatasi perut kembung yang sesuai baik bagi anda ataupun anak anda. Selamat beraktivitas dan ingatlah untuk selalu memperhatikan pola makan dan pilihan menu anda serta keluarga anda.

Related to Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bayi dan Ibu Hamil